GadgetSquad.id – Samsung telah merilis Galaxy Tab A7 Lite versi anak-anak di Rusia. Tablet yang dijuluki Samsung Galaxy Tab A Kids ini telah diluncurkan bekerja sama dengan Smeshariki—merek anak-anak di negara tersebut. Ini akan datang dengan lebih dari 20 aplikasi pendidikan dan hiburan dari merek mitra seperti Lego.

Tablet ini juga akan menampilkan antarmuka khusus dengan asisten digital bernama Marusia, yang diprogram untuk menghibur anak-anak dengan cerita, musik, dan permainan. Samsung Galaxy Tab A Kids akan hadir dengan cover/stand pelindung berwarna cerah. 

Samsung Galaxy A Kids diluncurkan dengan harga 14.990 Russian Ruble (Rp 2,9 juta). Saat ini hanya tersedia untuk dibeli di Rusia melalui toko online resmi Samsung dan toko ritel di negara tersebut. Ketersediaan tablet di India dan pasar lainnya belum diumumkan. 

Seperti disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy Tab A Kids memiliki antarmuka yang dirancang khusus untuk anak-anak. Ini juga mengemas kontrol orang tua untuk membatasi akses dan mengonfigurasi jenis konten yang tersedia untuk anak-anak. Tablet ini dilengkapi dengan casing tahan goncangan untuk melindunginya dari jatuh yang tidak disengaja. 

Samsung Galaxy Tab A Kids mengemas baterai 5.100 mAh yang diklaim mampu bertahan seharian penuh untuk penggunaan aktif. Tablet ini memiliki layar sentuh TFT 8,7 inci dengan bezel yang diperkecil. Layar menawarkan resolusi 1.340×800 piksel.

Perangkat ini juga terdaftar untuk mengemas chip octa-core 2,3GHz, yang diyakini sebagai chip MediaTek Helio P22T yang mendukung Galaxy Tab A7 Lite. Dalam hal optik, tablet ini memiliki kamera utama 8 Mp dengan autofokus. Kamera utama mampu merekam video full-HD pada 30fps. Selain itu, tablet ini dilengkapi dengan kamera depan 2 MP. 

Samsung Galaxy Tab A Kids adalah tablet khusus Wi-Fi yang juga mendukung konektivitas Bluetooth v5.0. Ini menampung RAM 3 GB dan 32 GB memori internal (dapat diperluas hingga 1TB dengan kartu microSD).