Teknologi Bakal Punya Peran Penting di Dunia Pendidikan Tanah Air

GadgetSquad.ID – Di era yang serba digital ini, membuat banyak hal dalam kehidupan yang tidak bisa lepas dari teknologi, tidak terkecuali di dunia pendidikan.

Dalam seminar bertajuk “Tren Edutech 2020”, Nurhamzah, CEO platform Telset.id meyakini, teknologi dapat memperkuat dunia pendidikan, seperti halnya teknologi dapat menguatkan industri finansial, transportasi dan seluruh aspek di dalamnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar mengatakan, dunia pendidikan di negeri ini masih mempunyai jurang besar yakni akses yang sama.

Kata dia, lebih dari 300 ribu sekolah dan 50 juta siswa yang tersebar di lebih dari 17 ribu pulau, akses pendidikan berkualitas masih menjadi sesuatu yang “mahal” di Indonesia

“Disparitas-nya masih menganga lebar. Kesenjangan infrastruktur, tenaga pengajar, hingga akses terhadap literasi masih menjadi kendala.”

“Maka dari itu, teknologi hadir untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kami percaya bahwa pendidikan berkualitas adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan membawa Indonesia unggul di mata dunia,” ujar Uffie.

Lalu bagaimana cara teknologi meningkatkan kualitas pendidikan? Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Dr Waras Kamdi mengatakan, teknologi berperan dalam membangun jejaring belajar.

“Teknologi membuat siapa saja bisa belajar, belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa banyak biaya, melalui virtual lab, digital content, super app dan banyak cara,” papar Waras

Seminar “Tren Edutech 2020: Menuju Indonesia Maju” dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dari berbagai stakeholders di dunia pendidikan, mulai dari guru, kepala sekolah, perwakilan kementerian pendidikan dan kebudayaan, perwakilan kementerian komunikasi dan informasi, media hingga pelaku industri