Kiriman Video Di WhatsApp Sekarang Bisa Ditonton Tanpa Didownload

whatsapp-video-streamingMediatren.com – Biasanya kalau dapat kiriman video di WhatsApp harus didownload dulu baru bisa dilihat. Tapi sekarang gak lagi. Video kiriman bisa langsung ditonton.

Ini karena WhatsApp merilis update terbaru (versi 2.16.352) untuk OS Android. Dalam update terbaru ini ini, WhatsApp menghadirkan fitur streaming video. Jadi video kiriman bisa langsung di-play tanpa harus download dulu.

Cara kerja fitur baru ini, terbagi menjadi dua :

Pertama buat pengguna yang menseting WhatsApp bisa secara otomatis mendownload semua konten (termasuk video) yang dikirim. Jika setingan ini yang dipakai, maka WhatsApp akan langsung mendownload video yang masuk. Nah, selama proses download berjalan pengguna bisa sekaligus play atau streaming video tersebut.

Kedua, untuk yang setingan WhatsApp tidak otomatis mendownload konten (termasuk video). Bila setingan ini yang dipakai, maka akan muncul tombol Play di video yang dikirim. Tombol Play ini berguna untuk melakukan streaming video, bukan untuk mendownload. Ketika menekannya, maka video akan dimainkan tanpa harus mendownload. Bila ingin mendownload video tersebut, pengguna mesti menekan tombol download (logo panah ke bawah) yang terletak di sisi kiri layar.

Fitur streaming video di WhatsApp ini belum bisa ditemukan di iOS. Belum diketahui kapan fitur ini tersedia di iPhone.