Review ASUS Chromebook Flip C436 : Laptop Chrome OS Premium !

Chromebook, laptop yang awalnya ditujukan untuk pelajar ini kini semakin meningkatkan performa nya dan memperluas jangkauan penggunaannya. Jadi tidak hanya diperuntukan untuk pelajar saja, tapi kini juga bisa difungsikan untuk para pekerja ataupun content creator.

Salah satunya adalah laptop ChromeBook terbaru dari Asus ini. Memiliki desain kokoh dan ringan, performa powerful, dan konektivitas cukup lengkap. Ini dia, ASUS Chromebook Flip C436.

Desain

ASUS Chromebook Flip C436 ini merupakan laptop dengan konsep mobilitas tinggi, itulah kenapa laptop ini tetap hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobot nya hanya 1,1 kilogram dengan ukuran 319.54 x 205.3 x 13.76 mm dan  tebal 13,7 mm yang membuat  laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian.

Jujur secara secara desain, kami suka dengan laptop ini. Desainnya cukup stylish dan tampak profesional. Di bagian cover perpaduan dari warna putih dan logo embossed logo Asus metalik membuat terlihat elegan.

Selain bobotnya yang memang ringan karena penggunaan material rangka yang terbuat dari magnesium alloy, laptop ini juga memiliki rancang bangun yang solid dan kokoh dengan build quality yang cukup baik. Hal ini terbukti karena laptop ini memiliki engsel yang bisa dibuka dengan mudah hanya dengan satu tangan, dan kepraktisan ini karena Asus merancang bagian engselnya dengan baik.

Layar

Pindah ke bagian layar, ASUS Chromebook Flip C436 hadir dengan ukuran 14 inci jenis panel FHD dan color gamut 100% sRGB. Dibagian bezel layar, di kedua sisi kanan dan kirinya, laptop ini hadir dengan bezel yang cukup tipis hanya 4,9 mm. Di bagian atas, bezel nya sedikit lebih tebal dengan ukuran 6,5 mm. Sangat bisa dimaklumi karena sebagai tempat di mana posisi webcam berada. Karna desain layarnya memiliki tampilan NanoEdge 4 sisi dengan screen-to-body ratio sampe 85%, sekilas laptop ini terlihat seperti ultrabook yang mengusung layer 13 inci.

Sebagai laptop convertible, ASUS Chromebook Flip C436 hadir dengan layar yang bisa diputar 360 derajat. Karena layarnya yang fleksibel, laptop ini bisa digunakan dalam berbagai mode, termasuk mode tablet yang membuat laptop ini digunakan layaknya sebuah kanvas digital. Agar bisa lebih produktif, layar ASUS Chromebook Flip C436 ini sudah mendukung penggunaan stylus dengan 4096 pressure level. Untuk anda yang yang hobi menggambar, desain atau mengedit foto bisa memaksimalkan fitur ini yang membuat nyaman untuk berkarya dengan dukungan stylus.

Keyboard

Keyboard pada laptop ini cukup memberikan kenyamanan saat kami coba gunakan untuk mengetik, jarak antara key pun cukup renggang sehingga meningkatkan akurasi pengetikan. Selain itu dilengkapi juga dengan LED backlit, yang artinya pengguna masih bisa mengetik walaupun dalam kondisi kurang cahaya.

Di bagian atas ada beberapa tombol yang berfungsi secara default. Seperti refresh, task view,  dan tombol tombol untuk mengatur volume atau meningkatkan kecerahan layar. Hadirnya tombol searching di bawah tombol tab juga menurut kami cukup membantu dan mempermudah ketika kita ingin melakukan penelusuran di browser.

Jika diperhatiin, pada bagian sebelah kanan atas tepat nya di atas tombol backspace, terdapat tombol sensor fingerprint, yang tentunya memberikan cara cepat dan rasa aman buat penggunanya untuk masuk ke dalam sistem tanpa kata sandi. Menariknya, karena detail sidik jari tersimpan Chromebook itu sendiri, bukan di cloud, jadi sidik jari pengguna di laptop ini tersimpan dengan aman. Lock Screen cukup menekan tombol Lock yang terletak di sebelah tombol fingerprint, lalu jika ingin login cukup menekan tombol fingerprint lagi, cepat, simpel dan aman. Good Job Asus !

Soal kenyamanan pake, menurut kami keyboardnya memiliki feel yang cukup dalam sehingga nyaman ketika digunakan saat mengetik. Ditambah lagi dengan dukungan desain ErgoLift yang membuat posisi mengetik jadi makin nyaman dan juga membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Sedangkan bagian touchpad, area touchpad nya hadir dengan ukuran yang cukup luas tanpa dedicated button dengan permukaan cukup licin. Selama penggunaan kami merasa cukup nyaman walaupun tanpa menggunakan mouse. Hadirnya Precision Touchpad di laptop ini juga mendukung gerakan swipe tiga jari ke samping kanan atau kiri untuk memilih tab browser yang akan kita buka dan swipe tiga jari ke atas untuk membuka Task View yang memudahkan penggunaan saat bekerja secara multitasking.

Konektivitas

Soal kelengkapan konektivitasnya, ASUS Chromebook Flip C436 ini hadir dengan beragam port yang cukup lengkap. Di sisi kiri terdapat USB 3.2 Gen 1 Type-C®, indikator untuk baterai, Jack Audio, tombol volume dan tombol power. Pindah di sisi kanan terdapat kensington lock, 1 port USB 3.2 Gen 1 Type-C dan slot MicroSD.

