Beranda Review Review Asus Zenfone 6 – Ketinggalan, Tapi Layak Jadi Pilihan

Review Asus Zenfone 6 – Ketinggalan, Tapi Layak Jadi Pilihan

2

GadgetSquad.id – Fitur Pop Up Camera, Rising Camera, kamera gerak atau apalah sebutan lainnya, menjadi fitur yang sedang tren belakangan ini. Beberapa vendor pun berlomba-lomba mengeluarkan smartphone terbarunya yang dilengkapi fitur kamera gerak. Tak terkecuali Asus Zenfone 6. Tapi kehadiran smartphone terbaru Asus ini terbilang telat dibandingkan Hp berkamera gerak lainnya, seperti Vivo V15/V15 Pro, OPPO F11 Pro, OPPO Reno  dan Samsung Galaxy A80 yang sudah resmi dipasarkan di Indonesia.

asus zenfone 6

Asus Zenfone 6 juga mengusung kamera gerak ini sudah resmi diperkenalkan secara global beberapa bulan lalu, namun sayangnya baru sekarang bisa resmi dijual ke pasaran Indonesia. GadgetSquad sebenarnya sudah menggunakan Asus Zenfone 6 sejak beberapa bulan lalu, namun sengaja baru dihadirkan reviewnya saat ini berbarengan dengan peluncuran perdananya pada hari ini (15/11/2019).

Baca juga : Asus Zenfone6 Jadi Rilis di Indonesia, Harganya?

Asus Zenfone 6 membawa fitur kamera gerak yang berbeda dari beberapa smartphone lainnya yang juga mengusung fitur yang sama. Sebelum membahas lebih detil apa saja perbedaan kamera gerak di Asus Zenfone 6 , kita bahas dulu berbagai fitur lainnya.

Desain Mewah

Asus Zenfone 6 tampil mewah dengan bodi belakangnya yang menggunakan bahan 3D-Curved Glass.  Asus Zenfone 6 hadir dengan pilihan warna bodi Midnight Black dan Twilight Silver. Bodi smartphone ini dilengkapi dengan tombol Power, Volume dan Smart Key di sisi samping kanan. Tombol Smart Key secara defualt berfungsi untuk membuka fitur Google Assistant, tapi juga bisa diubah dan diseting untuk fungsi  fitur lainnya.

Di bodi samping kiri, terdapat tempat simcard dan Micro SD yang non hybrid. Maksudnya tempat ini menyediakan 2 slot untuk simcard dan 1 slot untuk kartu memori Micro SD.  Beralih ke sisi bodi bawah, di sana disematkan lubang jack audio 3,5 mm, mic, speaker dan port USB Type C untuk charger dan kabel data.

Layar Luas

Asus Zenfone 6 mengusung layar berukuran 6,4 inci Nanoedge Display. Layar ini terlihat luas, selain karena ukurannya yang besar, juga karena desain bezel layar yang tipis. Ditambah lagi tidak ada notch di atas layar ini, jadi buat kamu yang merasa terganggu notch saat menikmati konten di layar smartphone, di smartphone ini tidak lagi

Ketajaman layar ini didukung teknologi IPS, meski tidak setajam Super Amoled, tapi tampilan layar di Asus Zenfone 6 tetap terasa tajam. Apalagi resolusi layarnya sudah mencapai Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Yang membuat penggunaan smartphone ini lebih nyaman, yaitu karena layarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 6. Dengan dilindungi versi terbaru dari Gorilla Glass ini menjadi jaminan layar semakin tahan kuat dan tahan goresan hingga benda tajam sekaligus.

Kamera 180 Derajat

Bisa dibilang kamera gerak di Asus Zenfone 6 berbeda dari yang ada di Vivo V15/V15 Pro, OPPO F11 Pro dan OPPO Reno. Keempat smartphone ini memiliki kamera yang bergerak ke arah atas bawah saja. Dan itupun yang bergerak hanya kamera depannya saja.

Asus Zenfone 6 memiliki kamera gerak yang mirip dengan Samsung Galaxy A80. Di mana kamera gerak ini berfungsi sebagai kamera belakang sekaligus kamera depan. Kamera gerak ini bergerak secara berputar sejauh 180 derajat.

Baca juga : 6 Fitur Baru di Asus Zenfone6 Yang Bikin Beda!

