Acer Predator Gaming Monitor XB252Q : Layar 240 Hz, Nge-Game Bikin Betah !

Untuk para PC gamer, bicara soal komponen PC buat nge-game pastinya yang pertama diinget adalah GPU atau Graphic Processor Unitnya. Meskipun perannya sangat penting sebagai otak pengolah grafis, tapi monitor juga berperan untuk memunculkan olahan grafis agar tidak terjadi battleneck.

Pada artikel kali ini, kami berkesempatan untuk mencoba monitor Gaming dari Acer yaitu, Acer Predator Gaming Monitor XB252Q berikut ulasannya.

Desain

Dari segi desain, Acer Predator Monitor XB252Q menawarkan tampilan yang elegan dengan bezel yang cukup tipis. Monitor gaming LCD 24,5 inci dengan aspect ratio 16:9 ini menggunakan backlight LED dengan panel tipe TN (Twisted Nematic) yang memiliki kemampuan menghasilkan variasi warna hingga 16,7 juta warna di resolusi 1920 x 1080 piksel.

Untuk pemasanganya pun cukup mudah, cara untuk menghubungkan kaki-kaki monitor berbentuk huruf X dengan tiang penyangga menggunakan dua buah baut, setelah terpasang kemudian selanjutnya memasangkan monitornya lewat mounting yang ada dibelakang monitor. Mounting ini juga berfungsi sebagai vesa mount, yang bisa memungkinkan Monitor gaming ini juga bisa dipasang ke dinding menggunakan bracket dengan Kompatibility VESA Mount.

Layar Fleksibel Bisa Diputar 90 Derajat

Menariknya, kaki penopangnya bisa diatur ketinggiannya yang bisa ditingkatkan hingga 6.5 cm dari titik yang paling rendah. Selain itu juga bisa digerakan memutar ke kiri atau kanan hingga 45° dengan posisi penggunanya yang paling nyaman.

Selain itu bisa digunakan dalam mode Horizontal, pengguna bisa memiringkan layar dan mengubah ke mode Vertikal untuk pengalaman visual yang lebih baik. Layar Monitor juga bisa dimiringkan ke atas atau kebawah yang cocok digunakan baik di meja rendah atau tinggi.

Konektivitas

Acer Predator Monitor XB252Q memiliki ragam konektivitas seperti port DC-IN, audio, satu port HDMI, satu port Display Port, dan jack audio 3,5mm. Konektor HDMI dan Display Port 1.2 memastikan monitor ini siap menampilkan resolusi Full-HD dengan tingkat refresh rate 240 HzHz sekaligus memanfaatkan teknologi NVidia Sync.

Dan untuk memudahkan penggunanya, selain itu ada dua tambahan port USB 3.0 di sebelah kiri layar. Sedangkan dibagian kanan bawah belakang layar, ada beberapa button untuk mengakses menu, menariknya ada joystick yang bisa digunakan untuk mengakses menu setting. Pengoperasian menu akan semakain lebih mudah tanpa harus melihat tombol itu sendiri. Pada saat menekan joy stick akan menampilkan beberapa menu dilayar seperti, Picture, color, audio, Gaming Mode, OSD dan System.

Layar & Experience Gaming

Untuk mendukung dan meningkatkan performa monitor, Acer Predator Monitor XB252Q menawarkan banyak fitur dan teknologi terkini untuk menjamin kepuasan bermain game. Salah satunya adalah teknologi G-Sync dan NVIDIA ULMB yang didesain untuk meningkatkan performa monitor. Selain itu, teknologi tersebut bisa menyesuaikan performa refresh rate pada GPU sehingga meminimalisir layar yang kabur ataupun pecah.

Saat kami mencoba untuk bermain game The Witcher, tampilan game di layar memiliki saturasi warna yang baik dengan tingkat kecerahan yang tepat dan menghasilka  kualitas gambar yang sangat detail.

Untuk mendukung pengalaman bermain game lebih baik, dengan hadirnya fitur Motion Blur Reduction, respon time monitor ini dapat meninggkat hingga 1 milisecond sehingga sanggup menghasilka kualitas tampilan bebas dari ghosting. Dan menurut kami tingkat response time setinggi ini bisa dibilang sangat ideal dan cocok untuk penggunaan bermain game.

Harga & Kesimpulan

Untuk harganya sendiri, Monitor gaming Acer XB252Q dibanderol dengan harga Rp. 10 jutaan. Dengan panel TN resolusi FHD dan ukuran layar 24,5 inci monitor ini punya refresh rate 240 Hz dan 1 ms response time. Selain itu juga bisa memberikan tingkat akurasi warna dan mengurangi motion blur pada gambar yang mampu meningkatkan pengalaman bermain bagi penggunanya.