GadgetSquad.id – Tiga lembaga survey pasar smartphone telah mengeluarkan update rangking 5 besar vendor smartphone terbaru terkait pangsa pasar yang diraih para vendor di kuartal ketiga (Q3) 2019. Ketiga biro riset pasar itu antara lain IDC, Counterpoint, dan Canalys. Oke guys, kita lihat hasilnya seperti apa.

Ranking 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia

Hasil survey yang cukup menarik untuk disimak datang dari IDC. Di sini, Oppo berada di puncak dengan raihan pangsa pasar 26,2%. Disusul kemudian pada posisi dua, ada Vivo yang membuntuti Samsung. Dari data IDC untuk Q3 2019 Vivo berhasil meraih pangsa pasar 22,8%. Tak ayal dengan raihan tersebut, kedua brand asal Cina ini berhasil mengalahkan Samsung yang berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 19,4%.

Goyahnya posisi Samsung, menurut IDC lantaran terkena imbas brand-brand asal Tiongkok dan kehilangan pangsa cukup signifikan. Ini karena perbaharuan seri A (dengan seri As terbaru) terjadi terlalu cepat setelah peluncuran seri A yang sukses di awal tahun ini.

Sementara Oppo memegang pangsa pasar terbesar di segmen low-end dan mid-range dengan serangkaian model smartphone yang baru diluncurkan seperti model K3, A5, dan A9.

Yang juga cukup mengejutkan dari data yang dikeluarkan IDC adalah bertenggernya salah satu pemain yang relatif baru di pasar Tanah Air. Yup, Realme, perusahaan ini berhasil merangsek ke posisi empat sebagai vendor dengan pangsa pasar terbanyak setelah berhasil meraih 12,6%. Alhasil, dari data IDC untuk Q3 2019, Realme telah mengangkangi salah satu seteru utamanya di pasar, yakni Xiaomi. Hal itu lantaran, pada periode yang sama, Xiaomi  ter-capture memiliki pangsa pasar 12,5%.

Adapun secara umum, dari data IDC pada Q3 2019 pasar smartphone mengalami penurunan musiman sebesar 9,9%, turun menjadi 8,8 juta unit. Kendati demikian, pasar smartpohne tetap meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 1,8% YoY.

Beralih ke data keluaran Counterpoint untuk periode yang sama. Berdasarkan hasil survey pasar yang dikeluarkan Counterpoint, Samsung tercatat masih berada di posisi teratas. Yup, brand asal Korea Selatan ini merengkuh 22% dan menjadikannya sebagai brand dengan pengsa pasar terbesar di Q3 2019 versi Couterpoint. Meski demikian, bila dibanding pada capaiannya pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Samsung terlihat mengalami penurunan. Di mana pada Q3 2018, Samsung memiliki pangsa pasar 23% kala itu.

Masih dari data Counterpoint, membuntuti Samsung, pada posisi kedua ditempati Xiaomi yang tercatat mengantongi pangsa pasar 20%. Di posisi selanjutnya berturut-turut ada Oppo dengan pangsa pasar 19%, Vivo (13%), dan Realme dengan pangsa pasar 11%.

Selain dua biro riset di atas, berikutnya ada Canalys yang juga telah mengeluarkan hasil analisisnya. Dari data Canalys, Oppo berada di posisi teratas. Brand yang cukup gencar mengeluarkan produk ini berhasil mengantongi pangsa pasar 23%.

Adapun untuk posisi kedua ditempati oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 22%, diikuti oleh Samsung (21%) dan Vivo di posisi empat dengan pangsa pasar 17%. Realme yang memiliki pangsa pasar 11% berhasil merangsek ke posisi kelima.