Sebagai laptop ringkas yang mengedepankan mobilitas, laptop ini juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi WiFi dari Intel®  WiFi 6 (802.11ax) & ASUS Wi-Fi Master ChromeBook yang membuat laptop ini tetap bisa terkoneksi dengan internet dan Bluetooth® 5.0 buat berbagai aksesoris nirkabel bisa terhubung secara leluasa. Jika ingin mendapatkan koneksi internet yang lebih stabil, pengguna bisa memaksimalkan menggunakan adapter RJ45 yang sudah tersedia di dalam paket penjualan.

Performa

Untuk mendukung kinerjanya, ASUS Chromebook Flip C436 disokong dengan prosesor Intel® Core™ i5-10210U 1.6GHz dual-core with Turbo Boost (up to 4.2 GHz) and 6 MB cache dengan grafis Intel UHD.

Menariknya lagi, chipset yang dibawanya sudah mendapatkan sertifikat Intel Project Athena. Hal ini tentunya memastikan kinerja dari laptop ini bisa lebih stabil, jadi penggunanya bisa mendapatkan pengalaman terbaik selama penggunaan.

Selama kami mencoba laptop ini, prosesor Intel Core i5 seri 10210U ini cukup menunjukan performa nya yang kencang untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa prosesor atau CPU, misalnya ketika browsing, pekerjaan multitasking, menonton film, hingga mengedit konten. Tidak hanya dibekali dengan kinerja mumpuni, laptop ini juga didukung dengan kapasitas RAM sebesar 8GB LPDDR3 dan storage yang tipe SSD dengan ukuran 256GB. Jika dirasa kurang, pengguna juga bisa mengupgrade laptop ini dengan RAM sampai dengan kapasitas 16 GB dan storagenya sebesar 512 GB.

Chrome OS

Bagi pengguna yang awam dengan laptop ChromeBook, sesuai dengan namanya sistem operasinya jelas menggunakan Chrome OS. Yup, Chrome OS merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang oleh perusahaan Google yang dirilis pada tahun 2010 lalu untuk versi stabilnya.

Jika kalian pengguna Chrome browser, pastinya tidak akan asing dengan Chrome OS ini. Tampilan dan Fitur yang ada di sistem operasi ini sangat familiar dan identik dengan Chrome browser yang sering dipakai oleh kebanyakan orang. 

Pada saat pertama kali menyalakan sistem operasi milik Google ini,pengguna akan diminta untuk login ke akun Google. Setelah login, pengguna akan disambut dengan tampilan desktop yang bersih dan simple. Jadi, Chrome OS ini sudah terintegrasi dengan semua layanan Google seperti, Google Drive, Google Docs, Gmail, Google Plus, dan juga Play Store.

Ingin bermain game favorit yang biasa dimainkan di smartphone Android, bisa langsung di install di sini. Atau, untuk pengguna yang hobi mengedit foto menggunakan VSCO ataupun Lightroom bisa mendownload aplikasi tersebut di PlayStore kemudian di Install.

Sederhananya, menurut kami laptop ini seperti smartphone android yang dipindahkan ke laptop, tidak butuh waktu lama untuk penyesuaian selama penggunaan. Dan tidak butuh waktu lama juga ketika pas booting, di chrome OS ini hanya membutuhkan waktu dibawah 10 detik saja sampai siap digunakan.

Audio

Untuk anda yang gemar mendengarkan musik, ataupun hobi menonton film streaming, Asus ChromeBook Flip C436 memiliki kualitas audio jempolan. Laptop dibekali dengan Quad-Speaker harman/kardon certified yang bisa memanjakan telinga dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, laptop dibekali dengan kapasitas baterai 42 Wh 3-cell Li-Polymer yang sangat mendukung penggunaan secara mobile, yang diklaim bisa bertahan hingga 12 jam penggunaan secara normal. Apalagi, sudah juga didukung dengan fitur fast charge, USB C Power Delivery. 

Kesimpulan

Kesimpulan menurut kami, Asus ChromeBook Flip C436 merupakan sebuah laptop modern dengan desain tipis dan bobot ringan, yang menawarkan kemampuan kinerja tinggi karena dukungan prosesor Intel Generasi 10 yang powerful.

Selain itu juga memiliki desain stylish dengan model convertible engsel layar 360 derajat, layar full HD, baterai tahan lama, media penyimpanan SSD, ada pen stylus, fingerprint sensor, quad speaker Harman Kardon certified dan dilengkapi dengan Chrome OS yang menjadi daya tarik utama laptop ini.

Dari semua yang kami sebutkan, laptop ini layak dipertimbangkan bagi yang membutuhkan laptop ringan dengan kinerja powerful dan cocok untuk anda yang ingin lebih produktif di mana saja.

Spesifikasi ASUS CHROMEBOOK FLIP C436
Rilis Agustus 2021
CPU Intel® Core™ i5-10210U processor 1.6GHz (up to 4.2GHz) and 6MB cache
OS Chrome OS
Memori 8GB RAM
Media Penyimpanan 256GB
Layar 14 inci (16:9) LED backlit FHD (1920 x 1080) 100% sRGB, Touchscreen, NanoEdge Display, 360⁰ ErgoLift
Grafis Intel UHD Graphics
Input/Output 2 x USB 3.2 Gen 1 Type-C (Up to 5Gbps, supporting display and power delivery)

1 x Audio combo jack

1 x MicroSD card slot

Kamera User-facing HD 720p camera
Konektivitas Integrated Wi-Fi 6 (802.11 ax), Bluetooth 5.0
Audio Omnidirectional quad-speakers system with surround-sound for maximum audio performance, Long-travel voice coils for improved low-frequency response, 3.5mm headphone jack, Certified by Harman Kardon
Baterai 42Wh 3-cells lithium-polymer battery
Dimensi 319,5 x 205,3 x 13,7 ~13,7 mm (WxDxH)
Berat 1,1Kg
Warna White
Harga Rp 17.379.000
Garansi 3 tahun garansi resmi