The response team of Save the Children educates children survivors in Mamuju about the dangers of Covid-19 and the importance of washing hands with soap, maintaining distance, and wearing masks. In addition, the children also received education about what and how to evacuate if at any time another earthquake occurred. A strong earthquake with a magnitude of 6.2 occured in Majene before dawn of Friday, January 15, 2021, and resulted in casualties and damages in Majene and Mamuju. As the Covid-19 pandemic is still occurring in this area, emergency response activities have become more limited and the risk faced by survivors is even greater.

Menanggapi bencana alam yang terjadi di Sulawesi Barat pada pertengahan Januari lalu, Sony Corporation bersama Save the Children Japan telah memberikan donasi sebesar 10.000 USD untuk mendukung upaya bantuan kepada keluarga dan anak-anak yang terdampak dari bencana. Donasi tersebut telah disalurkan melalui “Emergency Disaster and Recovery Fund for Children” kepada Save the Children Indonesia sebagai badan yang akan mengelola kegiatan bantuan.

Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat pada tahun ini mengakibatkan banyak korban dan berbagai kerusakan infrastruktur. Selain itu, berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia per tanggal 19 Januari 2021, bencana tersebut berdampak kepada 1.203 satuan pendidikan, 192.027 peserta didik, 16.620 pendidik dan tenaga kependidikan.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, “Kami ingin menyampaikan rasa simpati terdalam kami kepada anak-anak dan keluarga korban gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat pada pertengahan Januari lalu. Melalui “Emergency Disaster and Recovery Fund for Children”, kami telah menyalurkan donasi sebesar 10.000 USD yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan dan kegiatan penunjang di daerah yang terdampak. Kami berharap hal ini dapat menumbuhkan semangat dan motivasi baru bagi masyarakat untuk pulih dari bencana yang telah terjadi.”

Donasi yang disalurkan dikelola oleh Save the Children Indonesia dan akan didistribusikan kepada anak-anak dan keluarga di Sulawesi Barat berupa kebutuhan sehari-hari, perlengkapan kebersihan, non-makanan, serta perlengkapan olahraga dan mainan.

Dana tersebut juga akan digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan edukasi, seperti promosi kesehatan, serta meningkatkan kapasitas para guru mengenai pembelajaran jarak jauh, pendidikan dalam keadaan darurat dan lainnya. Save the Children Indonesia juga akan menyediakan dukungan psikososial kepada anak-anak yang terdampak.

Ricky Suhendar, Chief of Communication & Campaign dari Save the Children Indonesia menyampaikan, “Kami sangat mengapresiasi bantuan dari Sony Corporation dan Save the Children Japan untuk keluarga dan anak-anak yang terdampak oleh gempa bumi di Sulawesi Barat. Bantuan yang disalurkan sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai kebutuhan dan kegiatan sehari-hari, terutama pada kegiatan belajar-mengajar, serta dukungan terhadap anak-anak.”

“Emergency Disaster and Recovery Fund for Children” didirikan pada tahun 2016 oleh Sony Corporation yang bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat, Save the Children Japan. Dana ini memberikan dukungan langsung kepada anak-anak yang mengalami bencana alam atau krisis kemanusiaan secara tiba-tiba, serta mendukung program pemulihan dalam jangka menengah hingga panjang.