GadgetSquad.id – Indonesia Gadget Award 2023  yang digagas oleh Gizmologi dan GadgetDiva digelar di Assembly Hall Menara Mandiri, Jakarta (14/112023). Berkolaborasi dengan firma riset global Counterpoint, acara ini digelar untuk memberikan insight terbaru seputar gadget di tahun ini dan ke depannya, serta memberikan penghargaan khusus kepada sejumlah gadget terbaik yang layak dengan inovasi-inovasi terbaik.

Indonesia Gadget Award 2023 Ungkap Tren dan Pilihan Gadget Terbaik counterpoint

Membawa tema “Inovasi dan Kolaborasi Wujudkan Resiliensi”, masyarakat Indonesia kini memasuki era endemi, di mana kegiatan sehari-hari telah dilakukan seperti sebelum pandemi berlangsung. Dibandingkan dua tahun sebelumnya, intensitas untuk beraktivitas, bertatap muka, serta berkolaborasi tentu jauh lebih tinggi. Membutuhkan pendamping seperti gadget yang bisa membantu segala aktivitasnya.

Counterpoint Paparkan Tren Pasar Smartphone Q3 2023 

Menjadi salah satu bagian inti acara Indonesia Gadget Award 2023, perwakilan dari Counterpoint secara langsung membagikan insight baru terkait pasar smartphone selama Q3 2023. Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, tren perilisan model smartphone baru meningkat hingga 10% YoY. Terutama pada segmen harga kurang dari Rp3 jutaan, dengan beberapa contoh seperti Infinix GT10 Pro, Redmi 12, maupun iTel P40. 

Dibandingkan tahun lalu, Samsung masih tetap merajai pasar smartphone Indonesia dengan jumlah pengapalan mencapai 20%, meski ada penurunan 1% dibandingkan tahun lalu. Febriman Abdillah, Senior Analyst Counterpoint mengatakan, Samsung berhasil meraih peringkat pertama berkat dukungan dari smartphone dengan segmen harga kurang dari Rp3 jutaan maupun rentang harga Rp3-6 juta.

Yang tidak kalah menarik, Xiaomi berhasil menjadi brand smartphone yang behasil naik ke urutan ketiga, menorehkan nilai kenaikan tertinggi hingga 30% YoY di Q3 2023. “Xiaomi terus berupaya dalam memperkuat pasokan, distribusi, serta program penjualannya melalui sejumlah metode seperti promosi maupun diskon khusus,” jelas Febriman.

Counterpoint memperkirakan bila ke depannya anggaran untuk membeli smartphone bakal menjadi tolak ukur dalam menentukan pilihan. Terkait hal ini, berbagi faktor seperti promosi  harga, program bundling, trade-in, hingga skema cicilan bisa menjadi pilihan yang mampu menarik pembelian. Selain itu, intensitas penggunaan yang tinggi membuat konsumen semakin mengharapkan peningkatan spesifikasi seperti RAM, penyimpanan, baterai, layar, dan fitur kamera dalam harga terjangkau. 

Lanjutkan Kolaborasi Demi Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Teknologi

Keberhasilan brand dalam menghadirkan gadget terbaik dengan inovasi terdepan, terbukti langsung dengan hasil survei polling Gizmologi & GadgetDiva yang membuat mereka menjadi pemenang di Indonesia Gadget Award 2023. Melibatkan masyarakat secara langsung, Gadget of the Year 2023 berhasil diraih oleh Samsung dengan smartphone terbaiknya, Galaxy S23 Ultra 5G yang serbabisa dan menjadi idaman pembaca. Menjadi bukti akan kualitas perangkat yang tinggi.

Indonesia Gadget Award 2023 telah melibatkan 1146 responden melalui survei yang dibagikan selama kurang lebih dua pekan. Dari hasil survei tersebut, ditemukan tiga faktor penting penentu masyarakat ketika membeli smartphone, yakni kinerja yang mulus (20,53%), kualitas kamera (18,84%), serta harga yang bersaing (14,60%). Dua poin penting setelahnya adalah dukungan baterai yang tahan lama serta memori lega untuk menyimpan banyak file maupun aplikasi.

Indonesia Gadget Award 2023 kali ini terselenggara berkat dukungan dari ASUS, Samsung, Telkomsel, Indosat, dan XL, serta beberapa media partner di antaranya TrendTech, Teknobuzz, Tek.id, YangCanggih, CanggihID, Gadgetsquad, Traveldiva dan Otodiva.