realme XT – Best Innovation Smartphone (GadgetSquad Reviewers Choice)

GadgetSquad.id– Tahun ini persaingan smartphone di Indonesia semakin berwarna. Masing-masing merek menyuguhkan berbagai varian unggulan untuk saling berkompetisi merebut perhatian konsumen. Kehadiran merek baru juga menambah adrenaline bagi masing-masing pabrikan untuk berlomba-lomba memberikan produk terbaik mereka.

realme XT (13)

Namun nyatanya, realme sebagai merek baru membuktikan dirinya bukan hanya sebagai penggembira ditengah di pasar smartphone tanah air yang begitu ketat. realme sudah membuktikan pada satu tahun kemunculannya di Indonesia dengan prestasi.

Berdasarkan laporan dari Canalys, untuk periode Q2 2019, realme berhasil mengisi posisi kelima sebagai “Top Smartphone Vendors” di Indonesia. Kini, Menurut Quarterly Mobile Phone Tracker Q3-2019 dari IDC, realme mengalami pertumbuhan yang sangat cepat di pasar smartphone di Indonesia.

Berkat kegigihan dalam meluncurkan lini produk yang selalu mendapatkan gelar produk terbaik di segmennya, realme berhasil mencatat peningkatan penjualan hingga 2x lipat atau merebut pangsa pasar smartphone Indonesia sebanyak 12,6% hanya dalam waktu satu kuartal.

Sebelumnya dalam laporan IDC Q2 2019, realme berhasil mendapatkan pangsa pasar 6,1% dan pada Q1-2019 realme mendapatkan 1,4% pangsa pasar dan dibandingkan dengan Q1-2019, realme mengalami pertumbuhan sebesar 900% pada Q3 2019.

Tak banyak pabrikan seperti realme yang bisa mendapatkan prestasi yang sama dengan pencapaian Top 5 di Q2, dan Top 4 di Q3 di Indonesia dalam waktu singkat. Nah, tahun ini juga GadgetSquad memberikan penghargaan The Best Innovation Product 2019 pada salah-satu lini produk realme, yakni realme XT.

realme XT (13)

Diperkenalkan pada pertengahan tahun ini, realme XT hadir sebagai produk unggulan yang tetap ramah kantong. Membawa julukan sebagai Quad Camera Expert, realme XT menawarkan sejumlah keunggulan yang mulai dari kualitas hasil kamera, prosesor canggih dikelasnya, pengisian daya cepat 20W, dan layar setara smartphone kelas flagship. Berikut beberapa pertimbangan GadgetSquad mendapuk realme XT sebagai The Best Innovation Product 2019.

1. Empat Kamera Canggih dengan Sensor 64 MP

Kehadiran empat kamera pada realme XT kami nilai sebagai padanan yang pas bagi mereka pecinta fotografi mobile. Pada sesi Review yang kami lakukan, hasil realme XT sangat memuaskan. Ini berkat sensor utama yang teknologi ISOCELL Plus besutan Samsung.

Sensor Samsung GW1 64MP ini menggunakan teknologi piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6μm. Teknologi Tetracell dan 3D HDR akan memungkinkan pengguna mengambil foto-foto sejernih kristal dalam keadaan apa pun.

Sensor 1/1.72″ GW1 64MP ultra-besar, 34% lebih besar dari sensor 48MP dan fitur binning piksel cerdas 4-in-1, aperture besar f/1.8, serta lensa 6P dengan kemampuan menangkap cahaya yang superior, memberikan realme XT kemampuan fotografi tingkat flagship. Sensor kamera resolusi ultra tinggi 64MP pada realme XT ini menjadi yang tertinggi yang pernah ada di ponsel.

Pengaturan Quad Camera mampu mengambil foto beresolusi 9216×6912 yang sangat detail dalam mode Ultra 64MP. Ukuran foto akan 4 kali lebih besar dari pemotretan 16MP, memberikan detail yang sangat tajam saat diperbesar.

realme XT (13)

Teknologi AI yang mendukung fotografi di realme XT juga tak sekedar ada. Fitur ini diracik bersama dengan fotografer National Geographic terkemuka, Aaron Huey, yang sudah berpengalaman dibidangnya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati penyetelan kamera dalam berbagai keadaan seperti lautan, gunung, hutan, lanskap kota, dan sebagainya dengan hasil yang memukau.

Selain itu, realme XT hadir dengan 3 lensa tambahan: lensa ultra wide-angle, lensa ultra macro, dan lensa potret. Kamera ultra wide-angle memiliki bidang pandang 119 derajat yang memiliki besaran hingga 50% lebih luas dari ukuran normal, dan mesin DLDC realme dengan cerdas mengoreksi distorsi pada bagian tepi. Sedangkan lensa ultra macro memungkinkan pengguna untuk menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

Selain kamera utama, kamera depan realme XT dengan 16MP f/2.0 yang menggunakan sensor Sony IMX471 merupakan pilihan terbaik. Ikut dibekali dengan teknologi AI, hasil gambar akan lebih baik dan Anda juga akan dibantu dengan fitur editing yang disediakan.

