Huawei Luncurkan Sistem Operasi Terdistribusi Terbaru HarmonyOS

GadgetSquad – Sejak muncul laporan bahwa Huawei sedang mengerjakan sistem operasinya sendiri yang disebut HarmonyOS–atau dikenal sebagai HongMeng OS–rumor beredar itu akan menggantikan sistem operasi Android.  Dan menurut laporan terbaru dari MyDrivers, EMUI 11 akan menjadi yang terakhir sebelum OS baru Huawei dirilis.

Laporan terbaru itu merupakan kutipan wawancara dengan Head of Software Development at Huawei Consumer Business Group Wang Chenglu. Dalam wawancara itu, masa depan EMUI 11 dan HongMeng OS dipertanyakan.

“EMUI 11 menggunakan kerangka kerja yang sama dengan HongMeng, system scheduler dan perubahan lainnya,” kata Chenglu menjawab pertanyaan itu, seperti dikutip GSM Arena, Rabu, 28 Oktober 2020.

Artinya, versi terbaru EMUI berbasis Android 11 sudah merupakan transisi untuk mempersiapkan perangkat lunak baru agar konsumen mengadopsinya sebelum HongMeng OS dirilis. HongMeng OS 2.0 beta akan pertama kali hadir di TV, mobil, jam tangan, sedangkan perangkat seluler yang diluncurkan dengan EMUI 11 akan menjadi yang pertama menerima HongMeng OS 2.0 OTA.

Berdasarkan timeline dari awal bulan ini, batch pertama ponsel yang mendapatkan HongMeng OS adalah yang ditenagai oleh Kirin 9000 seperti jajaran Huawei Mate 40, lalu Kirin 990 5G, dan akhirnya perangkat Kirin 810 level awal.

Sebelumnya, Huawei sempat membantah bahwa HongMeng OS tidak ditujukan untuk smartphone. Tapi, tentu saja, ini sebelum larangan yang dilakukan Amerika Serikat terhadap Huawei. Dan perusahaan asal Negeri Gingseng ini akhirnya secara resmi mengumumkannya pada Agustus lalu.