GadgetSquad.id – Sebelum membeli smartphone baru, Anda harus tahu jika smartphone terbagi dalam empat kelas, yaitu entry-level yang ditujukan bagi orang-orang yang baru mau beralih dari feature phone ke smartphone maupun bagi Anda yang punya budget terbatas. Lalu ada mid-range atau smartphone kelas menengah yang hadir dengan spesifikasi lebih mumpuni dan harga yang terjangkau di range Rp2-4 juta per unitnya. Ada juga high end yang memiliki spesifikasi mumpuni dan harga yang lebih mahal dan terakhir ada smartphone flagship yang merupakan produk terbaik dari masing-masing brand.

Dari keempat kelas smartphone ini, kelas mid-range paling banyak dicari karena harganya yang terjangkau tapi spesifikasinya juga tak kalah dari smartphone kelas high-end dan flagship. Apakah Anda juga tertarik mengganti smartphone ke varian mid-range saat ini? Agar lebih meyakinkan keputusan Anda, berikut ada berbagai keuntungan beli smartphone mid-range yang harus Anda ketahui.

Ramah di Kantong
Seperti disebutkan diatas, range harga smartphone kelas mid-range berada di angka Rp2-4 juta per unitnya. Hal ini tentu masih tergolong terjangkau apalagi jika melihat spesifikasi yang dibawa smartphone tersebut.

Kita ambil contoh, Redmi Note 9 Pro. Smartphone kelas menengah dari Xiaomi ini dibekali dengan Snapdragon 720G dan CPU quad core Kryo 465 dengan clock speed 2.3 GHz. Smartphone ini sudah bisa dipakai untuk memainkan game dengan grafis tinggi tanpa masalah. Untuk bagian kameranya, Redmi Note 9 Pro sudah dibekali dengan empat kamera, yaitu kamera utama 64 MP (f/1.89), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera macro 5 MP (f/2.4), dan lensa depth sensor 2 MP (f/2.4).

Untuk kelas mid-range, spesifikasi Redmi Note 9 Pro ini sudah tergolong mumpuni untuk berbagai kebutuhan. Entah itu untuk sekolah online hingga main game online dengan grafis tinggi seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Harga Redmi Note 9 Pro untuk varian 6GB/64GB hanya Rp3.299.000 per April 2021. Masih terjangkau bukan?

Dengan range harga yang terjangkau ini, smartphone mid-range jadi pilihan yang realistis antara ingin smartphone canggih namun harganya terjangkau. Selain itu meski model smartphone mid-range juga silih berganti, namun dengan fitur dan teknologi terbaru yang sudah disematkan di smartphone in maka smartphone kelas ini mampu bertahan setidaknya satu atau dua tahun kedepan tanpa terasa ketinggalan jaman dari segi fitur dan teknologi yang digunakan.

Baca Juga: 3 Hape Gaming Terjangkau dari Oppo yang Cocok Temani Ngabuburit

Mirip Flagship
Meski harganya beda jauh dari flagship yang biasanya dijual di atas Rp 10 juta, namun smartphone mid-range juga bukan pilihan yang murahan. Ada banyak fitur maupun spesifikasi yang hampir mirip dengan apa yang ada di smartphone flagship.

Contohnya saja bodi yang kokoh dan desain yang terlihat mewah dan premium. Belum lagi teknologi yang ada di smartphone mid-range juga tak kalah oke. Seperti kamera sudah quad camera, sudah menggunakan chipset terbaik di kelasnya, fitur pemindai wajah, in-display fingerprint scanner, NFC hingga penggunaan layar beresolusi tinggi dan dilapisi Corning Gorilla Glass agar tidak mudah tergores.

Jadi bisa dikatakan jika fitur yang ada di smartphone mid-range juga ada di seri flagship. Apakah Anda rela bayar lebih mahal untuk menikmati performa smartphone yang hampir sama dengan apa yang ada di kelas mid-range yang jauh lebih murah?

Banyak Pilihan Model & Varian
Pasar smartphone kelas mid-range merupakan salah satu pasar yang ramai peminatnya. Hal ini membuat produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan perangkat terbaru di kelas mid-range untuk menarik minat pecinta smartphone.

Anda pun punya banyak opsi jika ingin mengganti smartphone dari kelas ini. Hampir semua brand memiliki produk untuk lini ini. Selain itu dari segi desain dan spesifikasi juga beragam sehingga pilihan Anda akan lebih bervariasi.

Jika pun ingin mengganti smartphone, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal jika dibandingkan Anda ingin terus mengikuti tren smartphone flagship.
Pasalnya, jika Anda berpikir flagship saat ini adalah yang paling baik, bulan depan atau tahun depan bisa saja ada produk flagship terbaru lagi yang menawarkan spesifikasi super keren dengan harga selangit.

Jadi daripada gengsi atau malah menghabiskan uang, pastikan Anda memilih smartphone terbaik sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Ramadan Lebih Berwarna, realme Rilis 8 Pro Illuminating Yellow dan Watch S Master Edition

Nah itulah tadi pembahasan mengenai keuntungan beli smartphone mid-range yang bisa jadi referensi Anda yang ingin berganti smartphone baru dengan membeli smartphone kelas menengah atau mid-range. Jangan lupa untuk sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan dan juga budget agar keuangan tidak bermasalah cuma karena ingin beli smartphone baru.

Jadi, Anda akan membeli smartphone kelas menengah dari brand yang mana nih?