Siap-siap, Yahoo Messenger Bakal Stop 1 Bulan lagi

Yahoo mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan layanan Yahoo Messenger pada 17 Juli. Namun begitu pengguna masih dapat memanfaatkan layanan ini hingga 17 Juli 2018. Kenapa?

 yahoo messenger

Alasan keputusan Yahoo untuk menutup layanan Messenger agak ambigu, tetapi setidaknya perusahaan menawarkan pernyataan singkat yang agak memotivasi penutupan layanan komunikasi.

“Kami tahu layanan ini masih memiliki banyak penggemar setia sejak awal sebagai salah satu aplikasi chatting pertama dari jenisnya. Karena lanskap komunikasi terus berubah, kami kini berfokus untuk membangun dan memperkenalkan alat komunikasi baru yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen,” demikian pernyataan resmi Yahoo, seperti yang dilansir dari wsj.

Baca Juga: 6 Aplikasi Chatting dan Sosmed yang Lebih Hemat Kuota

Dan bagi mereka para penggemar setia, mutlak harus mengganti Messenger dengan layanan Yahoo lainnya, piha Yahoo sendiri sudah telah merekomendasikan Yahoo Squirrel, sebuah aplikasi invite-only group messaging.

Dengan layanan ini, kabar baiknya kamu bisa mendonwload riwayat obrolan ke komputer pribadi atau perangkat selama 6 bulan ke depan. Selain itu, ID Yahoo masih dapat berfungsi untuk layanan Yahoo lainnya seperti Mail dan Fantasy.

Kabar ini memang sangat menyedihkan, mengingat layanan ini merupakan cikal bakal dari adanya layanan chating lain yang ada di smartphone. Tapi penghentian layanan ini memang cukup beralasan, mengingat layanan chatting kompetiroenya saat ini memang memiliki fitur yang lebih lengkap dan kekinian.

Tentang Yahoo Messenger

Yahoo! Messenger atau yang biasa disingkat “Y!M” atau “YM” merupakan layanan pengirim pesan instan populer pada masanya. Layanan yang disediakan Yahoo! ini awalnya rilis bernama dengan nama Yahoo! Pager pada 9 Maret 1998.

Baca Juga: Begini Caranya Baca Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus

Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail.

Penggunaan layanan ini ini juga dapat langsung mendapatkan notifikasi dan tersambung pada e-mail. YM juga menawarkan fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.

Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.