Huawei MatePad R : Fitur Lengkap, Pas Untuk WFH !

Adanya pandemi virus corona (Covid-19) menciptakan cara kerja baru, yaitu bekerja dari rumah Huawei MatePad Ratau work from home (WFH). Di kondisi seperti sekarang ini, tentunya membutuhkan perangkat yang bisa menunjang produktivitas kerja. Misalnya tablet yang berukuran layarnya sedang, mudah dibawa, dan digunakan. Dengan tablet, juga bisa mengerjakan pekerjaan kantor ataupun kreatif seperti mendesain, edit foto dan video secara profesional.

Salah satunya adalah Huawei MatePad R, dibanderol dengan harga Rp. 4.499.000 tablet ini menawarkan performa yang cukup baik dikelasnya untuk mendukung aktivitas harian. Seperti apa fitur dan keunggulan tablet ini ? Simak ulasannya berikut ini.

Desain Stylish & Ringan

 mengusung desain yang sederhana, minimalis, ringan, tapi tidak terkesan murahan. Itulah kesan pertama kami saat memegang perangkat ini. Warnanya hanya hadir dengan satu opsi warna saja yaitu, Midnight Grey. Bodi MatePad R terbilang sedikit licin meskipun tampilan bodinya doff.

Di Bagian belakang hanya dilengkapi tulisan Huawei di bagian tengah. Sementara, kamera ditempatkan di sudut kanan, yang sejajar secara vertikal dengan LED Flash. Jujur menurut kami, penempatan logo Huawei dan kamera ini membuat tampilannya lebih clean dan elegan.

Selain itu, di tiap sisinya MatePad R mengusung sudut sedikit membulat (rounded) yang nyaman saat dipegang. Bodinya tidak terlalu tebal (7,35mm) dan bobotnya juga sangat ringan (460 gram) sehingga nyaman pas untuk dibawa berpergian.

Layar

Pindah ke bagian layar, MatePad R mengusung desain layar 2K FullView dengan ukuran 10,4 inci. Jenis layar yang digunakan adalah IPS dengan tingkat kecerahan 470 nits beresolusi 2.000×1.200 piksel 224 ppi dan 70,8 persen color gamut NTSC. Untuk pengguna yang suka menonton film streaming, layar di tablet ini bisa mereduksi cahaya biru secara signifikan guna melindungi kesehatan mata.

Yang paling menyenangkan dari layar tablet MatePad R ini adalah penempatan kamera di bezel atas (tampilan lanskap). Hal ini sangat berguna untuk pengguna tablet yang sering melakukan video conference untuk keperluan pekerjaan atau sekolah. Dengan demikian, mata pengguna bisa langsung melihat ke arah kamera di posisi landscape bukan ke arah samping kiri.

Menurut kami, hal sederhana seperti ini membuat penggunaan perangkat untuk bekerja atau sekolah online jadi lebih optimal. Apalagi, tablet ini juga dibekali dengan sistem 4-mikrofon canggih yang bisa mengambil suara dengan fitur pengurangan kebisingan yang memastikan komunikasi dengan lancar.

E-Book Mode

Untuk anda yang gemar membaca buku secara digital, Huawei MatePad R memiliki beberapa fitur menarik untuk mendukung kebutuhan tersebut dan memberikan kenyamanan untuk penggunanya.

 

Dengan fitur e-book mode tablet ini akan membuat layar berwarna hitam putih ketika dipakai membaca. Dengan begitu mata tidak akan terasa pedih meski berlama-lama melihat layar. Ada juga opsi Eye Comfort, yang memungkinkan pengguna lebih nyaman menatap layar dengan mengubah tone layar jadi kekuningan.

Huawei Mobile Service (HMS)

Walaupun hadir tanpa dukungan dari Google Mobile Service, sebagai solusi Huawei sudah menghadirkan toko aplikasi bernama AppGallery yang menyediakan berbagai aplikasi penunjang kebutuhan sehari-hari untuk penggunanya.

Aplikasi perbankan, berita, game,  e-commerce, streaming musik, media sosial, Office, hingga operator sudah ada di toko aplikasi ini. Tapi Huawei juga mengklaim sudah banyak aplikasi lokal yang hadir di AppGallery. Misalnya, untuk pembelajaran digital, ada aplikasi Ruang Guru.

Jika dirasa kurang, pengguna juga bisa menggunakan Petal Search untuk mempermudah pencarian aplikasi. Mesin pencari ini akan membantu menemukan apk dari sumber yang terpercaya. Selanjutnya pengguna diminta untuk mengunduh file apk dan menginstalnya pada tablet.

 

Opsi lain untuk memenuhi kebutuhan aplikasi adalah dengan Tablet Clone. Pada fitur ini memungkinkan penggunanya memindahkan aplikasi dari smartphone lama ke tablet MatePad. Cara cukup mudah, pengguna hanya perlu memasang Phone Clone di smartphone, menghubungkan kedua perangkat, kemudian memilih aplikasi yang hendak dikloning ke tablet MatePad. Untuk hal yang satu ini, pengguna harus ingat bahwa tidak semua aplikasi yang di kloning dapat berjalan di MatePad R, terutama jika aplikasi tersebut merupakan besutan vendor lain seperti Samsung Notes.

Multi Screen Collaboration

Selain itu untuk memudahkan penggunaan, hadirnya fitur Multi-Screen Collaboration memudahkan terkoneksi dengan ponsel Huawei. Dengan fitur ini Multi-Screen memfasilitasi interaksi lintas perangkat yang mulus dengan MatePad R, sehingga pengguna bisa memproyeksikan layar ponsel ke Tablet. Hal tersebut juga nggak tidak hanya memungkinkan untuk memakai aplikasi ponsel dan mengedit file ponsel di tablet, tetapi juga untuk menarik file antar dua perangkat dengan lebih mudah.

