GadgetSquad.idXL Axiata bekerja sama dengan Alita Praya Mitra (Alita) meluncurkan  “XL Axiata Akses Sehat”, sebuah layanan solusi pintar dan alat medis yang dapat melakukan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan.
XL Axiata Akses Sehat , Alat Medis Portabel Berteknologi AI dan IoT (1)
Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, “Solusi XL Axiata Akses Sehat yang kami tawarkan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung program inklusi akses internet dan layanan kesehatan yang lebih baik.”
Dalam era di mana teknologi memegang peranan krusial dalam menyediakan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, XL Axiata bersama Alita, perusahaan sistem integrator penyedia solusi pintar alat medis berbasis kecedasan buatan dan Internet of Things (AIoT), mewujudkan ekosistem yang mendukung kesehatan, ekonomi, dan pertumbuhan digital secara keseluruhan.
Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya, mengatakan “Penggunaan solusi kesehatan tidak hanya di rumah sakit, namun diperlukan di fasilitas kesehatan lain, seperti Puskesmas dan Posyandu. Alita berkomitmen terus berkolaborasi menciptakan solusi alat medis yang dapat di akses oleh seluruh masyarakat Indonesia.”
Staf Ahli bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Setiaji, dalam sambutan virtual mengatakan, solusi XL Axiata Akses Sehat ini diharapkan dapat meningkatkan secara signifikan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di seluruh negeri.
Sejak diluncurkan, XL Axiata Akses Sehat telah digunakan oleh dua rumah sakit di Manado, Sulawesi Utara, yaitu di RSUD ODSK Provinsi Sulawesi Utara dan RS Robert Wolter Monginsidi. Diharapkan ke depan, XL Axiata Akses Sehat dapat semakin banyak dimanfaatkan oleh penyelenggara kesehatan di seluruh Indonesia.

Manfaat Alat Medis “XL Axiata Akses Sehat” 

XL Axiata Akses Sehat merupakan alat medis kesehatan berupa alat medik portabel yang didukung oleh solusi pintar berbasis kecerdasan buatan dan IoT (AIoT) serta broadband connectivity dari XL Axiata.
XL Axiata Akses Sehat merupakan salah satu wujud komitmen untuk mendukung pemerintah dalam penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan. Alat medis ini dapat dimanfaatkan oleh fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia seperti, puskesmas, rumah sakit, apotik, bahkan juga bisa digunakan oleh perkantoran dalam upaya detaksi dini dan pencegahan penyakit.
Sistem kerja XL Axiata Akses Sehat
XL Axiata Akses Sehat berisi alat medis yang dipakai untuk cek kesehatan pasien.
Data yang diambil dari perangkat dikirim lewat bluetooth ke aplikasi petugas kesehatan.
Data pengecekan kesehatan direkam oleh aplikasi dan dikirim ke cloud server melalui jaringan gigabit internet XL Axiata Business Solutions. Pasien secara langsung bisa melihat hasil rekam medis melalui aplikasi.
Kelebihan dan manfaat XL Axiata Akses Sehat 
  • Kemudahaan dalam pencatatan hasil cek kesehatan.
  • Terkoneksi dengan RME institusi Kesehatan.
  • Analisis resiko penyakit masyarakat.
  • Penyuluhan jarak jauh.
  • Perangkat mudah dibawa ke mana saja.
Paket Solusi XL Axiata Akses Sehat
  • Paket XL Axiata Akses Sehat + akses internet dengan kecepatan up to 500 Mbps.
  • Paket XL Axiata Akses Sehat + akses internet dengan kecepatan up to 1 Gbps.
Manfaat Berlangganan Paket XL Axiata Akses Sehat
  • Bandwidth 500 Mbps/1 Gbps.
  • Set perangkat XL Axiata Akses Sehat.
  • Platform IoT XL Axiata Akses Sehat.
  • Warranty & support maintenance
Saat ini berlaku promo untuk berlangganan XL Axiata Akses Sehat, yaitu *gratis 1 bulan hingga 12 April 2024.  (*syarat dan ketentuan berlaku).