GadgetSquad – Samsung secara resmi mengumumkan smartphone seri baru di India yakni Galaxy F41, yang merupakan seri F pertama. Smartphone tersebut memiliki menggunakan layar FHD + Super AMOLED Infinity-U berukuran 6,4 inci, dan akan mulai dijual perdana secara eksklusif di toko daring setempat Flipkart pada 16 Oktober 2020.

Gizchina, Kamis, 8 Oktober 2020 melaporkan, Samsung Galaxy F41 di India dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 64GB dihargai 16.999 Rupee India (Rp 3,4 juta), sedangkan harga varian RAM 6 GB/ 128 GB adalah 17.999 Rupee India (Rp 3,6 juta). Ponsel dari merek asal Negeri Gingseng ini akan tersedia dalam tiga warna yaitu hitam, biru, dan hijau.

Dari segi mesin, Galaxy F41 dibekali dengan Exynos 9611 prosesor kelas menengah yang bersaing dengan Snapdragon 712. Menurut Samsung, chip garapannya itu menghadirkan visual yang realistis dengan sedikit jeda bagi para gamer, serta kinerja pemrosesan grafis yang ditingkatkan.

Prosesor ini dilengkapi GPU MP3 Arm Mali-G72 yanh lebih cepat dari pendahulunya. Chip grafis ini, dibangun di atas arsitektur Bifrost generasi ke-2, dan mendukung API tingkat lanjut dan teknik pemrosesan yang beragam seperti MSAA (Multi-Sample Anti-Aliasing) untuk detail yang lebih besar.

Selain itu chip grafis ini juga memiliki ASTC (Adaptive Scalable Texture Compression) dan AFBC (Arm Frame Buffer Compression) untuk rendering grafik yang efisien dengan mengurangi penggunaan bandwidth memori. Dati segi kekuatan chip, produk ini bisa sebagai tandingan Vivo V19, Vivo Z5x, Realme XT, Xiaomi Mi 9SE, dan banyak lagi.

Menjalankan OneUI 2.5 yang berbasis sistem operasi Android 10, Galaxy F41 ini memiliki daya baterai yang besar, 6.000 mAh, plus dukungan pengisian daya 15W. Fitur lainnya ada sensor sidik jari di bagian belakang, segi koneksinya termasuk 4G LTE, Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.0, GPS, dan antarmuka USB Type-C untuk pengisian daya dan sinkronisasi data.

Sedangkan untuk fotografi, Galaxy F41 memiliki tiga kamera di bagian belakang, dengan sensor utama 64 MP, lensa ultra-wide angle 8 MP, dan sensor fokus real time 5 MP. Sementara kamera depan dipasang sensor 32 MP untuk selfie.