ASUS VivoBook Flip 14 TM420 : Laptop Convertible Kencang Dengan AMD Ryzen 5000 Series !

Setelah sukses dengan beragam seri VivoBook-nya, ASUS kali ini kembali menghadirkan seri VivoBook terbaru yang bernama VivoBook Flip 14 (TM420). Sesuai dengan namanya, jenis laptop ini dapat berubah bentuk menjadi Tablet, tidak heran laptop ini sangat banyak diminati oleh kalangan pekerja maupun pelajar yang lebih mementingkan nilai mobilitas.

Dan kali ini kami kedatangan sebuah laptop convertible dari ASUS yang menggunakan CPU AMD Ryzen 5000 Mobile Series yang tidak hanya mengandalkan performa, tapi dari segi desain laptop ini memiliki tampilan stylish dengan fitur yang cukup lengkap.

Desain Stylish

Secara desain, VivoBook Flip 14 (TM420) teranyar ini memiliki tampilan yang sama dengan generasi sebelumnya. Menawarkan bentuk yang ringkas dengan ukuran 32,4 x 22 x 1,87 cm, ketebalan hanya 18,2mm dan berat hanya 1,5Kg. Dengan dimensi seperti ini, laptopnya ini sudah pasti bisa dimasukan ke dalam tas ransel berukuran standar.

Selain tampil cukup stylish, laptop ini juga juga cocok digunakan untuk bekerja atau berkarya di café dan tempat-tempat lainnya di luar kantor dan rumah karena mudah dibawa bepergian. Bobotnya yang terbilang cukup ringan, membuat nyaman dan tidak akan membuat punggung terasa pegal saat dibawa.

Sebagai laptop convertible, tentu saja VivoBook Flip 14 (TM420) ini bisa diputar layarnya hingga 360 derajat. Tapi saat digunakan sebagai laptop, engsel ini juga memiliki kemampuan ErgoLift  yang memungkinkan bodi bagian bawah laptop ini akan terangkat dan membentuk sudut 3,5 inci ketika bagian layarnya dibuka. Alhasil pada posisi ini memungkinkan penggunanya lebih nyaman digunakan saat mengetik.

Layar 

Pindah kebagian layar, VivoBook Flip 14 (TM420) menggunakan jenis panel IPS beresolusi Full HD yang cocok untuk berbagai kegiatan. Layarnya juga didukung teknologi layar sentuh (touchscreen) serta dirancang tahan buat diputar hingga 20.000 kali buka-tutup. keunggulan lain dari layar VivoBook Flip 14 (TM420) adalah bezel-nya yang sangat tipis yang menggunakan teknologi NanoEdge Display dengan screen-to-body ratio hingga 82%. Hal ini dimensi keseluruhan VivoBook Flip 14 (TM420) bisa dipangkas.

Keyboard

Kegiatan mengetik lewat keyboard bisa bervariasi, khususnya untuk urusan kenyamanan. Sejauh ini, selama penggunaan di laptop kami tidak menemukan adanya kendala, bahkan untuk pemakaian lama sekalipun.

Terlepas dari faktor bentuknya yang ringkas, VivoBook Flip 14 (TM420) terbaru ini hadir dengan tombol keyboard yang memiliki pitch lebar hampir 18.7 mm. Dan juga saat digunakan untuk mengetik, di rasa tuts keyboard ini punya lekukan halus 0,1 mm dan juga key travel 1,35 mm yang merupakan jarak ideal buat mengetik.

Corak tombol enter juga masih sama dengan generasi pendahulunya, terdapat color blocked berwarna kuning yang menjadi ciri khas dari laptop vivobook. Dan tidak lupa juga laptop ini sudah memiliki fitur LED backlit, dimana penggunanya masih bisa mengetik dalam kondisi minim cahaya. 

Untuk area touchpadnya cukup luas yang hadir tanpa dedicated button dengan permukaan cukup licin. Selama penggunaan kami merasa cukup nyaman walaupun tanpa menggunakan mouse. Dibagian kanan atas terdapat fingerprint yang bisa diandalkan untuk fitur keamanan laptop ini yang memudahkan dalam membuka kunci layar.

Konektivitas

Soal kelengkapan konektivitasnya, ASUS VivoBook Flip 14 (TM420) hadir dengan port yang cukup lengkap. Di sebelah kanan terdapat DC in, 1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 1x 3.5mm Combo Audio Jack dan Micro SD 4.0 card reader. Sedangkan di samping kanan terdapat, Kensington Lock dan 1x USB 2.0 Type-A.

Selain itu untuk urusan konektivitas nirkabel, laptop ini juga dibekali dengan Intel Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax) yang membuat laptop ini tetap bisa terkoneksi dengan internet dan Bluetooth® 5.0 (Dual band) 2*2 untuk berbagai aksesoris nirkabel agar bisa terhubung secara leluasa.

Performa Kencang

Dari sisi performannya, VivoBook Flip 14 (TM420) dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 5000 Mobile Series terbaru dengan arsitektur Zen3 dan pemrosesan 7nm. Sebagai info tambahan, prosesor generasi terbaru dari AMD ini tidak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga lebih efisien yang membuat laptop VivoBook terbaru ini lebih powerful dan tetap hemat baterai.

