Fitur-fitur di Hp OPPO yang Bikin Beda dari Lainnya

GadgetSquad.id – Terkadang kita bertanya, sebenarnya apa sih beda antara smartphone Android satu dengan yang lainnya? Ini karena berbagai smartphone yang ada sama-sama mengadopsi OS Android. Sebenarnya ada beberapa fitur unik dari tiap merek smartphone yang membuat penggunanya merasa lebih seru dan lebih memudahkan saat memainkan smartphonenya. Seperti yang dilakukan oleh OPPO dengan mengembangkan sistem operasi ColorOS berbasis OS Android di berbagai tipe Hp OPPO.

Hp Oppo A92 (3)

Hingga saat ini OPPO sudah meng-update beberapa kali ColorOS-nya, dimana yang terakhir yaitu versi ColorOS 7. Selain membawa perubahan tampilan user interface (UI), di ColorOS 7 ini juga menyelipkan beberapa fitur unik yang membuat pengguna Hp OPPO merasakan perbedaan dalam memainkan hapenya. Berbagai fitur yang dibawa ColorOS 7 tersebut sudah bisa digunakan di beberapa tipe Hp OPPO, antara lain : OPPO Find X, Reno, Reno 10x Zoom, Reno2 dan perangkat yang sudah terinstalasi ColorOS 7 seperti perangkat terbaru OPPO: A52, A92, Reno3, Reno 3 Pro, Find X2, dan Find X2 Pro.

Baca juga : Review OPPO A92 – Desain Menawan dengan Kamera 4 Sekawan

Ini dia beberapa fitur seru di ColorOS 7 pada Hp OPPO :

Focus Mode

Fitur pada ColorOS 7 ini memungkinkan pengguna untuk terhindar dari ‘gangguan’ smartphone dan tetap focus pada hal yang sedang dikerjakan. Ketika Focus Mode diaktifkan, maka akan memblokir pesan, call, dan berbagai notifikasi yang masuk ke smartphone. Beberapa aplikasi juga akan dibatasi penggunaanya.

Digital Wellbeing

Terkadang saat kita menggunakan smartphone tidak mengenal waktu. Tanpa sadar sudah cukup lama di depan layar smartphone. Dengan fitur Digital Wellbeing, pengguna Hp OPPO bisa menseting timer untuk berbagai aplikasi yang ada di Hp OPPO. Jadi ketika sudah mencapai batas waktu timer, maka aplikasi tersebut akan di-pause. Selain itu fitur juga bisa menampilkan fitur apa saja yang sering diakses setiap hari beserta durasi lama penggunaannya

Split Screen

Fitur ini memungkinan pengguna untuk secara multitasking menjalankan dua aplikasi berbeda sekaligus dalam satu tampilan layar. Misalnya menonton YouTube sambil melakukan chatting.

Game Assistant

Fitur ini cocok bagi para yang hobi main game online. Ada berbagai fitur menarik di dalamnya yang bisa digunakan saat sedang bermain game. Seperti bisa menangkap tampilan layar (screen capture), merekam permainan (screen recording), membalas pesan masuk dan memblokir notifikasi selama bermain game. Bisa juga membantu meningkatkan performa game yang sedang dimainkan.

Game Space

Fitur memungkinkan kamu untuk meng-customize pengalaman saat bermain game. Misalnya bisa memilih menggunakan akses internet mana (wifi atau operator) dengan mudah, mengontrol penggunaan daya agar lebih hemat, hingga mengaktifkan fitur ‘Do Not Disturb’ agar tidak ada gangguan selama bermain game.

Soloop

Kalau fitur yang satu ini cocok buat yang hobi nge-Vlog. Karena tidak perlu lagi repot-repot mencari dan menginstall aplikasi video editor. OPPO sudah menyediakan aplikasi Video Editor bawaan bernama Soloop. Fitur ini memudahkan pengguna OPPO mengedit dan membuat video yang bagus. Bahkan fitur ini terbilang mudah digunakan untuk pengguna awam sekalipun.

Clone Phone

Buat kamu yang sering gonta-ganti Hp, terutama Hp OPPO, fitur ini akan sangat membantu. Karena fungsinya bisa memudahkan data di Hp lama ke Hp baru dengan mudah, Dengan Clone Phone, pengguna cukup memindai sebuah kode QR, kemudian data di Hp lama akan dipindah ke Hp baru secara nirkabel.

Smart Sidebar

Dengan fitur ini pengguna bisa lebih cepat membuka sejumlah aplikasi di Hp OPPO. Cukup usap garis kecil di bagian pinggir layar, maka akan muncul beberapa ikon aplikasi. Isi dari Smart Sidebar ini bisa diatur sendiri sesuai kebutuhan.

Screenshot

Di ColorOS 7 tetap mempertahankan cara melakukan screenshot dengan cukup mengusap layar ke bawah menggunakan tiga jari. Tapi ada fasilitas lain yang disediakan, yaitu bisa langsung share hasil screenshot dengan cara usap ke bawah layar setelah mengambil screenshot. Atau bisa juga mengambil screenshot dengan halaman memanjang melebihi ukuran layar, dengna cara usap layar ke atas.

Screen Recording

Nah fitur yang satu ini pasti berguna untuk yang suka bikin video tutorial atau mau merekam saat bermain game online. Karena fitur ini bisa merekam semua yang tampil di layar. Bahkan fitur ini juga bisa sekaligus  merekam audionya. Saat menjalankan fitur Screen Recording bisa di-pause terlebih dahulu dan dilanjutkan lagi nantinya.

Private Safe

Punya file rahasia yang disimpan di smartphone. Sepertinya kamu membutuhkan fitur yang satu ini. Karena fungsinya bisa mengamankan beragam data penting dan rahasia, seperti foto, video, rekaman audio dan lainnya.

Music Party

Fitur memunginkan memutar music di smartphone, kemudian suaranya bisa keluar dari speaker via koneksi Bluetooth. Seperti itu saja fungsinya? Tidak! Music Party memungkinkan untuk terkoneksi ke beberapa Bluetooth speaker atau perangkat lain sekaligus.

Multi-User Mode

Khawatir Hp OPPO digunakan oleh orang lain? Misalnya juga digunakan oleh anak. Sebaiknya aktifkan fitur ini, karena kamu bisa memilih mengaktifkan satu dari dua akun user berbeda (Owner dan Guest). Di mana di tiap akun user, kamu bisa menseting aplikasi apa saja yang bisa diakses dan mana yang tidak boleh.

Black Screen Mode

Selama ini saat menonton video di Youtube kemudian layar di-off-kan, maka baik video maupu audionya juga akan off. Kecuali jika kamu berlanggan YouTube Premium, maka bisa mendengarkan audio dari video YouTube yang sedang diputar. Sebenarnya tidak perlu berlangganan YouTube Premium, cukup aktifkan fitur Black Screen Mode.

Smart Assistant

Fitur ini memudahkan untuk mengetahui berbagai macam informasi yang tersimpan di Hp OPPO yang digunakan. Seperti informasi kuota internet yang terpakai, jumlah langkah yang dilakukan, informasi cuaca, jadwal meeting dan lainnya. Jadi semacam asistem pribadi digital.