Ini Dia Aplikasi Hp yang Selama Ini Bikin Lemot

aplikasi HpAplikasi Hp tersebut menguras kapasitas baterai, akses internet atau kapasitas memori Hp.

GadgetSquad.id – Tanpa disadari beberapa aplikasi yang diinstall di Hp membuat Hp jadi lemot. Karena aplikasi-aplikasi tersebut memakan kapasitas memori yang besar, menyedot akses internet yang banyak hingga menguras daya baterai jadi cepat habis.

Sebuah perusahaan global dalam keamanaan digital yang bernama Avast, merilis laporan yang berjudul ‘Q3 2017 Android App Performance and Trend Report’. Laporan ini merupakan hasil riset Avast terhadap tiga juta pengguna Avast di perangkat Android.

Baca juga : 6 Aplikasi Chatting dan Sosmed yang Lebih Hemat Kuota

Metodologi yang dipakai adalah data gabungan dan data anonim dikumpulkan dan dianalisis dari Juli sampai September 2017, dari lebih dari tiga juta pengguna Avast di perangkat Android. Aplikasi yang dianalisis hanya menyertakan aplikasi yang tersedia di Google Play, di mana Avast mengamati ukuran sampel minimal 50.000 kejadian pemakaian.

Dalam laporan tersebut terungkap beberapa aplikasi yang boros terhadap berbagai sistem di Hp. Baik saat aplikasi tersebut aktif maupun saat berjalan secara background. Aplikasi buatan Samsung dan Google mendominasi daftar 10 aplikasi teratas yang menguras sumber daya Hp, baik itu menguras kapasitas baterai, akses internet atau kapasitas memori Hp.

Aplikasi AllShare milik Samsung adalah menjadi aplikasi nomor satu yang paling banyak menyedot sumber daya Hp. Selanjutnya ada Facebook, Spotify dan Instagram yang menjadi tiga aplikasi teratas lainnya yang mengambil kapasitas memori paling banyak. Sementara  itu Google Talkback, Facebook dan Instagram menjadi aplikasi yang paling banyak menyedot volume paket data seluler, sehingga paket data cepat habis. Sedangkan tiga aplikasi yang paling menguras baterai adalah Beaming Service for Samsung, Samsung WatchOn dan Netflix.

Dari laporan Avast tersebut, juga menunjukkan bahwa sembilan dari sepuluh pengguna Hp Android menggunakan Hp Samsung. Selain itu juga terungkap data bahwa separuh dari smartphone yang masuk daftar sepuluh besar perangkat terpopuler, berusia lebih dari dua tahun.

Baca juga : OY! Aplikasi Buatan Lokal Yang Bisa Apa Saja

Gagan Singh,  Senior Vice President and General Manager, Avast Mobile mengungkapkan, banyaknya perangkat Samsung lama yang masih digunakan. Banyak pengguna mungkin tidak menyadari bahwa Samsung tidak menyediakan update keamanan secara reguler untuk ponsel pintar model lama dan hal ini membahayakan keamanan pengguna.

Dengan mengetahui hal ini, bisa membantu pengguna dalam membuat keputusan yang lebih baik ketika memilih aplikasi yang hendak mereka unduh di Hp mereka. Dengan begitu Hp menjadi tidak lemot atau turun kinerjanya karena diinstall aplikasi yang tidak pas.