Asus VivoBook Flip 14 (TM420) hadir dengan tiga varian prosesor yang berbeda, mulai dari AMD Ryzen™ 3 5300U Processor 2.6GHz, AMD Ryzen™ 5 5500U Processor 2.1GHz seperti unit yang kami coba dan AMD Ryzen™ 7 5700U Processor 1.8GHz untuk varian prosesor tertinggi dengan konfigurasi 8 core 16 thread.

Sedangkan kapasitas RAM nya sebesar 8GB DDR4 dengan media penyimpanan 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD yang menawarkan performa yang cukup baik. Bisa kita lihat kecepatan baca dan tulisnya laptop ini cukup cepat. Ini terbukti ketika kami benchmark menggunakan Crystal Disk Mark, skor baca rata-rata mencapai angka 2300-an MB/s dan tulis rata-rata 1300-an MB/s.

Selain itu, untuk mengoptimalkan daya tahan baterai sekaligus kinerjanya, laptop ini juga sudah dibekali dengan fitur Asus Intelligent Performance Technology (AIPT). AIPT merupakan teknologi yang mengkombinasikan sistem pendingin dengan berbagai sensor untuk mengoptimalkan performa, daya tahan baterai, serta konfigurasi sistem pendinginan.

Singkatnya, AIPT membuat VivoBook Flip 14 (TM420) lebih efisien dengan peningkatan performa hingga 40% pada mode Performance dibandingkan dengan laptop VivoBook generasi sebelumnya. AIPT juga memungkinkan ser VivoBook terbaru untuk hadir dengan performa maksimalnya sepanjang waktu. Jika laptop lain yang menggunakan prosesor yang sama memiliki Thermal Design Power (TDP) yang dibatasi di sekitar angka 15W. Cara mengaktifkannya cukup mudah, dengan menekan tombol FN +F + Enter. Ada tiga mode yang bisa di pilih, yaitu, Whisper Mode, Balanced Mode dan Performance Mode untuk hasil yang maksimal. 

Benchmark

Selain itu, hasil benchmark juga menunjukan bahwa angka yang menunjukan jika performa laptop ini cukup mumpuni untuk sebuah laptop convertible. ASUS VivoBook Flip 14 TM420 dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 5500U mendapatkan skor PCMARK 10 di angka 5.183.

Hasil benchmark lain juga menunjukan angka yang tinggi. Contohnya adalah hasil benchmark Cinebench R23. Bisa kita lihat, laptop ini meraih skor “ 7.303 “ (Multi Core), dan “ 1.175 “ (single core).

Performa Grafis

Sebagai gambaran untuk test performa GPU nya, kami mencoba memainkan satu game RPG yang cukup berat yaitu Genshin Impact. Walaupun GPU nya sudah terintegrasi, tapi menurut kami sudah bisa menunjukan performanya dengan cukup baik ketika di gunakan saat bermain game.

Kemampuan grafis AMD Radeon™ Graphics perlu kami acungi jempol, untuk sebuah laptop 2 in 1 bisa memainkan game sangat lancar di beberapa part grafik dengan settingan grafik Low – 60. Saat kami coba memainkan game dengan settingan High – 60, di beberapa part kami masih menemukan ada sedikit delay. Yah, tentunya hal ini masih bisa sangat di maklumi karena memang peruntukan laptop ini bukan untuk gamers. Sebagai solusinya, saat kami mengubah settingan grafis untuk pilihan shadow dan motion blurnya tidak diaktifkan, cukup membantu berjalannya game.

Audio

Speaker pada laptop ini terletak pada bagian bawah kiri dan kanan laptop. Suara yang dihasilkan laptop ini cukup jernih. ASUS memberikan fitur audio premium bersertifikasi harman/kardon. Fitur ini sangat penting dihadirkan mengingat ASUS VivoBook Flip 14 TM420  merupakan laptop yang menyasar kawula muda dan music tidak bisa dipisahkan dari mereka. Melalui kualitas audio terbaik di kelasnya, VivoBook Flip 14 TM420 dapat menjadi teman setia untuk penggunanya yang aktif dan enerjik.

Baterai

Dengan desain yang semakin ringan, daya tahan laptop ini tentunya cukup untuk mendukung pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Dibekali dengan kapasitas baterai 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion, laptop ini bisa bertahan selama 8 jam 44 menit saat kami test menggunakan PCMARK 10.

Kesimpulan

Menurut kami ASUS VivoBook Flip 14 (TM420) merupakan laptop yang cocok untuk penggunanya yang ingin lebih produktif di mana saja. Dibanderol dengan harga Rp. 11.299.000 untuk varian prosesor AMD Ryzen 5, laptop ini terbilang worth it dengan apa yang ditawarkan. Mulai dari desain stylish dengan build quality yang solid, performa yang powerful, konektivitas yang lengkap, fleksibel dan nyaman buat berkarya dengan dukungan stylus.

Menariknya, dalam paket penjualannya tersedia juga Microsoft Office Pre-Installed gratis di laptop ini. Dengan begitu, anda tidak perlu repot lagi harus menginstall aplikasi office lainnya atau bahkan menggunakan aplikasi bajakan. Untuk mendukung berbagai keperluan bekerja atau belajar, ASUS VivoBook Flip 14 sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home & Student 2019 orisinil yang bisa dipakai selamanya.