Review realme XT: Smartphone Penerus realme X dengan DNA Flagship Premium

1

realme XT (13)

realme XT hari ini resmi menyambangi Indonesia. Ini merupakan smartphone pertama realme dengan fitur kamera 64MP. Bisa dikatakan, realme XT merupakan langkah besar realme untuk melengkapi jajaran smartphone yang fokus pada inovasi, kamera, dan kinerja seperti pada produk-produk sebelumnya.

Nama XT sendiri kemungkinan diposisikan sebagai penerus realme X, sebuah flagship level premium dari realme yang menghadirkan inovasi terkini.

Lalu apakah realme XT ini cocok untuk dijadikan daily driver untuk Kamu? Kami mulai ulasan produk ini dari bagian desain.

realme XT (13)

Disain

realme XT memiliki dua pilihan warna Pearl White dan Pearl Blue, unit yang kami uji ini adalah yang berwarna Pearl Blue. Penyebutan ‘Pearl’ atau mutiara kami rasa sangat tepat dalam menggambarkan gradasi warna yang ditampilkan. Selain itu ada goresan multi-color, yang terlihat ketika cahaya memantul pada sudut tertentu.

realme XT (13)

Penggunaan lapisan kaca Curve 3D Gorilla Glass 5 pada bodi realme XT ikut menghasilkan efek glossy atau berkilau. Ini juga yang menjadikan realme XT tampak lebih mewah dengan visual yang elegan dan menarik sekaligus tahan goresan namun tetap enak digenggam.

Baca juga: Realme XT Bawa Kamera 64 Mpix Segera Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!!

Pada panel belakang Kamu bisa melihat susunan kamera yang sekilas mirip realme 5, kecuali untuk sensor utama, yang kini sudah menggunakan 64MP. Ada tulisan ‘AI Camera ‘dengan simbol empat lensa yang terukir di dekat lampu kilat LED. Modul kamera sedikit menonjol ke luar, tapi untungnya, ada case pelindung di dalam paket penjualan yang membantu meratakan tonjolan.

realme XT (13)

Di sisi kanan dan kiri pada panel belakang berbentuk curve atau sedikit melengkung. Mungkin dimaksudkan agar realme XT tetap tampak langsing dan enak digenggam meski menyandang baterai besar. Logo realme di letakan di bawah dengan posisi vertikal.

Baca juga: Bakal Segera Rilis, Begini Skor Ketangguhan Dapur Pacu Realme X2 Pro

Di bagian bawah terdapat lubang charger Type-C, lubang jack audio 3,5mm dan juga lubang speaker. Sementara tombol volume rocker ada di samping kiri berdampingan dengan tray sim card dan microSD, sedangkan letak tombol power ada di kanan dengan aksen keemasan.

realme XT (13)

Layar AMOLED

Sebagai smartphone dengan rentang harga Rp 3-4 jutaan, rasanya realme XT terlalu mewah. Bukan hanya soal penampilannya saja tapi karena realme XT hadir dengan layar FHD+ Super AMOLED 16,3 cm (6,4”) yang tajam dan jernih.

realme XT (13)

Layarnya pun tampak lebih luas berkat teknologi dispensing presisi tinggi yang ditingkatkan dan teknologi pengemasan COF memungkinkan ponsel mencapai rasio layar-ke-bodi 91.9%. Wow!

Baca juga: Baru Setahun di Indonesia, realme MasukTop 5 Smartphone Brand di Indonesia

Buat Kamu yang senang berlama-lama dengan smartphone, realme XT sudah dibekali mode malam built-in yang akan melindungi mata kamu saat membaca atau bermain game dalam kondisi kurang cahaya. Layar Super AMOLED juga akan menghemat lebih banyak daya saat mode malam aktif.

 

Di bagian atas layar terdapat notch kecil berbentuk mini drop untuk menampung kamera depan. Notch kecil ini tak akan mengganggu kenyamanan Kamu ketika menonton video atau memainkan game. Layar realme XT ini juga telah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 yang punya reputasi baik melindungi layar dari goresan.

realme XT (13)

Di dalam layar realme XT ini juga terdapat sensor in-display fingerprint. Modul pemindai sidik jari milik realme XT menggunakan optik terbaru dari Goodix 3.0, menghadirkan sistem identifikasi multi-monitor dan menambahkan filter yang dapat mengidentifikasi warna untuk pengalaman membuka kunci yang lebih aman.

Baca juga: Realme 5 Ludes Terjual 12 Ribu Unit di Online Flash Sale Perdana

Solusi terbaru menggandakan area sensitivitas, meningkatkan intensitas sinyal hingga 40%, dan hanya membutuhkan rata-rata 334 milisecond untuk membuka kunci ponsel. Ini adalah salah satu pengalaman sidik jari tercepat di pasar saat ini bahkan dibandingkan dengan beberapa pemindai sidik jari tradisional.

