GadgetSquad – Samsung Galaxy Z Fold 2 sudah dirilis bulan lalu, tapi pengamat industri sudah berusaha mengungkap rahasia penggantinya. Media Korea Selatan, The Elec mengutip laporan terbaru UBI Research melaporkan, Samsung saat ini sedang mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi digital AES (Active Electrostatic Solution) untuk menghadirkan S Pen ke seri Galaxy Z Fold berikutnya.

Di saat yang sama, Gizchina, 25 Oktober 2020 melaporkan, sumber tersebut mengklaim perusahaan masih berusaha membuat UTG (kaca ultra-tipis) cukup tebal untuk menahan tekanan ujung S Pen.

Ini bukan pertama kalinya mendengar Samsung ingin menghadirkan S Pen ke dalam ponsel lipatnya. Sebelumnya, Galaxy Z Fold 2 dikabarkan akan hadir dengan S Pen. Namun karena keterbatasan teknis, Samsung tidak dapat mewujudkan visi tersebut.

Pertama, seri Samsung Galaxy Note menggunakan teknologi S Pen EMR (Electromagnetic Resonance). Namun, teknologi yang sama terlalu kaku untuk layar yang bisa dilipat. Kedua, Samsung memutuskan untuk tidak membekali Galaxy Z Fold 2 dengan S Pen karena lapisan UTG tidak cukup tebal untuk menahan ujung stylus.

UBI Research percaya bahwa Samsung sekarang berusaha untuk memecahkan masalah ini untuk Galaxy Z Fold 3 mendatang. Perusahaan tersebut mungkin tidak dapat menerapkan digitizer EMR ke panel yang dapat dilipat. Tapi mungkin memutuskan untuk menggunakan teknologi AES sebagai gantinya

Teknologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi AES biasanya memberikan kinerja keseluruhan yang lebih baik dengan mengorbankan biaya produksi. Lebih penting lagi, AES memungkinkan ponsel layar lipat Samsung menggunakan S Pen.

Menurut laporan, area lain yang ingin diperbaiki Samsung adalah kaca ultra-thin. Layar lipat Galaxy Z Fold 2 memiliki lapisan UTG 30 mikron. Ini terlalu mudah rusak oleh ujung Pena S. Namun, produsen asal Korea Selatan itu kabarnya sedang bekerja keras untuk menggandakan ketebalan lapisan UTG untuk Galaxy Z Fold 3, sehingga memungkinkan penggunaan S Pen.

Tentu masih terlalu dini untuk menentukan kebenaran rumor itu. Bahkan jika Samsung mempertimbangkan untuk menambahkan S Pen ke Galaxy Z Fold 3, banyak hal dapat berubah sebelum smartphone memasuki produksi massal.

Adapun saat ini, banyak media yang mengklaim Samsung akan menghadirkan S Pen ke lebih banyak seri. Dan Samsung Galaxy S21 ada di tempat pertama. Dan, jika perangkat ini dijadwalkan memasuki pasar pada kuartal pertama 2021, maka Samsung Galaxy Z Fold 3 akan hadir pada paruh kedua.