GadgetSquad.id – Pandemi Covid-19 telah berdampak luas pada kehidupan masyarakat. Salah satu komunitas masyarakat yang sangat merasakan dampaknya adalah para penyandang disabilitas. Melihat situasi ini, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan bantuan kepada penyandang tuna netra di beberapa kota di Jawa Tengah dan Sumatera. Bantuan ini diserahkan secara bertahap mulai 3 Mei 2020.
Untuk penyaluran donasi di area Jawa Tengah, XL Axiata bekerjasama dengan Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Tengah. Area penyaluran bantuan di  tiga kabupaten, yaitu Sragen, Boyolali, dan Grobogan.  Pendistribusian bantuan dari XL Axiata disesuaikan dengan kebutuhan utama mereka di tengah pandemi berupa bahan makanan. Total ada sekitar 50 orang penyandang disabilitas di ketiga daerah yang mendapatkan bantuan ini.
Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, “Pandemi saat ini beimbas terhadap sebagian besar masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali saudara kita para penyandang tuna netra. Penerapan physical distancing dan stay at home berdampak terhadap berkurang hingga hilangnya mata pencaharian mereka yang sebagian besar bekerja sebagai tukang pijat, pengamen hingga penjual makanan keliling. Semoga donasi ini bisa bermanfaat bagi mereka.”
Perwakilan DPW ITMI Provinsi Jawa Tengah, Hidayat mengatakan, seiring dengan munculnya himbauan untuk menghindari penularan virus Corona sejak pertengahan Maret 2020 lalu, permintaan layanan jasa para penyandang tuna netra juga menurun secara drastis. Menurutnya, bantuan dari XL Axiata ini sangat membantu kebutuhan keluarga mereka.
Sementara itu di Sumatera, XL Axiata  bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan donasi sembako di ketiga kota pada Jum’at (8/5).
Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sementara itu di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. XL Axiata dan PFI berharap paket sembako yang disalurkan bisa bermanfaat buat anggota Pertuni dan keluarga.
XL Axiata terus berusaha melanjutkan kontribusi dalam mitigasi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini dukungan untuk bekerja dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota data 2GB/hari secara gratis. Penguatan jaringan di sekitar rumah sakit rujukan utama pun terus dilakukan. Selain itu, bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), XL Axiata telah menyalurkan berbagai bantuan termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis di sejumlah daerah di Indonesia