Realme 3 Pro Vs Vivo S1 : Berlomba Memikat Hati Generasi Milenial

0

GadgetSquad.ID – Bermodal sederet fitur yang disukai generasi muda, beberapa vendor seperti Realme, Samsung hingga Vivo berlomba memenangkan hati generasi milenial. Nah, Antara Realme 3 Pro Vs Vivo S1 Siapa yang lebih baik?

Nah, bagi kamu yang ngakunya milenial dan kebetulan sedang gundah mencari smartphone baru. Dari sederat hp yang “katanya” anak muda banget, Realme 3 Pro dan Vivo S1 bisa dijadikan kandidat.

Lalu mana yang terbaik? Berikut ulasannya gaes!!

Realme 3 Pro Vs Vivo S1

Desain

Jika kamu suka hp dengan desain yang sedikit melengkung, Realme 3 Pro adalah pilihan yang tepat. Panel bodi belakang melengkung mengecil ke arah tepi dan menyatu mulus dengan bingkai, membuatnya lebih ergonomis. Ini juga memudahkan pengguna menggunakan smartphone hanya dengan satu tangan.

Kondisi yang sama juga dirasakan saat mengeksplor desain Vivo S1. Seperti kebanyakan hape kekinian, keduanya dibalut material glossy yang menjadikannya terlihat semakin berkelas. Di sisi lain, walau bodi kedua hape ini nampak bongsor, ternyata saat diselipkan di kantong celana, mobilitas sama sekali tidak terganggu.

Baca juga: Compare Hp 3 jutaan : Realme 3 Pro atau Vivo Z1 Pro?

Sepintas Realme 3 Pro dan Vivo S1 punya tampilan yang hampir mirip. Namun saat diperhatikan lebih detail, baik Realme 3 Pro dan Vivo S1 punya ciri khas tersendiri yang membuat keduanya percaya diri “menggoda” generasi muda.

Layar

Keduanya sama-sama mempunyai layar Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Tidak hanya itu, baik Realme 3 Pro maupun Vivo S1 ternyata mengusung konsep yang sama, dimana pada bagian atas layar terdapat “poni” berbentuk waterdrop, layaknya hp zaman now.

Layar Realme 3 Pro berukuran 6,3 inci dengan teknologi IPS LCD, sementara Vivo S1 mempunyai display 6,38 inci tipe Super AMOLED. Walau ada sedikit perbedaan dari ukuran dan tipe layar, namun saat diuji dengan memutar tayangan kualitas HD, Realme 3 Pro mampu menghasilkan gambar sama baiknya dengan Vivo S1. Kualitas tampilan layar yang mumpuni, membuat pandangan lebih nyaman saat melakukan eksplorasi.

Soal keamanan layar, Realme nampaknya lebih perhatian dibanding Vivo. Pasalnya layar Realme 3 Pro sudah dilapisi proteksi dari Corning, yakni Gorilla Glass 5. Sedangkan hape anak muda ala Vivo S1, tidak menyebutkan jenis proteksi layar yang digunakannya.

 Baca juga: Vivo Z1 Pro Dijual 3 Jutaan, Ini Fitur Jagoannya!

Kamera

Kedua vendor sadar betul untuk menarik hati milenial, hp jagoannya harus dipersenjatai fasilitas imaging yang mumpuni dan kekinian. Jika memilih Vivo S1, di bodi belakang tertanam teknologi AI Triple Rear Camera.

Kamera utama membawa sensor Sony IMX499 16 MP yang diklaim mampu menghasilkan foto lebih akurat dan presisi. Lalu ada kamera wide angle 8 MP dan sensor depth sensor 2 MP. Sementara untuk keperluan selfie, Vivo S1 dipersenjatai kamera depan 32MP AI Selfie Camera.

Spesifikasi kamera Vivo S1 memang menggoda, namun menu imaging Realme 3 Pro tidak kalah apik. Realme 3 Pro menyediakan kamera ganda di bodi belakang dengan komposisi lensa utama 16MP (1.22um dan aperture f/1.7) + sekunder 5MP (f/2.4). Kamera depan Realme 3 Pro memiliki resolusi 25MP, dengan aperture f/2.0, ukuran sensor 1/2,8 inci.

Dari hasil pengujian, walau ada perbedaan spesifikasi ternyata hasil foto Realme 3 Pro dan Vivo S1 dalam kondisi cahaya normal, terbilang sama baiknya. Sedangkan dalam kondisi cahaya kurang, hasil foto Vivo S1 sedikit terang, namun bukan berarti kualitas bidikan Realme 3 Pro tertinggal jauh.

Menariknya, kamera Realme Pro 3 dilengkapi mode realme Nightscape. Adanya menu Nightscape membuat kamu tidak perlu khawatir mengambil foto dalam kondisi minim cahaya. Dengan bantuan AI, mode Nightscape meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup ekstrem, sehingga dapat menerangkan bagian yang redup untuk detail lebih baik. Fitur sejenis Nightscape sendiri, tidak ditemui saat kami mencoba mengeksplor kamera Vivo S1.

Bagaimana dengan kemampuan merekam gambar bergerak? Vivo S1 mampu menghasilkan video dengan format maksimal 1080P. Hasil vidoe Realme 3 Pro bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan kompetitornya. Hanya saja yang menarik, Realme 3 Pro memiliki fitur slow mo yang mendukung pengambilan gambar video gerak lambat 960fps/720P.

Sistem Operasi

Sekarang giliran bagian software yang coba kita ulik. Seperti hp Androind kebanyakan, jagoan Vivo juga dipersenjatai OS bawaan. Vivo S1 menjalankan platfrom bawaan Funtouch OS 6 berbasis Android 9.0 Pie. Ketika diulik lebih jauh, OS tersebut menghadirkan beberapa menu bawaan, seperti Smart Button dan AI Jovi. Ada pula Ultra Gaming Mode dengan Multi Turbo dan Competition, fitur ini diklaim mampu membuat Vivo S1 menghadirkan pengalaman bermain game lancar.

