Review Oppo Band : Bikin Gaya Hidup Sehat Kamu Tidak Kendor

GadgetSquad.ID – Pandemi Covid-19 seakan mendorong banyak pihak untuk hidup lebih sehat. Bahkan di saat momen ramadan yang baru saja berlalu, antusias masyarakat untuk melanjutkan gaya hidup sehat dengan berolahraga, seakan tidak kendor.

Dalam prosesnya, gaya hidup sehat seakan menjadi momentum berbagai pabrikan untuk merilis gadget keren, sebagai pendamping kamu saat berolah raga. Nah, agar gaya hidup sehat kamu lebih berwarna, terkontrol dan penuh gaya, Oppo meresponnya dengan merilis Oppo Band.

Oppo Band merupakan lini terbaru dari wearable smart device Oppo. Oppo Band merupakan varian yang lebih ramah pengguna, namun fitur yang diberikan tetap berkelas. Nah, buat kamu yang ingin membakar lemak sisa-sisa rendang lebaran, yuk olahraga “cantik” ditemani Oppo Band. Bisa apa saja Oppo Band? Berikut ulasannya!

Desain
Sederhana namun tetap berkelas. Yup, secara tampilan fisik, bentuk Oppo Band tidak berbeda jauh dengan perangkat sejenis. Namun, Oppo tetap mengemas band andalannya dengan material berkelas, sehingga tak kehilangan aura mewahnya.

Material strap yang berkualitas, membuat pergelangan tangan GadgetSquad tetap nyaman saat menggunakan perangkat ini dalam waktu yang lama. Bahan dari band-nya sendiri disinyalir menggunakan material silikon yang ringan dan tidak mudah menimbulkan gesekan pada kulit. Memberikan rasa nyaman saat dikenakan, serta tahan air.

Sentuhan strap yang fashionable, membuatnya semakin cocok dipadukan dengan busana apapun. Hadir dalam 2 pilihan warna, yakni hitam dan lavender, OPPO Band mampu melengkapi gaya OOTD kamu. Selain itu, perangkat ini juga menawarkan lebih dari 40 desain berbeda bagi pengguna. Wallpaper-nya pun bisa diganti sesuai dengan selera.

Layar
Tampilan fisik Oppo Band yang berkelas, semakin mantab dengan hadirnya layar dengan teknologi yang kekinian. Oppo Band hadir dengan layar AMOLED berukuran 1,1 inci Full Color dengan logo Oppo di bagian bawah.

Saat di eskplor layar Oppo Band mendukung tampilan berwarna, serta menawarkan resolusi tinggi dengan bidang pandang cukup lebar, dimana total 50 karakter dapat ditampilkan. Layar lebar pada Oppo Band memberikan kenyamanan tersendiri saat dilihat.

Terlebih, layar berjenis AMOLED ini dirancang dengan kaca 2.5D yang tampak elegan dan dapat menampilkan konten yang tajam dengan tampilan warna yang apik karena sudah mendukung DCI-P3. Aneka amunisi di sektor layar, membuat mata ini nyaman saat harus memandang Oppo Band dalam berbagai kondisi, termasuk di luar ruangan.

Mudah Digunakan
Untuk menikmati kecanggihan Oppo Band tidaklah rumit. Hanya dengan satu kali sentuhan pada display dalam kondisi mati, akan menghidupkan layarnya. Responnya juga tergolong gesit. Kamu juga dapat menghidupkan fitur Raise to Wake, agar layar menyala otomatis ketika pergelangan tangan diangkat.

Saat layar menyala (Home Screen), maka akan menampilkan beberapa informasi meliputi koneksi, mode malam, baterai, jumlah langkah, kalori serta hari dan tanggal. Jika layar OPPO Band disapu ke arah atas atau bawah, pengguna dapat melihat beberapa menu andalan, seperti Daily Activity, Workouts dan beberapa fasilitas seru lainnya.

Kamu juga dapat mengganti Watch Face dengan cepat, hanya dengan menggeser layar Oppo Band ke arah kiri atau kanan. Untuk mengsingkronisasi Oppo Band dengan hp juga terbilang mudah. Kamu cukup mengunduh aplikasi HeyTap Health (aplikasi bisa diunduh hape selain Oppo), kemudian tinggal ikuti instruksi yang diberikan.

Fitur
Selain bisa memaksimalkan aplikasi bernama HeyTap Health yang bisa kamu unduh, Oppo Band juga hadir dengan fitur-fitur keren yang seru untuk dieksplor. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, nggak ada salahnya GadgetSquad mencoba mengulik aplikasi HeyTap Health

Melalui HeyTap Health, kamu dapat melihat rata-rata penghitungan detak jantung, kadar oksigen dalam darah, serta waktu tidur yang dianjurkan. Kamu juga dapat mengatur interval kapan fitur ini aktif, defaultnya penghitung detak jantung akan menghitung setiap 6 menit, namun dapat diubah menjadi setiap 2 menit sekali atau setiap detik.

