Review Honor 9i Alias 9N: Desain Menarik Kamera Asik

Setelah hadirkan Honor 10, Vendor asal China ini siapkan produk terbaru Honor 9i. Hp yang sejatinya bernama Honor 9N ini memiliki segudang kelebihan dan fitur canggih. Dibanderol harga terjangkau, berikut adalah review Honor 9i A.K.A.Honor 9N.

Honor 9i

Desain Elegan

Masih memiliki konsep desain khas Honor yang selalu menarik, Honor 9i juga memiliki bentukan yang elegan. Hal ini terbukti saat melihat bodi belakangnya. Honor menyebutkan bahwa terdapat 12 lapisan nano coating seperti kaca yang melapisi bodi logamnya.

Honor 9i sendiri merupakan nama lain dari seri Honor 9N yang diluncurkan untuk pasar negara lain. Smartphone ini sejatinya memiliki 4 pilihan warna lavender purple, Sapphire Blue, Robin Egg Blue, dan Midnight Black. Namun di Indonesia sendiri Honor 9i hanya tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni Sapphire Blue, Robin Egg Blue, dan Midnight Black. Dan saat ini unit yang kami review adalah untuk warna Sapphire Blue.

Dari semua warna yang ditampilkan di Honor 9i memang cukup menarik dibandingkan dengan smartphone yang ada dipasaran. Memiliki pilihan warna glossy atau kaca, mmebuatnya dapat dijadikan sebuah cermin.

Honor 9i A.K.A.Honor 9N

Warna yang ditampilkan memberikan kesan mewah. Namun dengan desain yang dimiliki ini maka smartphone yang mudah meninggalkan bekas sidik jari di bodi, jadi sebaiknya pengguna menggunakan casing tambahan yang telah tersedia dalam paket penjualannya.

Pada ke bagian bawah terdapat port microUSB, speaker, dan port jack audio 3,5mm. Sementara pada bagian kanan terdapat tombol power dan volume. Lalu slot kartu SIM dan microSD hadir pada bagian kirinya. Slot ini memiliki bentuk hybrid sehingga penggunanya hanya bisa menyematkan 2 kartu SIM sekaligus atau 1 kartu SIM + 1 kartu microSD dalam penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Hasil Foto Kamera Honor 10: Cakep Buat Diposting di Instagram!

Layar Full HD

Honor 9i hadir dengan layar 5,84 inci resolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya.

Pada bagian atasnya ada poni atau notch. Dibagian poni ini ada tersimpan earpiece, kamera depan, sensor. Menariknya Honor membuat layar ini begitu dominan pada bagian depan, sehingga hanya menyisakan bezel tipis bagian sisi lainnya.

Bagi kamu yang tidak suka menyukai poni pada samrtphone, hal ini bisa disembunyikan melalui pengaturan. Poni akan disamarkan oleh sebagian layar di bagian atas yang menghitam, sehingga tampak seperti smartphone dengan layar beraspek rasio 18:9.

Fitur Unggulan Honor 9i

Sebagai sub-brand Huawei, Honor 9i ini telah dilengkapi dengan EMUI 8.0 berbasiskan Android 8.0 Oreo yang memiliki beragam fitur menarik. Didalamnya tersedia Ride mode, Simple mode, Dual-Split Multitasking, efisiensi aplikasi yang berjalan di background, dan masih banyak lagi.

Dengan interface ini pengguna melakukan screenshot denga dengan fitur Three-finger Screenshot yang memungkinkan saya dapat melakukan screenshot hanya dengan merapatkan tiga jari dan menyapunya atau swipe dari bagian atas ke tengah layar.

Honor 9i ini telah dilengkapi dengan fitur App Twin yang memungkinkan penggunanya dapat menjalankan dua akun sekaligus pada jejaring sosial atau game yang telah diinstal.

Jadi pengguna Honor 9i bisa menggandakan satu aplikasi menjadi dua aplikasi yang sama sehingga dapat menyematkan dua akun yang berbeda sekaligus. Seperti aplikasi Facebook, WhatsApp, maupun LINE menjadi dua pada smartphone sehingga praktis penggunanya dapat memasukkan dua akun yang dimilikinya secara langsung.

Baca Juga: Honor apa Horor ?

Sensor fingerprint Honor 9i telah disematkan pada bagian belakang masih mudah dijangkau oleh penggunanya. Penggunaan sensor ini mampu mengenali 5 sidik jari berbeda yang telah terdaftar di dalamnya.

