Koneksi Internet Smartfren Dianggap Paling Bagus, Setuju ?

nPerf, layanan atau aplikasi pengukuran kecepatan internet melakukan pengujian terhadap koneksi internet dari jaringan operator seluler yang ada di Indonesia. Pengujian tersebut dilakukan selama semester pertama 2018. Pengujian yang dilakukan antara lain kecepatan, streamingbrowsing dan lainnya.

koneksi internet

nPerf berhasil mengumpulkan data dari 319.552 pengujian yang dilakukan dalam kurun waktu tersebut. Dan hasilnya jaringan seluler milik operator Smartfren dinilai memiliki koneksi yang paling bagus. Koneksi jaringan Smartfren tercatat memiliki  kecepatan unduh hingga 13,94 Mb/s, dan kecepatan internet itu jauh mengguli operator lain.

Telkomsel yang pernah menduduki ranking pertama sebagai operator dengan koneksi internet terbaik, di kurun waktu tersebut tercatat memiliki kecepatan unduh 6,27 Mb/s. Sehingga Telkomsel harus rela merosot ke peringkat kedua.

Baca juga : Info Detil Paket Internet Unlimited Super 4G Plan Smartfren

Keunggulan koneksi internet Smartfren tidak hanya dari kecepatan unduhannya, tapi juga diklaim memiliki latensi yang paling kecil. Ini berarti akses internet berjalan paling mulus.

Dari pengujian yang dilakukan nPerf, juga didapatkan data menarik. Yaitu ketika pengguna mengakses internet secara intensif,  seperti menonton video streaming dengan resolusi High Definition, maka sebagian besar operator seluler memberikan kecepatan internet yang terbatas.

koneksi internet

Selain itu, nPerf juga mengungkapkan, sejak awal Mei 2018 beberapa operator, seperti Smartfren, Xl Axiata, Bolt, dan Telkomsel saling meningkat meningkatkan performa jaringannya sehingga kecepatan koneksi internet keempat operatpr itu tidak terlalu berjauhan. Ini menunjukkan persaingan dalam menyediakan akses internet cepat, makin ketat. Dan ini tentu akan menjadi keuntungan sendiri bagi para pengguna.

Berdasarkan data hasil pengujian yang dilakukan nPerft, Smartfren juga menjadi operator yang mampu menyediakan kecepatan unduh rata-rata paling kencang dibandingkan operator lain. Smartfren juga diklaim sukses meningkatkan kecepatan unduhan sebesar 45 persen dibandingkan tahun lalu. Operator lain yang juga berhasil meningkatkan kecepatan koneksi internetnya, yaitu XL dengan peningkatan sebesar 24 persen. Sedangkan Telkomsel dan Bolt malah koneksi internetnya mengalami sedikit penurunan.

Baca juga : Asik, Paket Data Smartfren 4G Unlimeted, Didiskon Lebih dari 50%

Pengujian akses internet yang dilakukan nPerf ini dilakukan terhadap semua jenis koneksi internet, mulai dari 2G, 3G, 4G hingga 4G+. Namun yang juga perlu diperhatikan jangkauan jaringan Smartfren bisa dibilang belum seluas jaringan yang dimiliki operator lain, seperti Telkomsel, Indosat dan XL. Selain juga jumlah pelanggan Smartfren juga tidak sebanyak ketiga operator  tersebut. Dan itu menjadi faktor yang sebenarnya turut mempengaruhi pengujian koneksin internet operator.