Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Tercebur ke Laut, Langsung Rusak Atau Masih Hidup?

GadgetSquad.ID – Tidak hanya tampil keren, Samsung juga mengembangkan duo Galaxy S9 dan S9 Plus dengan daya tahan bodi yang lumayan baik. Standardisasi IP68, menjadi bukti jika kedua hp tersebut tidak hanya terlihat keren, namun juga daya tahan bodi yang baik, saat di bawa beraktivitas dalam berbagai kondisi.

Standardisasi IP68 sendiri, merupakan sertifikat yang menandakan sebuah produk, memiliki kemampuan ahan terhadap debu, air, dan pasir. Hal tersebut tentu meningkatkan proteksi terhadap ancaman kerusakan yang dapat menimpa duo ponsel tersebut.

Baca Juga: Ini Hasil Foto dan Video Slow Motion Kamera Hp Samsung Galaxy S9 / S9 Plus

Dalam workshop di Lombok, Gadget Squad membuktikan sendiri bagaimana “bandelnya”, Galaxy S9 dan S9 Plus saat diuji dalam berbagai aktivitas luar ruang. Dengan kondisi cuaca panas yang cukup berdebu, plus serpihan pasir pantai yang terkadang membuat hape mengalami gangguan, semua teknologi S9 dan S9 tetap berjalan mulus.

Bakan kedua hp tersebut, tetap bekerja baik saat Gadget Squad membawanya basah-basahan di kolam renang. Jika air tawar biasa, tidak membuat kinerja Galaxy S9 dan S9 Plus bermasalah, bagaimana seandainya kedua hp tersebut tercebur air laut.

Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung, menuturkan, meski memiliki kemampuan tahan air tawar, Galaxy S9 dan S9 Plus tidak disaran terkena air laut, baik secara sengaja maupun tak sengaja. Hal ini dikarenakan standar dari IP68 yang memang, tidak mengakomodasi melindungi hp dari air laut.

Baca Juga: Di Samsung Galaxy S9 dan S9+ Kini Ada AR Emoji Disney

“Jadi, di dalam port-port itu kan ada karet anti airnya, takutnya lama-lama garam bisa menggerus lapisan itu. Garam itu kan halus banget, takutnya dia masuk ke port-port yang kebuka kemudian dia akan mengikis seal dari IP68,” terangnya.

Tapi seandainya S9 dan S9 Plus mau di bawa berenang di laut, sebaiknya segera bila hp tersebut dengan air tawar. “Kalau mau nekat membuktikan, cemplungin aja, tapi dibilas lagi pake air mengalir,” pungkasnya.