Main Game Sambil Isi Ulang Baterai OPPO F9, Ternyata Aman dan Gak Bikin Panas !

GadgetSquad.id – Selama ini terkadang kita khawatir apakah aman ketika sedang melakukan isi ulang baterai, sekaligus tetap menggunakan hape ? Karena ada anggapan, sebaiknya ketika baterai hape sedang diisi ulang, sebaiknya hape jangan digunakan.

isi ulang baterai

Anggapan itu bisa jadi benar, karena katanya jika hape sekaligus digunakan ketika sedang di-charge maka membuat proses isi ulang menjadi semakin lama. Selain itu juga membuat hape menjadi panas. Ini karena saat itu baterai tidak hanya dimasukkan daya, tapi juga sekaligus bekerja saat hape digunakan. Dan jika hal itu menjadi kebiasaan, maka bukan tidak mungkin membuat baterai dan hape jadi cepat rusak.

Tapi terkadang kita gak sabaran mau menggunakan hape, padahal sedang di-charge. Apalagi kalau proses isi ulang baterai memakan waktu yang lama.

Gak usah khawatir, sebenarnya kamu tetap bisa dengan aman menggunakan hape saat sedang dilakukan isi ulang baterai. Kemampuan inilah yang coba ditawarkan oleh smartphone terbaru OPPO F9. Bahkan gak Cuma sekedar menggunakan hape untuk chatting di WhatsApp atau akses Sosmed, tapi juga tetap aman digunakan untuk bermain game, termasuk game online. Bahkan OPPO menjamin semua itu bisa dilakukan saat sedang charge baterai tanpa membuat hape panas.

Kok bisa ?

Baca juga: Cukup Charge 5 Menit, Smartphone OPPO F9 Bisa Dipakai Nelpon 2 Jam, Ini Rahasianya!

Rahasianya yaitu adanya teknologi VOOC Flash Charge yang dibawa OPPO F9. VOOC Flash Charge mengintegrasikan chip pintar MCU (Micro Controller Unit) pada adapternya. Proses pengaturan daya oleh chip ini menghindari hilangnya efisiensi energi dan masalah pemanasan dalam proses isi ulang baterai. Ini membuat kamu tidak perlu khawatir akan issue panas saat OPPO F9 digunakan bermain game sambil melakukan pengisian daya pada waktu yang sama.

Teknologi VOOC Flash Charge yang dikembangkan sendiri oleh OPPO, menggunakan kustomisasi konektor 7-PIN USB dan kabel charger. Dimana pada sistem pengisian daya cepat konvensional hanya menggunakan konektor 5-Pin.

isi ulang baterai

Penggunaan konektor 7-PIN USB mampu menghilangkan panas yang berlebihan dan arus berlebih dalam proses isi ulang baterai melalui pengisian multikanal Pin. Sekaligus membuat proses pengisian menjadi lebih aman. Karena ini juga mengakibatkan temparatur pada hape maupun charger tetap rendah. Sehingga pengisian ulang tidak menimbulkan efek panas berlebih. Dan inilah yang disebut dengan Cool Charging.

Selain itu VOOC juga memiliki kemampuan Low Voltage Flash Charge. Ini adalah sistem pengisian daya cepat dengan rendah daya yang dikembangkan sendiri oleh OPPO. Lebih dari 500 paten diaplikasikan oleh perangkat ini. VOOC menggunakan teknologi pengisian rendah daya.

5 Lapis Keamanan

Ini dia yang juga menjadi rahasia keuggulan teknologi VOOC Flash Charge. Yaitu jaminan keamanan pengisian daya baterai dengan menggunakan 5 lapis kemanan  mulai dari adapter hingga smartphone.

Jika dibandingkan dengan perangkat pengisian ulang konvensional, VOOC menggunakan 5 lapis teknologi kemanan mulai dari adapter , port charger hingga baterai dan hape, termasuk juga Voltage Tester yang terdapat pada adapter. VOOC dapat melakukan identifikasi pada ekosistemnya, melalui adapter, kabel, port charger, baterai dan konektor baterai. Ketika semua sistem terindikasi adalah ekosistem VOOC, adapter akan memberikan kecepatan penuh pengisian daya.

isi ulang baterai

Sejatinya VOOC Flash Charge memang adalah sistem fast charging atau pengisian daya ulang cepat. Bahkan OPPO mengklaim menjadi yang tercepat di industri smartphone dengan menggunakan tegangan rendah. Ini karena VOOC sanggup menghasilkan 4 kali lebih cepat waktu pengisian daya dibandingkan dengan pengisian daya konvensional (5V/1A).

Baca juga : Unboxing OPPO F9, Dapat Apa Saja di Paket Penjualan ?

Hanya membutuhkan 5 menit waktu isi ulang baterai untuk mendapatkan waktu bicara selama 2 jam pada OPPO F9 yang memiliki baterai sebesar 3500 mAh.  Dari proses isi ulang daya yang coba GadgetSquad lakukan, baterai pada OPPO F9 bisa terisi 11% untuk 5 menit waktu pengisian daya. Sedangkan ketika diisi selama 30 menit, ternyata kapasitas baterai sudah terisi 62%. Dan untuk pengisian penuh atau full charged, membutuhkan waktu sekitar 76 menit. )

Teknologi VOOC sendiri sebenarnya diluncurkan OPPO pada tahun 2014. Dalam mengembangkan teknologi VOOC ini, lebih dari 500 paten sudah didaftarkan.  OPPO juga mengklaim teknologi VOOC sudah digunakan sebanyak 90 juta pengguna di seluruh dunia.