Multi Windows

Fitur selanjutnya yang mendukung WFH adalah multi-window. Fitur ini memungkinkan kita bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan di satu layar. Misalnya saja ketika ingin mengedit warna foto dengan aplikasi adobe lightroom mobile dan melihat video tutorialnya dalam satu layar. Fitur ini juga sangat cocok untuk anda yang ingin mengerjakan beberapa aktivitas atau pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Mendukung Stylus Pen (HUAWEI M Pencil)

Tablet ini juga sudah mendukung penggunaan untuk aksesori stylus M-Pencil Huawei. Dengan fitur ini, banyak hal bisa kita lakukan dengan kreatif terutama untuk anda yang hobi melukis atau desain secara digital.

Apalagi, ditambah dengan fitur Desktop Mode penggunaan di tablet ini jadi lebih optimal. Dengan fitur ini akan membuat tampilan menu tablet menjadi sistem operasi Windows. Mengakses menu-menu di MatePad R jauh lebih mudah dengan menggunakan tambahan aksesoris Huawei Matepad Mate Pad 10.4 Leather Case Keyboard Bluetooth mouse Bluetooth yang bisa terkoneksi langsung.

Performa Kencang Di Kelasnya 

Dapur pacu MatePad R didukung dengan chipset Kirin 820, RAM 4GB, dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas hingga 512GB lewat micro SD card. Secara keseluruhan, untuk mendukung tugas-tugas harian seperti video conference, mengetik, bermain media sosial, dan chatting, semuanya bisa dijalankan dengan lancar.

MatePad R menggunakan antarmuka EMUI 10.1 yang berbasis Android 10. Selama penggunaan, antarmukanya sangat intuitif dan smooth. Perpindahan antar aplikasi juga di tablet ini sangat lancar dan tidak lemot. Bisa dibilang, secara performa MatePad R bisa mendukung penggunaan sehari-hari dengan baik. Hal ini juga bisa dilihat pada hasil antutu benchmarknya, yang mampu meraih skor di angka 293 ribuan.

Selain itu, untuk menguji performa nya kami mencoba memainkan dua game esport yang cukup populer saat ini yaitu, PUBG Mobile dan COD Mobile. 

Pada game PUBG Mobile, untuk settingan grafiknya tablet ini mampu menyuguhkan opsi grafik HDR dengan option frame raten hingga Ultra. Selama memainkan game ini cukup berjalan dengan stabil, di beberapa part grafik ramai pun game masih sangat playable. Selain itu, tekstur dan detail gambar yang dihasilkan menurut kami memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik.

Lanjut di game kedua, masih di game FPS yaitu Call Off Duty Mobile, untuk settingan grafiknya, bisa dimainkan very high dengan opsi  frame ratenya very high. Selama bermain game, tracking pergerakannya saat kami coba sangat smooth, secara visual, untuk kualitas detail gambar cukup baik dan Grafik ramai juga tidak ada part gambar yang tertinggal. Jujur untuk sebuah ukuran tablet, menurut kami MatePad R mampu memberikan performa yang sangat baik untuk memainkan game-game kekinian.

Kamera

Di Bagian kamera, Tablet ini didukung kamera utama 8MP dengan dukungan autofokus dan flash. Sedangkan kamera selfie-nya dibekali dengan lensa ultra wide dengan sensor 8MP. Ada beberapa mode yang dibawa seperti mode pro, panorama, dan HDR.

Foto yang dihasilkan cukup terbilang bisa diandalkan meskipun bukan yang terbaik. Hal ini tentunya sangat bisa dimaklumi dan tentu tidak mengganggu pemakaian sehari-hari, karena tablet memang bukan perangkat yang dipakai untuk mendukung fotografi, melainkan untuk produktivitas dan hiburan.

Adapun fitur kamera lain yang sangat membantu dan berguna saat melakukan video conference WFH yakni, fitur FollowCam yang berada di menu aksesibilitas. Dengan fitur ini, memungkinkan kamera mengikuti gerakan penggunanya saat video call/ conference.

Audio Imersif

Untuk urusan audionya Huawei MatePad R dilengkapi dengan quad-speaker dan sistem quad-Channel sound harman kardon certified, jadi tidak usah di raguin lagi kualiatsnya dan sangat cocok untuk anda yang suka nonton streaming. Apalagi dengan stereo Histen 6.0 3D, anda bisa menikmati bidang suara imersif yang lebih optimal.

Daya Tahan Lama

Untuk mendukung semua aktifitas pada tablet ini, daya tahan hidupnya buat ngedukung penggunaan secara mobile. Huawei Mate Pad R dibekali dengan baterai berkapasitas 7.250mAh dengan teknologi super charge 10W yang awet digunakan. Untuk penggunaan normal, tablet ini bisa bertahan hingga 2 hari.

Kesimpulan

Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, kami cukup terkesan dengan performa dan pengalaman penggunaan Huawei MatePad R. Performanya sangat smooth dalam mendukung aktivitas work/school from home, baik itu untuk digunakan untuk, video conference, membaca eBook, browsing, chatting, gaming, ataupun streaming musik dan film.

Secara keseluruhan, MatePad R sangat relevan untuk mendukung kegiatan WFH atau sekolah online. Bagi anda yang tertarik dengan tablet ini, MatePad R di banderol dengan harga Rp. 4.499.000,-