Untuk perekaman video, realme XT punya pilihan yang lebih lengkap. Seperti perekaman dengan mode normal, 4K video recording pada 30fps, 1080p HD pada 30/60fps, 720 HD pada 30/60fps dan Slow Motion hingga 960fps. Hasil video realme XT juga sudah cukup stabil berkat EIS yang ada pada kamera depan maupun belakang.

2. Kinerja mantap dengan Snapdragon

Pemilihan chipset Snapdragon 712 kami nilai sebagai langkah yang cerdas untuk menggaet para pecinta realme yang didominasi oleh kalangan anak muda kreatif, yang mengidamkan smartphone bertenaga untuk mendukung berbagai aktivitasnya.

Snapdragon 712 AIE sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti; memiliki fitur proses 10nm, peningkatan clock menjadi 2,3 Ghz dengan 10% peningkatan kinerja keseluruhan dan 35% peningkatan kinerja grafis dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, mesin AI 3.0 sangat meningkatkan efisiensi dalam pengenalan suara, pemrosesan gambar, dan optimisasi.

realme XT (13)

Fitur menarik lainnya untuk mendukung hobi nge-game Anda adalah HyperBoost 2.0. Fitur ini  menghadirkan Game Boost 2.0 baru, menampilkan Frame Boost dan Touch Boost untuk menurunkan latensi game hingga 73,7%. Selain itu, UFS 2.1 Flash Storage memungkinkan Anda memuat dan memainkan game dengan lancar.

Dengan pilihan hingga RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, realme XT menjadi idola baru di kalangan anak muda.

3. Baterai besar dengan Fast Charging 20W

Kinerja yang baik serta dukungan baterai besar jelas menjadi pilihan utama pada saat ini. Selain baterai besar 4000 mAh, keunggulan realme XT ditambah dengan pengisian daya baterai super cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Dengan 20W VOOC Flash Charge 3.0 ini, pengguna hanya perlu 80 menit untuk mengisi penuh realme XT. Saat bermain game berat terus menerus selama 1 jam, teknologi pengisian daya canggih realme bahkan dapat mengisi ulang ponsel Anda hingga 51%, 5 kali lebih cepat dari pengisian normal sambil menjaga ponsel tetap dingin. Fitur hemat daya layar dan pendinginan AI semakin mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang usia baterai.

Sebagai smartphone kekinian, realme XT ikut dibekali lubang charger Type C. ini juga yang menjadikan realme XT kami anggap layak disebut sebagai produk innovator.

realme XT (13)

4. Layar AMOLED dengan harga terjangkau

Penggunaan layar Super AMOLED pada kelas flagship memang sudah lazim. Tapi realme lewat realme XT menawarkan kemewahan layar ini pada perangkat kelas menengah yang harganya lebih terjangkau dibandingkan produk-produk lainnya.

Panel layar yang umumnya digunakan oleh produk-produk kelas atas ini memiliki ukuran yang luas dan tajam, dengan resolusi FHD+ serta screen-to-body ratio 91,9%. Selain ketajaman dan keindahan warna yang ditampilkan, layar keren ini juga sudah tertanam sebuah fitur keamanan tingkat tinggi.

realme XT membawa keamanan in-display fingerprint. Sebuah teknologi berbasis biometrik ini memberikan kenyamanan dan keindahan dari sisi estetika. Perpaduan layar AMOLED dan fingerprint in display ini yang tidak dimiliki oleh kompetitor pada rentang harga yang sama.

realme XT (13)

  1. Desain keren

realme XT punya dua pilihan warna Pearl White dan Pearl Blue. Penyebutan ‘Pearl’ atau mutiara kami rasa sangat tepat dalam menggambarkan gradasi warna yang ditampilkan. Selain itu ada goresan multi-color, yang terlihat ketika cahaya memantul pada sudut tertentu.

Penggunaan lapisan kaca Curve 3D Gorilla Glass 5 pada bodi realme XT ikut menghasilkan efek glossy atau berkilau. Ini juga yang menjadikan realme XT tampak lebih mewah dengan visual yang elegan dan menarik sekaligus tahan goresan.

Bagian layar realme XT yang mengaodpsi notch kecil terlihat pas dengan padanan bezel tipis disekelilingnya menjadikan tampilan layar lebih lega. Semua padanan yang ditampilkan memberi kesan elegan.

realme XT

Nah dengan disain menarik, layar kelas flagship, kinerja terbaik dengan Snapdragon, kamera canggih 64 MP serta kehadiran baterai besar dan VOOC Flash Charge 3.0 20W menjadikan  value realme XT sebagai produk paling inovatif 2019 versi GadgetSquad. Selamat!