Saat diuji sensor optik internalnya bisa memantau detak jantung dengan cukup akurat. Apabila detak jantung berubah terlalu tinggi saat berolahraga, Oppo Band akan bergetar secara otomatis untuk memberikan peringatan kepada pengguna. Dengan begitu pengguna dapat menghindari latihan yang berlebihan.

Selama pengujian, bisa dikatakan aplikasi HeyTap Health layaknya asisten pribadi. HeyTap Health mampu memotivasi GadgetSquad untuk lebih konsisten, menjalankan gaya hidup sehat di tengah pandemi yang entah kapan berakhir

Fitur selanjutnya yakni Oppo band Watch Face. Ada tiga kategori yang bisa kalian gunakan, mulai dari Discover yang akan terbagi lagi menjadi lima sub menu yang menawarkan tampilan Watch Face mewakili kategori menu tersebut, seperti tampilan tema kesehatan, seni, minimalis atau klasik.

Bahkan, kamu juga dapat membuat tampilan Watch Face menggunakan foto favorit. Tampilan foto yang ditampilkan akan disesuaikan dengan rasio layar pada Oppo Band, hanya saja tampilan foto, masih terlihat terang dan warnanya cukup tajam. Kamu dapat mengganti Watch Face dengan cepat, cukup menggeser layar ke kiri atau kanan.

Selanjutnya ada fitur Daily Activity. Sejatinya menu ini sudah lazim, tertanam pada perangkat jam maupun gelang pintar, namun Oppo mengemasnya dengan tampilan yang jauh lebih stlyish.

Daily Activity fitur ini berfungsi untuk menghitung jumlah aktivitas harian kita, meliputi berapa langkah yang sudah dilakukan, berapa jumlah kalori yang terbakar atau lama kita berolah raga.

Fitur ini dapat menghitung secara otomatis dan menyimpan log pada perangkat terlebih dahulu, cukup buka HeyTap Health untuk detail aktivitas harian yang sudah kamu lakukan. Kamu juga dapat mengatur target dari masing-masing kategori, seperti berapa langkah yang harus dicapai dalam sehari atau total kalori yang harus dibakar.

Bagi penggila sport, walau hanya sebuah smartband perangkat ini ternyata mendukung 12 mode olahraga baik outdoor maupun indoor. Mode olahraga yang bisa dipantau, mulai berjalan kaki, berlari, bersepeda, elips, mendayung, kriket, bulu tangkis, renang, hingga yoga.

Selain dapat menjadi perangkat pengingat aktivitas dan pemantauan, Oppo Band juga dibekali dengan beberapa fitur tambahan lainnya seperti kontrol pemutar musik, fitur untuk membunyikan smartphone saat kalian lupa dimana meletakkannya, stopwatch, timer, juga shutter kamera.

Selain dapat menjadi perangkat pengingat aktivitas dan pemantauan, Oppo Band juga dibekali dengan beberapa fitur tambahan lainnya seperti kontrol pemutar musik, fitur untuk membunyikan smartphone saat kalian lupa dimana meletakkannya, stopwatch, timer, juga shutter kamera.

Oppo Band tahan air hingga kedalaman 50 meter. GadgetSquad belum sempat menguji kekuatan tahan air Oppo Band dengan berenang, hanya saja saat digunakan di kondisi cuaca hujan, perangkat ini masih berfungsi dengan baik. Yang pasti walau punya fitur tahan air, bukan berarti bisa membawa Oppo Band berenang di air laut hehehe.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah kemampuan pengisian dayanya yang relatif singkat. Hanya mengandalkan port USB pada laptop, Oppo Band dapat terisi penuh kurang dari 1 jam. Soal daya tahan dengan tingkat kecerahan standar, serta fitur pemantuan yang diaktifkan, Oppo Band dapat bertahan kurang lebih 5 hari.

Kesimpulan
Oppo Band menjadi bukti nyata jika pabrikan asal Tiongkok ini semakin serius dalam mengembangkan, ekosistem AiOT termasuk wearable device. Dari segi kualitas, apa yang diberikan Oppo Band sudah lebih dari cukup untuk menjadikan salah satu smartband paling mencuri perhatian saat ini.

Tak hanya sporty, desainnya yang fashionable juga sangat menunjang penampilan keseharian kamu. Fiturnya serta teknologinya pun komplit dan kekinian. Mulai dari layar AMOLED berukuran 1.1 inci yang begitu responsif, pengisian cepat, serta daya tahan yang cukup lama.

Kecanggihan lain Oppo Band, yakni memiliki fasilitas pemantau yang lengkap. Kamu bisa penghitung aktivitas harian, pemantau detak jantung, hingga menantau kadar oksigen dalam darah. Hal terpenting lainnya, semua kecanggihan di Oppo Band bisa kamu dapatkan dengan harga bersahabat. Kamu cukup merogoh kocek 500 ribuan saja..

Yuk, buat gaya hidup sehat kamu semakin berwarna dan kekinian bareng si kece Oppo Band!!!