S Pen Bakal Diboyong Samsung ke Banyak Perangkat

GadgetSquad.ID – S Pen selama ini indentik dengan Galaxy Note dan tablet flagship buatan Samsung. Tapi di tahun 2021, sebuah langkah berani diambil Samsung, terkait keberadaan S Pen

Menjawab rumor yang ada, di tahun 2021 ini Samsung resmi mengenalkan Galaxy S21 Ultra sebagai ponsel Galaxy S pertama yang mendukung S Pen.

Apakah ke depannya akan semakin banyak hp Samsung yang mendukung S Pen?

Dilansir The Verge, tidak lama setelah peluncuran seri Galaxy S21, pabrikan asal Korea Selatan itu mengatakan akan membawa S Pen ke lebih banyak perangkat ke depannya.

“Kami berkomitmen untuk berinovasi dalam pengalaman mobile terbaru yang mengalir mulus dan terus menerus untuk membuat hidup konsumen kami lebih mudah dan lebih baik,” kata President and Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics, TM Roh

“Kami membuat keputusan berani untuk memperluas pengalaman S Pen ke Galaxy S21 Ultra, dan berencana untuk memperluas pengalaman S Pen ke kategori perangkat lainnya di masa depan,” sambungnya.

Sayang dalam keterangan tersebut TM Roh tidak menjelaskan perangkat apa yang dimaksud sebagai ‘kategori perangkat lainnya’. Tapi mengingat S Pen sudah bisa digunakan oleh ponsel dan tablet flagship Samsung, perangkat selanjutnya yang mungkin akan mendapat dukungan stylus ini adalah ponsel layar lipat Samsung.

“S Pen selalu menjadi fitur yang sangat dicintai dari Galaxy Note. Dan kami senang mendengar bahwa orang-orang sangat menginginkannya, mereka bahkan menginginkannya di Fold,” ucap Roh saat itu.

“Dan kami tent akan terus mendengar feedback konsumen kami. Jadi mohon terus nantikan apa yang akan hadir di masa depan,” imbuhnya.

Sebagai info, dalam gelaran Galaxy Unpacked Samsung mengenalkan dua varian stylus untuk Galaxy S21 Ultra yaitu S Pen dan S Pen Pro. Galaxy S21 Ultra juga mendukung stylus dari Galaxy Note atau Galaxy Tab lainnya.

Versi standar bisa digunakan untuk menulis dan menggambar. Sedangkan varian Pro memiliki ukuran lebih besar dan mendukung Bluetooth Low Energy (BLE) serta memiliki fitur seperti navigasi gestur dan kemampuan untuk mengontrol ponsel dari jarak jauh.

Karena tidak memiliki slot khusus, S Pen untuk Galaxy S21 Ultra dijual secara terpisah atau dalam satu paket dengan case khusus yang memiliki slot.