Esport Makin Seksi, Telkomsel Resmi Rilis Gim Rise of Nowlin

GadgetSquad.ID –  Industri game maupun esport saat bisa dikatakan menjadi salah satu bisnis yang seksi, diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Gelaran Piala Presiden Esport 2020, menjadi bukti nyata geliat industri game dan esport di Tanah Air.

Nah Kondisi ini menjadi salah alasan, until kembali mengeluarkan produk terbaru di lini game mobile.

Yup, Telkomsel berkolaborasi dengan Dunia Games, resmi merilis gim berkonsep MMORPG yang berjudul “Rise of Nowlin”.

Crispin P Tristram, Head of Digital Lifestyle Services, Telkomsel, hadirnya Rise of Nowlin menambah lengkap koleksi gim yang dikembangkan Telkomsel dengan Dunia Games.

“Dunia Games Telkomsel sudah berjalan lima tahunan dan ada sekitar empat juta pengguna aktif per bulan. Sekarang kami merilis satu gim baru untuk melengkapi dua gim yang telah kami rilis sebelumnya,” ujar Crispin.

Dua gim yang sebelumnya telah dirilis adalah ShellFire (mobile FPS) dan Lord of Estera (card battle RPG).

Sementara itu, Auliya Ilman Fadli, GM Games & Apps, Telkomsel, mengatakan Rise of Nowlin juga didesain sedemikian rupa supaya bisa mendukung kompetisi esports.

“Gim ini dirancang untuk esports. Battlefield bisa support 20 x 20. Lalu massive guild bisa support 100 players bermain bersamaan,” jelas Auliya.

Pada kesempatan yang sama, Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur BEKRAF, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyampaikan dukungannya karena pasar gaming merupakan salah satu subsektor di ekonomi kreatif.

“Pasar gaming di Indonesia nomor 16 di dunia. Nilainya tahun ini katanya mencapai satu miliar dolar. Gim yang dirilis hari ini saya harap akan memperkaya industri gaming di Indonesia. Saya juga berharap nanti akan lebih banyak gim dari Telkomsel dan Dunia Games,” kata Hari.

Pertanyaannya saat ini, bagaimana cara Telkomsel memasarkan Rise of Nowlin, pasalnya dengan konsep serupa sudah banyak beredar?

Ada beberapa strategi yang akan Telkomsel terapkan. Pertama, Telkomsel akan menggelar kampanye tertarget (targeted campaign.

Kedua, Telkomsel akan mengupayakan para gamers yang telah mengunduh Rise of Nowlin untuk menjadi pengguna aktif. Ketiga, Telkomsel berencana untuk menggelar kompetisi sebagai apresiasi dan salah satu ajang aktualisasi diri bagi para gamers.