GadgetSquad.ID – Akhirnya pabrik penyejuk udara ( AC ), yang dibangun Sharp sejak Februari 2022 rampung. Beroperasinya pabrik AC di dalam negeri merupakan langkah Sharp Indonesia, guna memenuhi permintaan pasar lokal dan juga ekspor.

Shinji Teraoka Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, menuturkan, Saat ini Sharp menempati posisi pertama di pasar AC Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 24%.

“Memiliki kapasitas produksi sekitar 900.000 unit per tahun untuk tahun pertama dan akan terus menambah kapasitas produksi sejalan dengan perkembangan bisnis kami hingga 1,2 juta unit pertahunnya.Kami optimis dapat meningkatkan pangsa pasar menjadi 30%, ungkap Teraoka.

Adapun pabrik AC Sharp di Indonesia ini, mengusung konsep ramah lingkungan. Pabrik tersebut menempati lahan seluas 3,5 Ha dari total, luas pabrik Sharp Indonesia sebesar 31 Ha yang berlokasi di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat.

Lebih Jauh, Shinji Teraoka menjelaskan, pihaknya akan terus berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat direfleksikan melalui pengoperasian pabrik barunya, dimana Sharp akan menyerap tenaga kerja baru yang akan di tempatkan pada posisi produksi, distribusi hingga purna jual.

Baca juga : Bawa Kamera Mewah, Sharp Aquos R7s Panaskan Persaingan Hape Flagship di Indonesia

“Tidak hanya itu, Sharp pun memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjadi mitra sebagai pemasok suku cadang maupun kanal penjualan. Saat ini Sharp Indonesia telah memperkerjakan sebanyak 700 karyawan dan kemungkinan akan terus bertambah serta menggunakan 60% komponen local yang berasal dari 30 suplier”, ucap Teraoka.

Bersamaan dengan peresmian pabrik AC-nya, Sharp pun memperkenalkan rangkaian produk AC yang di produksi di Indonesia, yaitu ‘Garuda Series’ yang terdiri dari beberapa tipe yaitu AC Split Basic Standard, AC Split Standard with Plasmacluster, AC Split Basic Inverter, AC Split Inverter with Plasmacluster. Kapasitas yang tersedia mulai dari ½ PK hingga 1 PK.