LG Display akan Memasok Banyak Panel OLED untuk iPhone 2021

GadgetSquad.id – Apple telah mulai menggunakan panel layar OLED untuk seluruh jajaran hape dengan seri iPhone 12 dan diharapkan terus melakukannya pada seri iPhone 13 yang akan datang. Sebuah laporan dari Omdia mengklaim bahwa sekitar 169 juta unit panel iPhone OLED akan dikirim tahun ini. 

Sebagai perbandingan, ekspektasi pengiriman 47,6 persen lebih tinggi dari 114,5 juta unit yang dikirim tahun lalu. LG Display akan mengirimkan lebih banyak unit panel OLED tahun ini ke Apple, demikian dilaporkan Gizmochina.

Laporan Omdia memperkirakan bahwa Samsung Display akan mengirimkan 110 juta unit panel OLED untuk iPhone. Sementara LG Display akan mengirimkan 50 juta unit dan BOE akan mengirimkan 9 juta unit. 

Tahun lalu, Samsung Display telah mengapalkan 89,6 juta unit sedangkan LG Display telah mengapalkan 25 juta unit. Jika dibandingkan tahun-ke-tahun, pengiriman dari perusahaan-perusahaan ini masing-masing meningkat 22,8 persen dan 100 persen. 

Pada tahun 2020, pangsa pasar panel OLED Samsung Display untuk iPhone adalah 78,3 persen, yang akan turun menjadi 65,1 persen tahun ini, jika perkiraan baru dari Omdia ternyata benar. Di sisi lain, pangsa LG Display akan meningkat dari 21,8 persen menjadi 29,6 persen sedangkan pangsa BOE yang berbasis di Cina akan menjadi 5,3 persen. 

Berdasarkan perkiraan, Apple akan menjadi pemasok panel OLED smartphone terbesar tahun ini, disusul Samsung Electronics dan Xiaomi. Sesuai laporan, 584,5 juta unit panel OLED diperkirakan akan dikirim tahun ini, meningkat 28 persen dibandingkan tahun 2020.

Dari jumlah tersebut, sekitar 335,5 juta unit akan digunakan untuk panel OLED Fleksibel. Sementara panel OLED yang kaku akan menggantikannya menjadi 249 juta unit.