GadgetSquad.id – Razer mengumumkan Restorify, sebuah servis e-commerce yang dirilis oleh Razer Fintech, divisi teknologi finansial Razer. Restorify merupakan pemeriksa bebas bahan bakar karbon yang dapat dilacak dan telah diluncurkan pada COP27, Konferensi Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim ke-27.

Pengimbangan karbon berpotensi menjadi salah satu intervensi efektif yang digunakan untuk menurunkan emisi karbon di atmosfer. Namun, kredit karbon biasanya dinyatakan dalam metrik ton, yang tidak mudah dibagi. Dalam ukuran tersebut, kredit karbon tidak dapat langsung dibuang dalam mengimbangi pembelian sehari-hari. Razer menjalani tantangan ini dengan Restorify, dan sedang berusaha untuk mendukung visi OECD dalam mencapai $147/ton pada tahun 2023 jika Dunia berharap untuk mencapai emisi nol pada tahun 2050.

Restorify bertujuan untuk mempromosikan lebih banyak transparansi dan akuntabilitas di pasar karbon dan untuk membuat bisnis lebih mudah dalam mengimbangi emisi serta mengajak para konsumen untuk menjadi bagian dari solusi.

Razer telah bekerja dengan tujuan nol emisi pada tahun 2023 dan memprioritaskan pengurangan emisi serta daur ulang dalam perjalanan dekarbonisasi nya. Perusahaan telah mengadopsi ‘Life Cycle Thinking’, yang berarti mengikuti praktik terbaik dalam mengurangi emisi di seluruh tahapan penting dalam pembuatan produk, dari sumber mineral hingga manufaktur, transportasi hingga akhir masa pakai.

Baca Juga: Razer Rilis Koleksi Hello Kitty and Friends

“Dalam perjalanan menuju net zero, kami telah menyadari bahwa ada kesulitan yang terjadi dan tidak semua kredit karbon setara. Dengan Restorify, kami berharap pendekatan terbaru terhadap kredit karbon akan mendorong akuntabilitas dan transparansi yang lebih besar dalam penyeimbangan karbon” ungkap Min-Liang Tan, Co-founder dan CEO Razer.

Untuk melakukannya, Razer menggandeng mitra seperti penyedia solusi energi terkemuka, GoNetZero dan juga ESGpedia, yang dapat mengumpulkan data kredit karbon berkualitas tinggi yang dapat dilacak dari awal hingga akhir, serta platform komputasi cloud, Amazon Web Services (AWS).

Keranjang belanja yang dapat dilacak juga disediakan oleh Restorify. Transaksi fraksional individu ini dicatat secara digital ke registry ESGpedia dimana konsumen dapat melacak upaya offset karbon mereka. Tingkat transparansi ini sangat kurang di pasar offset karbon konsumen saat ini.

Razer akan bekerja dengan berbagai mitra dari pabriknya termasuk lebih dari 50,000 pedagang dibawah jaringan Razer Fintech untuk mendukung transisi mereka ke net zero. AWS juga akan mendukung Razer untuk membuat Restorify tersedia pada lebih dari 100,000 mitra dari 150 negara.