Sensor fingerprint perangkat ini pun mampu merespon sidik jari dan membuka kunci dengan cepat. Selain untuk membuka kunci, sensor fingerprint ini juga dapat digunakan untuk mengambil foto, menjawab panggilan telepon, menghentikan alarm, mengunci aplikasi, dan masih banyak lagi.

Selain finger print smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur Face Unlock yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone dengan cepat menggunakan wajahnya.

Saat digunakan hasilnya bisa dibilang cukup akurat, bahkan dapat mendeteksi wajahdalam kondisi redup. Tapi Honor 9i hanya mendukung satu wajah saja untuk didaftarkan sehingga harus dihapuskan apabila ingin mengganti wajah untuk membuka kunci.

Performa

Dari segi performa, Honor 9i dibekali dengan prosesor kelas menengah HiSilicon Kirin 659 Octa-core. Prosesor ini terdiri dari CPU Quad-core 2.36 GHz Cortex-A53 + Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53. Prosesor buatan Huawei ini lengkap dengan GPU Mali-T830 MP2 yang diklaim bertenaga.

Menjadi pesaing berat Qualcomm Snapdragon 625 pada hasil pengujian benchmark, skor dari Kirin 659 mampu mengalahkan chipset buatan Qualcomm. Hp ini bahkan mampu mendapatkan skor 83 ribuan.

Skor ini didapatkan juga berkat dukungan Honor 9i yang masih didukung dengan 2 varian, yakni RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Kedua varian ini sama-sama dapat ditambahkan microSD.

Pada unit yang kami gunakan adalah untuk varian RAM 4 GB dan storage internal 64 GB.. saat digunakan dalam penggunaan sehari-hari baik aplikasi Facebook, WhatsApp, telepon, SMS, Telegram, Instagram, pemutar musik, dan LINE bahkan menggunakan aplikasi secara multitasking hp ini dapat menjalankannya dengan lancar.

Pada pengujian lain yang kami lakukan adalah pada game populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Arena of Valor, dan Asphalt 9. Game ini dapat dijalankan dengan baik bahkan pada grafis tertinggi. Namun sebaiknya, game ini dimainkan menggunakan pengaturan grafis sedang atau rendah sehingga bisa mulus dan lancar.

Kamera

Honor 9i dilengkapi dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi 13 MP + 2 MP, PDAF, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang bisa dibilang baik.

Pada mode Wide Aperture pegguna dapat menentukan tingkat blur (apertur) mulai dari f/0.95 – f/16 pada saat sebelum maupun sesudah mengambil foto bokeh ketika menggunakan dua kamera utamanya.

Menariknya ada banyak mode yang dihadirkan pada aplikasi kamera bawaan Honor 9i seperti AR lens, Panorama Light Painting, Wide Aperture, Time-Lapse, Filter, HDR, Good Food, dan masih banyak lagi.

HOnor 9i

Hasil foto pada kondisi cahaya cukup atau terang yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang memuaskan. Sementara hasil foto dalam kondisi minim cahaya atau redup masih terasa biasa..

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 16 MP yang mampu menghasilkan foto selfie dengan wajah yang mulus. Ini dapat dilakukan karena didalamnya tersedia fitur Beautification.

FItur kamera Honor 9i juga memiliki mode Portrait pada kamera depannya, sehingga membantu penggunanya dalam menghasilkan foto selfie berefek bokeh (background blur).

Hasil Foto Honor 9i 

Daya tahan baterai

Dibekali dengan baterai berkapasitas 3000 mAh, Honor 9i memiliki daya tahan yang cukup lama. Sayangnya Honor 9i belum dibekali teknologi fast charging sehingga pada pengisian daya baterai hp ini membutuhkan durasi yang cukup lama.

pengujian penggunaan baterai pada aktivitas sehari-hari mulai dari streaming, browsing, chating, telepon, sosmed, membuka aplikasi atau membalas email, serta sesekali bermain game, hp ini mampu bertahan selama sekitar 11 jam.

Dengan kekuatan daya ini pastinya dapat membuat Honor 9i mengaomodasi penggunaan pengguna sehari-hari tanpa membawa charger sekalipun. Sedangkan pada pengujian hp ini dapat mengisi dayanya berkisar dari 2 hingga 3 jam.