Meskipun begitu, kamera gerak di smartphone Asus ini benar-benar berbeda dibandingkan kamera gerak smartphone lainnya. Jika kamera gerak di beberapa smartphone lainnya sebatas gerakan saja, ternyata gerakan kamera di Asus Zenfone 6 juga sekaligus memiliki fungsi untuk kebutuhan memotret atau merekam video.  Masih bingung? Berikut ini penjelasannya :

Free Angle

Ternyata kamera gerak di smartphone Asus ini selain bergerak sendiri dari fungsi kamera belakang menjadi kamera selfie, pengguna juga bisa mengatur sendiri sejauh mana gerakan berputar dari kamera ini. Caranya dengan cukup mengusap ikon …ke arah atas atau bawah, dan gerakan kamera akan mengikuti. Misalnya hanya ingin menggerakan kamera sejauh 90 derajat untuk memotret atau merekam video, hal itu bisa dilakukan.

Auto Panorama

Gerakan berputar dari kamea di smartphone Asus ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto panorama secara otomatis. Jadi pengguna tidak perlu menggerakan smartphone, cukup diam biar kamera  saja yang bergerak.

Motion Tracking

Kamera gerak di Asus Zenfone 6 juga menghadirkan fitur Motion Tracking. Di mana kamera akan berputar mengikuti arah dari gerakan dari objek yang sudah dipilih.

Dual Kamera

Kamera gerak di Asus Zenfone 6 terdiri merupakan Dual Camera. Kamera pertamanya berkekuatan resolusi 48 Mpix dengan sensor Sony IMX 586 dan aperture F/1.79. Kamera duanya merupakan kamera Ultrawidw 125 derajat yang bisa menangkap gambar dengan lebih luas. Kedua kamera ini juga ditemani dengan LED Flash.

Dan ini yang menarik, semua kelengkapan fitur dan kehandalan kamera ini tidak hanya bisa digunakan untuk memotret atau merekam biasa, tapi juga bisa saat sedang foto selfie atau nge-vlog.  Seperti Super Night Mode atau Super Resolution 108 Mpix. Kemampuan rekaman kameranya pun sudah mencapai resolusi 4K @60 fps, plus dilengkapi Electonic Image Stabilzer. Cocok banget buat menghasilkan vlog berkualitas tinggi. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur video recording lainnya, seperti  Time Lapse (video gerak cepat). Slow Mo (video gerak lambat), Video Wide Angle, Pro, dan Artificial Intelligent.

Kamera ini juga bisa difungsikan sebagai fitur keamanan Face Recognition. Selain juga sudah disediakan fingerprint scanner di bodi belakang.

Soal mekanisme geraka dari Dual Camera ini disebut didesain dengan Liquid Metal yang strukturnya lebih kuat dari metal biasa. Selain itu gerakan kamera ini didukung oleh 13 gear box. Yang menarik kamera gerak ini sudah dilengkapi semacam sensor gravitasi, jadi jika smartphone ini terjatuh ketka dalam posisi kamera terbuka, maka kamera ini akan otomatis menutup agar tidak patah.

Performa

Untuk performanya, Asus Zenfone 6 juga tidak main-main. Karena sudah disokong prosesor Snapdragon 855 Flagship 7 nm. Selain itu juga didukung GPU Andreno 640. Meski belum diketahui untuk versi resmi nanti akan membawa kapasitas berapa besar, tapi untuk RAM tertinggi Asus Zenfone 6 dibekali RAM 8 GB. Sedangkan memorinya berkapasitas 256 GB. Belum lagi slot Micro SD nya sudah mendukung hingga 1 TB.

Beralih ke daya tahannya. smartphone Asus ini juga tidak main-main. Karena sudah dibekali baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh. Di mana masih jarang smartphone yang dibekali baterai sebesar ini.

Asus Zenfone 6 mengadopsi sistem operasi Android 9 yang dikombinasikan dengan ZenUI 6. Ketika dicoba menguji kinerja smartphone ini menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, didapat skor :

 

2 KOMENTAR

  1. ⁣mau main game yg menghasilkan duit ?? ayo kunjungi qqharian.info ada bonus cashback 100% ada extra bonus 200% dan ada bonus tambahan 5% yg bisa di claim setiap kali deposit ayo tunggu apa lagi kunjungi qqharian.info anda menang kami bayar , anda kalah kami ganti code referal 2419ed2

  2. ⁣⁣mau main game yg menghasilkan duit ?? ayo kunjungi qqharian.info ada bonus cashback 100% ada extra bonus 200% dan ada bonus tambahan 5% yg bisa di claim setiap kali deposit ayo tunggu apa lagi kunjungi qqharian.info anda menang kami bayar , anda kalah kami ganti code referal 2419ed2e