Menu bawaan Vivo S1 cukup menjanjikan, namun disisi lain punggawa Realme juga dipersenjatai fasilitas khusus yang nggak kalah kece. Realme 3 Pro dibenamkan OS Android 9.0 Pie yang dikombinasikan dengan UI Color OS 6.0. UI bawaan Realme membuat penggunanya lebih mudah saat menggunakan ponsel. Komposisi warna pada interface juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas visual keseluruhan ke tingkat yang lebih menarik.

Pada interface-nya Realme menyematkan Game Space, yakni fitur yang secara kolektif dapat mengelola aplikasi game dan menyediakan optimisasi pengalaman bermain yang bermanfaat untuk memberikan pengguna pengalaman bermain game bebas gangguan.

Baca juga: Bersiap Guys, Realme Bakal Boyong Hp dengan Kamera 64MP ke Indonesia

Performa

Berbicara performa, kamu termasuk tim Mediatek atau Qualcomm? Jika menjadi tim Mediatek, Vivo S1 bisa dijadikan kandidat. Vivo S1 ini mengandalkan prosesor Mediatek MT6768 Helio P65 Octa-core 2 GHz, didukung RAM 4 GB dan memori 128 GB. Untuk kebutuhan penyimpanan juga disediakan slot MicroSD hingga 256 GB.

Nah, jika memilih Realme 3 Pro kamu akan memiliki hp dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 710. Prosesor Qualcomm Snapdragon 710 tersebut, dibangun pada proses fabrikasi 10nm dan arsitektur delapan inti Kryo. Prosesor Realme 3 Pro dapat ngebut hingga kecepatan 2.2GHz.

Untuk dukungan GPU, Realme 3 Pro dipersenjatai Adreno 616 yang diklaim mampu menjamin visual lebih nyata, rendering gambar 3D lebih efisien serta canggih dan kompatibel dengan API grafik terbaru yang dikenal punya kapasitas pemprosesan grafik paling kuat dalam kisaran harga yang sama

Realme 3 Pro tersedia dalam beberapa pilihan yakni tipe RAM 4 GB + ROM 64 GB, RAM 6GB + ROM 64GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Dari spesifikasi hardware bisa dikatakan dapur pacu Realme 3 Pro jauh lebih mentereng dibanding Vivo S1. Karenanya tidak heran, jika performa Realme 3 Pro lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan lawannya.

Jika kamu tidak percaya dengan performa kedua hape yang bersaing, hasil pengukuran menggunakan AnTuTu Bencmark berikut bisa jadi acuan.

kiri : hasil benchmark Realme 3 Pro, kanan : hasil benchmark Vivo S1

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, spesifikasi Vivo S1 memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh. Vivo S1 sudah mendukung teknologi Fast Charging. Untuk mendapatkan Vivo S1, siapkan dana Rp 3,6 juta.

Sementara itu Realme 3 Pro bertumpu kepada baterai berkapasitas 4.045 mAh. Setelah dites dengan penggunaan standar agak berat, hp ini mampu bertahan selama satu hari dengan sekali pengisian daya. Sebagai info, Realme 3 Pro juga mendukung teknologi VOOC flash charging

Berbicara harga, Realme 3 Pro dilego Rp 2.999.000 untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB, Rp 3.199.000 jika berminat dengan tipe RAM 6 GB + ROM 64 GB, dan siapkan dana Rp 3.699.000 untuk memiliki versi RAM 6GB + ROM 128GB.

Baca juga: Rayakan HUT RI Ke-74, Setiap Beli Hp Realme Langsung Dapat Diskon!

Kesimpulan

Dari hasil eksplorasi, kualitas seri 3 Pro tidak perlu diragukan. Performa Realme 3 Pro, semakin menegaskan jati diri Realme sebagai vendor yang konsisten merilis hp berkualitas sesuai dengan kebutuhan generasi milenial. Di sisi lain, Vivo S1 juga punya peforma tidak kalah Ok. Namun jika dilihat dari segi harga, Realme 3 Pro layak jadi kandidat utama pilihan hp anak muda

Biar gak penasaran dengan performa Realme 3 Pro dan Vivo S1, simak video berikut :

Spesifikasi Realme 3 Pro

Layar6.3 inches, IPS LCD, 1080 x 2340 pixels, Corning, yakni Gorilla Glass 5
OSAndroid 9.0 (Pie); Color OS 6.0
ProsesorQualcomm Snapdragon 710 (10nm)
ChipsetOcta-core 2,2 Ghz,
GPUAndreo 616
RAM4 GB / 6 GB
Memori Internal64 GB / 128 GB
Kamera Belakang–       16MP (1.22um dan aperture f/1.7)

–       5MP (f/2.4)

Kamera DepanPop up camera 25MP, aperture f/2.0, ukuran sensor 1/2,8 inci
Baterai4045 mAh

Spesifikasi Vivo S1

Layar6.38 inches, Super AMOLED, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
OSAndroid 9.0 (Pie); Funtouch 9
ProsesorMediatek MT6768 (12nm), Octa-core
Octa-coreOcta-core
RAM4 GB
Memori Internal128 GB
Memori EksternalmicroSD, up to 256 GB
Kamera Belakang–       16 MP, (wide), 1/2.8″, 1.12µm, PDAF

–       8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)

–       5 MP, f/2.4, depth sensor

Kamera Depan32 MP, f/2.0
BateraiLi-Po 4500 mAh