GadgetSquad.id – Microsoft telah mengumumkan sistem operasi (OS) Windows 11 beberapa minggu yang lalu dan tersedia untuk diinstal sebagai Dev build. Raksasa teknologi yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat, itu kini telah merilis versi beta pertama dari OS Windows 11. 

Sebagaimana dilaporkan Gizmochina, Windows 11 Beta tersedia bagi mereka yang terdaftar dalam Program Windows Insider. Menurut Microsoft, rilis beta kurang stabil dibandingkan dengan pembangunan Dev dan sedang divalidasi oleh perusahaan.

Untuk menguji versi baru Windows ini, pengguna harus memiliki komputer yang memenuhi persyaratan kompatibilitas yang ditetapkan oleh Microsoft. Mereka yang telah menginstal versi Dev dapat beralih ke versi Beta dengan masuk ke Setting, pilih Windows Update, lalu Windows Insider Program, dan kemudian mengklik ketuk Choose your Insider Settings.

Perhatikan bahwa meskipun rilis Beta lebih stabil daripada rilis Dev, mereka masih bukan versi stabil dan cenderung memiliki bug, crash, dan fitur yang hilang. Jadi, disarankan untuk tidak menginstal Windows 11 di perangkat utama pengguna. 

Sistem operasi Windows 11 menampilkan antarmuka pengguna baru, termasuk menu Start terpusat dan desain Taskbar, sudut membulat, suara baru, dan banyak lagi. Versi pratinjau yang tersedia melewatkan beberapa fitur menarik seperti pengalaman aplikasi dalam kotak dan dukungan aplikasi Android, tapi Microsoft menambahkan bahwa mereka akan segera melakukan pengujian.