GadgetSquad.id – Buat kamu pengguna layanan uang/pembayaran elektronik TCASH, perlu tahu informasi yang satu ini. Mulai 21/02/2019, TCASH berubah menjadi LINK AJA. Terus apa saja yang harus dilakukan pengguna TCASH dengan perubahan ini, berikut penjelasannya :

tcash

Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCASH menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) atau memberikan persetujuan melalui channel USSD T-CASH (*800#), mulai tanggal 21 Februari 2019.

Baca juga : Bayar Ongkos Blue Bird Sekarang Bisa Pakai Tcash, Ini Caranya!

Akun TCASH Pelanggan akan secara otomatis dikonversi menjadi akun LinkAja bersamaan dengan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja yang tersedia atau pemberian persetujuan oleh Pelanggan melalui channel USSD T-CASH (*800#).

LinkAja

LinkAja adalah sebuah layanan keuangan elektronik yang merupakan sinergi layanan keuangan elektronik dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

LinkAja menghadirkan layanan keuangan elektronik yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan beragam fitur pembayaran seperti pembayaran tagihan (antara lain listrik, air, asuransi, internet dan lain-lain), transaksi di merchant baik lokal maupun nasional, pembayaran moda transportasi, pembelian online hingga layanan keuangan lainnya seperti transfer saldo antar Pelanggan.

Dan berikut beberapa FAQ (frequently ask question) seputar LinkAja :

  1. Mengapa TCASH berubah menjadi LinkAja?

Demi menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat Indonesia, T-CASH bersama dengan berbagai layanan keuangan elektronik milik BUMN lainnya berubah menjadi LinkAja.

  1. Apa perbedaan antara TCASH dan LinkAja?

Semua layanan dan fitur yang tersedia pada layanan T-CASH, akan dapat diakses dan dinikmati pada layanan LinkAja. Terlebih lagi, kedepannya akan terdapat beberapa fitur baru pada layanan LinkAja yang dikembangkan dari waktu ke waktu.

  1. Adakah benefit lebih bagi Pelanggan yang bisa didapat dari LinkAja?

LinkAja akan menyediakan banyak promosi dan rewards menarik bagi Pelanggan. Promosi dan rewardsini akan dapat dinikmati oleh Pelanggan baru LinkAja dan juga Pelanggan T-CASH yang bersedia mengkonversi akun T-CASH-nya ke akun LinkAja.

  1. Apakah Pelanggan TCASH perlu melakukan registrasi ulang untuk dapat menggunakan layanan LinkAja?

Tidak perlu. Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi T-CASH menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) atau memberikan persetujuan melalui channel USSD T-CASH (*800#). Akun T-CASH Pelanggan akan secara otomatis dikonversi menjadi akun LinkAja bersamaan dengan update aplikasi T-CASH menjadi LinkAja yang tersedia atau pemberian persetujuan oleh Pelanggan melalui channel USSD T-CASH (*800#).

  1. Apa yang terjadi dengan saldo di TCASH Pelanggan setelah update ke LinkAja?

Saldo Pelanggan T-CASH yang telah melakukan update ke LinkAja akan dikonversi secara otomatis menjadi saldo di akun LinkAja dengan nilai yang sama.

  1. Apakah ada perubahan cara transaksi menggunakan layanan LinkAja?

Tidak ada. Semua fitur transaksi yang tersedia pada layanan T-CASH, diantaranya pembayaran menggunakan T-CASH TAP, QR code (SNAP QR) maupun USSD T-CASH *800# untuk melakukan pembayaran; pembelian online melalui menu dalam layanan T-CASH; transfer saldo antar akun dan ke bank lain melalui jaringan ATM bersama, akan tetap tersedia pada layanan LinkAja.

Baca juga : TCash Bisa Digunakan Semua Operator, Caranya?

  1. Apakah transaksi menggunakan stiCker TCASH TAP dan fungsi NFC di aplikasi tetap berjalan?

Ya, transaksi menggunakan sticker T-CASH TAP dan fungsi NFC di merchant yang bekerjasama dengan T-CASH akan tetap berjalan.

  1. Kapan Pelanggan bisa mulai melakukan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja?

Pelanggan dapat melakukan update aplikasi T-CASH menjadi LinkAja mulai tanggal 21 Februari 2019 melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

  1. Apakah layanan TCASH akan tetap bisa diakses setelah LinkAja diluncurkan?

Layanan T-CASH tidak dapat diakses lagi setelah layanan LinkAja diluncurkan pada tanggal 21 Februari 2019.

  1. Apabila Pelanggan tidak melakukan update aplikasi ke LinkAja, apakah Pelanggan tetap bisa melakukan transaksi?

Pelanggan tidak dapat melakukan transaksi menggunakan aplikasi T-CASH yang dimiliki sebelumnya  jika Pelanggan tidak melakukan update ke LinkAja terlebih dahulu. Transaksi menggunakan sticker NFC T-CASH Tap dan UMB menu *800# masih dapat dilakukan.

  1. Apabila Pelanggan tidak bersedia melakukan update TCASH-nya dan menjadi Pelanggan LinkAja, apa yang dapat Pelanggan lakukan?

Jika Pelanggan tidak bersedia menjadi Pelanggan LinkAja, maka Pelanggan dapat menutup akunnya di GraPARI Telkomsel terdekat. Jika terdapat sisa saldo T-CASH, maka Pelanggan dapat melakukan penarikan saldo di Grapari Telkomsel terdekat dengan membawa kartu identitas Pelanggan