Samsung Sindir Apple Karena Hilangkan Adaptor Daya di Kemasan iPhone 12


GadgetSquad – Samsung di melalui saluran media sosialnya mengejek Apple karena menghapus adaptor daya sebagai perangkat pendukung dalam kemasan iPhone 12, hal ini menunjukkan fakta bahwa smartphone Samsung akan terus dikirimkan dengan adaptor daya. “Disertakan dengan Galaxy Anda,” tulis Samsung disertai gambar adaptor daya, di laman Facebook-nya.

Apple khususnya tidak lagi menyediakan adaptor daya atau earpod dalam satu kemasan pembelian ‌iPhone‌, perubahan ini berlaku untuk model iPhone 12 baru dan pembelian baru model iPhone 11, iPhone SE, dan iPhone XR. Apple mengatakan bahwa perubahan itu akan membiarkannya mengurangi emisi karbon, baik melalui penghapusan aksesori dan melalui ukuran kotak yang lebih kecil yang sekarang digunakan iPhone, demikian dilaporkan MacRumors, 13 Oktober 2020.

sponsored

Apple dalam peluncuran iPhone 12, Selasa, 13 Oktober 2020 mengatakan perubahan itu dilakukan karena alasan lingkungan, tapi ada spekulasi bahwa Apple mungkin telah menghapus aksesori untuk memotong biaya karena adanya modem 5G yang digunakan dalam jajaran ‌iPhone‌ baru. Apple hanya menyediakan kabel USB-C to Lightning dalam kemasan iPhonr, dan adaptor daya serta earpod harus dibeli terpisah.

Meskipun Samsung menggembar-gemborkan adaptor daya USB-C yang hadir dengan model Galaxy saat ini, rumor menyarankan bahwa Samsung juga berencana untuk berhenti memasukkan pengisi daya ke dalam kotak beberapa ponsel cerdasnya mulai 2021. Samsung juga diduga berencana ingin menghilangkannya, karena karena pengisi daya telah menyebar luas dan hal itu akan memangkas biaya produksi.

Tidak jelas apakah ini akan terjadi, dan Samsung bisa memilih untuk tetap menawarkan adaptor daya agar membedakan ponsel cerdasnya dengan iPhone Apple. Namun, sebelumnya Samsung juga pernah mengolok-olok Apple karena mencopot jack headphone dari ‌iPhone‌ 7 pada 2016 sebelum menyalin keputusan dan akhirnya merilis Galaxy A8 2018 tanpa jack headphone.

Samsung memiliki sejarah panjang dalam mengejek desain Apple dan keputusan produk, seringkali sebelum mengadopsi beberapa perubahan yang sama. Samsung tahun ini menargetkan ‌iPhone 12‌, yang bersaing dengan jajaran Galaxy Note 20 5G dan Galaxy S20 5G. Selain ributnya soal adaptor daya, Samsung juga membagikan cuitan yang mengejek Apple karena terlambat mengenalkan 5G.