GadgetSquad.ID – Digelar sejak tahun 2019, gelaran IDCamp saat ini menjadi salah satu program andalan Indosat Ooredoo Hutchison (IOC), untuk mencetak talenta digital berkelas dunia dan mendukung terciptanya bangsa digital.

Berkaca kepada kesuksesan tahun lalu, dimana ajang IDCamp 2021 berhasil mencatatkan 46.025 peserta beasiswa coding online. Digelaran IDCamp 2022, pihak IOC berharap penerima manfaat di ajang ini bisa mencapai 55 ribu peserta.

Target tersebut tidak lepas dari kebijakan, dimana IDCamp 2022 tidak memiliki batasan usia untuk peserta, lebih banyak kelas coding, dan lebih banyak roadshow yang menargetkan kampus serta acara komunitas developer secara virtual.

Nanti, bootcamp untuk komunitas penyandang disabilitas juga dilakukan kembali untuk memajukan inklusivitas program dalam mewujudkan misinya menciptakan talenta digital bersertifikat global di seluruh negeri.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, ajang IDCamp membawa semangat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Indosat Ooredoo Hutchison melihat IDCamp sebagai sarana untuk memberdayakan talenta digital masa depan.”

“Salah satu program CSR di pilar Pendidikan Digital ini, juga bertujuan untuk mengatasi kekurangan talenta digital bersertifikat global di negara ini. Kami ingin menghadirkan kekuatan teknologi yang inklusif dan menyediakan serangkaian keterampilan digital yang diperlukan untuk para calon pemimpin masa depan yang akan berkontribusi pada ekonomi digital bangsa.” jelasnya.

Sementara itu, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengatakan, jika dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, Kemenparekraf berupaya meningkatkan digital talents Indonesia dengan berbagai program.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Indosat dalam upaya menciptakan talenta-talenta digital berkualitas melalui program IDCamp yang telah terlaksana sejak tahun 2019.”

“Saya ucapkan selamat atas kelulusan peserta IDCamp 2021 dan acara peresmian IDCamp 2022. Kami harap kegiatan ini selain dapat memunculkan talenta digital berkualitas, juga dapat memunculkan unicorn baru yang memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

Pendaftaran beasiswa coding online dibuka mulai hari ini, 27 Mei 2022, melalui idcamp.ioh.co.id. Setelah pendaftaran berhasil, peserta dapat langsung memulai pelatihan basic dan beginner hingga Agustus 2022.

Pelatihan tingkat intermediate akan dimulai pada bulan September hingga Desember 2022, sedangkan tingkat expert dan professional akan dimulai dari November 2022 hingga Februari 2023.

Selain pelatihan online, IDCamp 2022 juga akan menyelenggarakan roadshow virtual di kampus-kampus, virtual meet-up untuk developer 2022, rangkaian Developer Challenges, Bootcamp untuk Disabilitas, dan pelatihan untuk guru.

Peserta dapat memperoleh informasi terbaru melalui website resmi, Instagram @idcamp dan Facebook IDCamp Indosat Ooredoo Hutchison. Peserta juga dapat menghubungi alamat email resmi idcamp@ioh.co.id untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut mengenai IDCamp 2022. Semua orang termasuk segala usia dipersilakan untuk mendaftar!

Sebagai tambahan, dalam tiga tahun pertama pelaksanaannya, IDCamp berhasil mendapatkan 110.735 penerima manfaat, dengan hampir 30 ribu developer bersertifikat di seluruh program.

Sebanyak 1.538 developer difabel, 22,1% developer wanita, 28% partisipan dari luar Jawa, dan 81% partisipan berusia 18-25 tahun.

Tahun ini, peserta IDCamp 2022 bisa mendapatkan sertifikat global dengan lima tingkat keahlian mulai dari basic, beginner, intermediate, expert, dan professional dalam 8 spesialisasi pemrograman, yaitu Android Developer, iOS Developer, Web Developer, Machine Learning Developer, Multi-Platform Apps Developer, Front End Developer, Back End Developer, UI/UX Designer, Data Analytic, dan Data Scientist.