Quad Camera 64MP Rasa Flagship

Untuk kamera, realme XT telah dikemas untuk berbagai mode fotografi. Kemampuannya tak perlu diragukan lagi berkat sensor utama yang teknologi ISOCELL Plus besutan Samsung. Sensor Samsung GW1 64MP ini menggunakan teknologi piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6μm. Teknologi Tetracell dan 3D HDR akan memungkinkan pengguna mengambil foto-foto sejernih kristal dalam keadaan apa pun.

realme XT (13)

Sensor 1/1.72″ GW1 64MP ultra-besar, 34% lebih besar dari sensor 48MP dan fitur binning piksel cerdas 4-in-1, aperture besar f/1.8, serta lensa 6P dengan kemampuan menangkap cahaya yang superior, memberikan realme XT kemampuan fotografi tingkat flagship. Sensor kamera resolusi ultra tinggi 64MP pada realme XT ini menjadi yang tertinggi yang pernah ada di ponsel.realme XT (13)

Pengaturan Quad Camera mampu mengambil foto beresolusi 9216×6912 yang sangat detail dalam mode Ultra 64MP. Ukuran foto akan 4 kali lebih besar dari pemotretan 16MP, memberikan detail yang sangat tajam saat diperbesar.

realme XT (13)

Teknologi AI yang mendukung fotografi di realme XT juga tak sekedar ada. Fitur ini diracik bersama dengan fotografer National Geographic terkemuka, Aaron Huey, yang sudah berpengalaman dibidangnya. Dengan begitu, Kamu bisa menikmati penyetelan kamera dalam berbagai keadaan seperti lautan, gunung, hutan, lanskap kota, dan sebagainya dengan hasil yang memukau.

realme XT (13)

Selain itu, realme XT hadir dengan 3 lensa tambahan: lensa ultra-wide angle, lensa ultra-macro, dan lensa potret. Kamera ultra wide-angle memiliki bidang pandang 119 derajat yang memiliki besaran hingga 50% lebih luas dari ukuran normal, dan mesin DLDC realme dengan cerdas mengoreksi distorsi pada bagian tepi. Lensa ultra-macro memungkinkan pengguna untuk menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

realme XT (13)

Buat yang gemar selfie atau bikin vlog, kamera depan realme XT dengan 16MP f/2.0 yang menggunakan sensor Sony IMX471 rasanya sudah lebih dari cukup. Apalagi dengan bantuan teknologi AI, hasil gambar akan lebih baik dan Kamu juga akan dibantu dengan fitur editing yang disediakan.

realme XT (17)

Untuk perekaman video, realme XT punya pilihan yang lebih lengkap. Kamu bisa menemukan perekaman dengan mode normal, 4K video recording pada 30fps, 1080p HD pada 30/60fps, 720 HD pada 30/60fps dan Slow Motion hingga 960fps

realme XT (13)

Hasil video realme XT juga sudah cukup stabil berkat EIS yang ada pada kamera depan maupun belakang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kinerja Pas untuk Nge-game

Bagi kamu yang akan meminang realme XT untuk bermain game sangat pas. Kinerja realme XT yang ditopang dengan Snapdragon 712 AIE ini menjanjikan peningkatan kinerja 10% dibandingkan dengan SoC generasi sebelumnya.

realme XT (13)

Snapdragon 712 AIE sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti; memiliki fitur proses 10nm, peningkatan clock menjadi 2,3 Ghz dengan 10% peningkatan kinerja keseluruhan dan 35% peningkatan kinerja grafis dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, mesin AI 3.0 sangat meningkatkan efisiensi dalam pengenalan suara, pemrosesan gambar, dan optimisasi.

realme XT (13)

Fitur menarik lainnya untuk mendukung hobi nge-game kamu adalah HyperBoost 2.0. Fitur ini  menghadirkan Game Boost 2.0 baru, menampilkan Frame Boost dan Touch Boost untuk menurunkan latensi game hingga 73,7%. Selain itu, UFS 2.1 Flash Storage memungkinkan Kamu memuat dan memainkan game dengan lancar.

realme XT (13)

realme XT (13)

Kamu dapat menyimpan semua game ke dalam Game Space dan menikmati pengalaman gaming yang lebih mendalam. Mode Do-Not-Disturb dan pop-up semi-transparan dapat membantu fokus dalam bermain game.

realme XT (13)

Pengisian Baterai Cepat

Kamu juga tak perlu kuatir dengan daya tahan baterai realme XT. Selain sudah dibekali dengan baterai besar 4000 mAh, realme XT juga dilengkapi dengan pengisian daya baterai super cepat VOOC Flash Charge 3.0.

realme XT (13)

VOOC Flash Charge 3.0 dengan besaran 20 watt hanya perlu 80 menit untuk mengisi penuh realme XT. Saat bermain game berat terus menerus selama 1 jam, teknologi pengisian daya canggih realme bahkan dapat mengisi ulang ponsel kamu hingga 51%, 5 kali lebih cepat dari pengisian normal sambil menjaga ponsel tetap dingin. Fitur hemat daya layar dan pendinginan AI semakin mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang usia baterai.

realme XT (13)

Terakhir, realme XT dikemas dengan ColorOS 6 terbaru yang merupakan hasil kolaborasi mendalam realme dengan para fans dan komunitas. ColorOS ini menawarkan sejumlah fitur bawaan yang menarik, selain yang sudah disebutkan diatas. Smart Driving dan Smart Riding yang berguna untuk menghalau notifikasi ketika pengguna sedang berkendara, juga ada fitur digital wellbeing atau kesehatan digital.

Fitur ini secara cerdas mengamati seberapa lama pengguna berinteraksi dengan smartphone, berapa kali membuka aplikasi dan berapa kali notifikasi yang diterima. Bahkan pengguna dapat mengatur timer untuk aplikasi, jika timer berakhir aplikasi akan dijeda seharian.