Menguji Smartphone OPPO F9 Saat Diajak Liburan

0

GadgetSquad.id – Gak perlu repot-repot, hanya mengandalkan smartphone semua urusan bisa beres. Termasuk untuk pergi jalan-jalan. Seperti ketika berlibur ke Bandung yang kali ini kami menggunakan smartphone yang masih tergolong baru, yaitu smartphone OPPO F9.

Memiliki ukuran bodi yang terbilang ramping dengan ukuran dimensi 156,7 x 74 x 7.99 mm, smartphone OPPO F9. Apalagi bobotnya cukup ringan dengan berat hanya 169 gram. Ini membuat smartphone OPPO cukup nyaman digenggam termasuk saat dimasukkan ke dalam kantong celana.

Diandalkan Selama Perjalanan
Smartphone OPPO F9 ini awalnya digunakan untuk menampilkan peta digital Google Maps selama perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Tampilan layar terbilang luas dengan ukuran 6,3 inci dan aspect ratio 19,5 : 9. Layar ini terlihat luas dengan tampilan yang menutupi hampir seluruh sisi depan Hp. Layarnya juga terlihat tajam dengan resolusi 2340 x 1080 pixels.

Saat menampilkan peta digital sebagai petunjuk arah, smartphone OPPO F9 ini diletakkan di alat car holder yang ditempelkan pada sisi kaca depan mobil. Dalam posisi itu, smartphone ini masih terasa mudah digunakan untuk mengakses aplikasi lainnya. Ini karena smartphone OPPO F9 sudah menyediakan fitur Smart Bar.

Baca juga : OPPO A7 Terbaru Sudah Bisa Dipesan, Ini Harga dan Caranya!

Saat menampilkan peta digital sebagai petunjuk arah, smartphone OPPO F9 ini diletakkan di alat car holder yang ditempelkan pada sisi kaca depan mobil. Dalam posisi itu, smartphone ini masih terasa mudah digunakan untuk mengakses aplikasi lainnya. Ini karena smartphone OPPO F9 sudah menyediakan fitur Smart Bar.

Cara untuk menampilkan Smart Bar yaitu dengan mengusap samping layar ke arah kiri saat posisi vertical. Atau dengan mengusap pada sisi notch ke arah kiri saat posisi horizontal. Di smart Bar ini kita bisa menambahkan ikon aplikasi yang diperlukan untuk diakses dengan lebih mudah. Ketika mengklik salah satu ikon menu aplikasi, maka aplikasi tersebut akan tampil di atas aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam dari Jakarta, akhirnya sampai juga di Bandung. Dan ketika melihat kapasitas baterai yang tersisa di smartphone OPPO F9, ternyata masih tersisa cukup banyak.

Dari awal keberangkatan, baterai smartphone ini dalam kapasitas full. Selama perjalanan smartphone OPPO F9 digunakan mengakses Google Maps yang nonstop terkoneksi ke internet. Ini agar bisa selalu terupdate kondisi jalan sepanjang Jakarta – Bandung. Dan setibanya dibandung, kondisi baterai masih tersisa sekitar 75%.

Hasil Foto Memuaskan
Selanjutnya smartphone OPPO F9 digunakan untuk mengabadikan berbagai momen menarik di berbagai lokasi wisata dan restoran di Bandung. Mulai dari memotret hingga merekam video. Dan kamera di smartphone ini bisa diandalkan.

OPPO F9 juga dilengkapi dual camera di bodi belakang. Masing-masing berresolusi 16 Mpix (f/1.8, PDAF) dan 2 Mpix (f/2.4). Dual camera ini juga dilengkapi fitur seperti Portrait Mode, HDR Sensor, AI Scene Recognition, efek bokeh dan Slow Motion Video. Kamera di OPPO F9 bisa merekam hingga resolusi 1080p.

Untuk kamera depannya, OPPO F9 dibekali kamera depan berresolusi besar, yaitu 25 Mpix dengan aperture f/2.0. Apalagi kamera selfie ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Artistic Portrait Mode, AI Beuaty 2.1, AI Scene Recognition, Custom Beauty, Sensor HDR, Super Vivid, AR Sticker dan Slow Motion Video.

Hasil fotonya pun terlihat tajam, baik di kondisi siang hari maupun malam hari, baik saat kondisi outdoor maupun indoor. Seperti yang terlihat pada beberapa foto berikut ini :

Charging Baterai Cepat
Setelah seharian penuh, akhirnya sore harinya sampai juga di hotel tempat menginap. Sambil melepas lelah selonjoran di kamar hotel, juga sekalian meng-upload beberapa hasil foto dan video ke aplikasi media social. Dan menemani istirahat menjelang malam hari, di smartphone OPPO F9 ini diputar video lagu yang ada di YouTube.

Ketika hari sudah malam, kami pun mau mencari makan malam di sekitaran jalan Cihampelas Bandung. Tapi ternyata tidak tersadar kapasita baterai sudah menipis, hanya tersisa sekitar 10%. Padahal kami juga berencana untuk memotret kondisi malam hari jalanan kota Bandung.

Baca juga : Tes Kamera OPPO A3s, Harga Murah Begini Hasilnya!

Khawatir baterai akan lowbath, akhirnya smartphone OPPO F9 di-charge terlebih dahulu. Tak disangka ternyata kapasitas baterai bisa terisi dengan cepat, jadi tidak perlu menunggu lama untuk segera keluar hotel dan menikmati suasana malam hari di Bandung.

Ternyata ini karena pada OPPO F9 sudah dibekali dengan fitur VOOC Flash Charge. Ini adalah fitur fast charging atau pengisian cepat yang dikembangkan sendiri oleh OPPO. Keunggulan fitur ini antara lain : bisa mencharging lebih cepat, yaitu 4x kali lebih cepat dari charger biasa.

Teknologi ini sudah dilengkapi dengan 5 Layer Protection sehingga smartphonne akan terjaga keamanannya selama proses charging. Misalnya kamu bisa tetap bermain game meski smartphone ini sedang discharge. Selain itu teknologi ini juga memiliki fitur Cool Charging yang membuat perangkat tidak panas selama charging.