GadgetSquad.ID – Tidak hanya sekedar ingin mengembangkan bisnisnya di Tanah Air, Indosat Ooredoo pun ingin memberikan sumbangsihnya ke negeri ini. Kali ini bentuk kepedulian Indosat diwujudkan dalam sebuah kampanye bertajuk “Internet 101”.

Kampanye ini adalah bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar Edukasi, yang memiliki misi untuk mendukung pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital.

Untuk mewujudkan kampanye tersebut, Indosata Ooredoo berkolaborasi dengan jejaring sosial terbesar di dunia, yakni Facebook.

Lalu apa sejatinya kampanye “Internet 101” yang digagas Indosat Ooredoo bersama Facebook?

Internet 1O1, adalah sebuah kampanye nasional yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi mobile internet di Indonesia dan membantu pengguna internet pemula di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman yang optimal melalui berbagai pelatihan di cabang ritel Indosat Ooredoo dan toko-toko eksklusif, terutama di daerah pedesaan.

President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama, menuturkan, pihaknya bangga bekerja sama dengan Facebook di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran diantara pengguna internet pemula tentang peluang yang ditawarkan oleh internet.

“Kampanye nasional ini kan membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman,” ujar Ahmad.

Sementara itu merujuk data GSMA Mobile Economy Report tahun 2019 terungkap, penetrasi mobile internet diprediksi akan tumbuh hingga 69% pada tahun 2025, artinya ada 24 juta orang di Indonesia yang akan masuk ke ranah online.

Sayang, masih ada kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan pedesaaan. Sekitar 45% masyarakat tinggal di area pedesaan, yang mana angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain di Asia Pasifik, dan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan dapat membuat biaya pembangunan infrastruktur menjadi tinggi.

Riset GSMA juga menunjukkan bahwa 97% populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel tinggal di area pedesaan.

Terkait kondisi itu, Facebook yang diwakili, Francisco Varela, VP Global Mobile Partnership Facebook, menilai untuk mencegah kesenjangan digital dan pemanfaatan internet membutuhkan kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan.

“Facebook selalu menantikan untuk dapat berkolaborasi dengan mitra lokal guna mencapai inklusi internet, dan pada saat yang sama, menjaga komunitas yang aman dan memiliki informasi yang memadai agar dapat terhubung serta berbagi di ranah online,” terang Varela.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dalam kampanye ini untuk memanfaatkan keahlian kami, sehingga kami dapat membawa lebih banyak masyarakat Indonesia ke ranah online, serta memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang mumpuni agar tetap aman saat menggunakan teknologi dan platform digital,” imbuh Varela.

Kampanye Internet 1O1 akan menjangkau jutaan konsumen Indosat Ooredoo dalam setahun ke depan hingga 15 Oktober 2020 di seluruh Indonesia. Tim kami akan membantu konsumen untuk memberikan materi edukasi tentang internet. Konten tersebut dibuat dengan menggunakan kurikulum GSMA MISTT.