Review : Laptop ASUS VivoBook Flip TP410 – Desain Fleksibel, Performa Bandel

0

Laptop Asus ini bisa berubah menjadi 4 bentuk

GadgetSquad.id – ASUS lagi-lagi memperkenalkan perangkat laptop terbarunya. Kali ini berupa laptop lipat (convertible) dengan seri VivoBook Flip 14 TP410. Laptop Asus yang satu ini bisa dikatakan sebagai laptop lipat yang lebih terjangkau dibanding versi ASUS ZenBook Flip yang diposisikan sebagai produk flagship premium. Meski demikian, performanya masih bisa diandalkan karena ASUS menyelipkan komponen prosesor mutakhir dari Intel yakni i7-7500U serta sistem operasi pre-installed Windows 10 Home.

Baca juga : Laptop Asus FX503, Main Game Lebih Bertenaga Harga Lebih Murah

Bodi Lipat dengan Multi Desain

Gak sekadar bisa dilipat, desain laptop ini dirancang agar bisa digunakan dalam beberapa bentuk. ASUS VivoBook Flip 14 TP410 dapat bertransformasi ke dalam bentuk, di antaranya yaitu bentuk laptop biasa, tablet, multimedia dan standing display.

Saat dalam bentuk laptop biasa, kamu bisa dengan leluasa mengatur posisi layar agar sesuai dengan pandangan yang nyaman. Ini karena layar laptop Asus ini bisa digerakan dengan bebas. Atau bisa juga dibentuk dengan posisi tombol keyboard menghadap ke bawah, ini cocok untuk menikmati konten multimedia, seperti menonton film contohnya.

Laptop ini juga bisa dibentuk ke dalam mode tablet, yaitu dengan menggerakkan bagian layar sejauh 360 derajat. Mode tablet juga nyaman digunakan manakala pengguna ingin memutar video atau bahkan bermain game di laptop ini.

Selain itu kamu juga bisa mengubah bentuk laptop ini ke bentuk standing display atau layar yang berdiri. Caranya dengan memutar antara bagian layar dan keyboard hingga membentuk segitiga. Lalu tinggal letakkan laptop tersebut di meja untuk dijadikan standing display. Bentuk ini bisa digunakan saat menampilkan konten multimedia atau lain atau bahkan untuk presentasi terhadap lawan bicaranya.

Dengan kemampuan berubah ke berbagai bentuk tersebut, membuat laptop ini leluasa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Apalagi tampilan desainnya juga terbilang elegan. ASUS VivoBook Flip 14 TP410 hadir dengan desain yang lebih premium dengan balut metal bergaya hairline design yang diselimuti dengan warna grey.

Kenyamanan saat menggunakan laptop ini juga didapat dari bobotnya yang terbilang ringan, yaitu hanya  1,6 Kg. Gak Cuma itu, ukuran bodi yang semakin tipis dan ringkas dengan ketebalannya yang hanya 14,8 mm. Ini membuat laptop Asus ini mudah dimasukkan ke dalam tas serta nyaman digunakan sebagai work mobile patner.

Laptop ini juga dengan hadir dengan dukungan port yang lengkap antara lain, card reader, micro HDMI, dan tiga buah USB 3.0.Keunggulan lain yang dimiliki oleh ASUS VivoBook Flip TP401 adalah tersedianya sekumpulan port serta teknologi tambahan yang dimilikinya seperti fingerprint sensor, layar touchscreen yang sangat sensitif, akan sangat memudahkan pengguna ketika mengoperasikan perangkat ini.

Performa Kencang Plus Hemat Daya

Dibekali layar sentuh berukuran 14 inci berresolusi Full HD (1920×1080 piksel), tampilan di layar pada laptop ini terlihat tajam. Apalagi didukung teknologi layar IPS serta tampilan 178 derajat wide view angle. Apalagi ditambah performa laptop ini yang bisa diandalkan untuk bekerja maupun menikmati hiburan multimedia.

Performa ASUS VivoBook Flip 14 semakin canggih karena disokong chip prosesor Intel Core i7-7500U yang memiliki kecepatan hingga 3,5GHz dengan teknik fabrikasi 14nm. Tidak hanya kencang ketika sedang mengolah sistem, prosesor ini pun sangat hemat daya sebab memiliki nilai TDP hanya 15 watt.Kode U pada akhiran prosesor tersebut juga menandakan bahwa chip tersebut adalah hemat daya atau ultra low power.

Kamu dapat menggunakan laptop ini hingga mencapai 10 jam untuk mengakses internet. Hal tersebut dimungkinkan karena selain sudah menggunakan prosesor hemat energi, yang punya TDP hanya 15 watt, ia juga sudah menggunakan baterai 3 cell 55 Whrs.

Kerennya lagi, perangkat ini dapat diisi dengan cepat yakni 60 persen dalam waktu 49 menit saja. Jadi ketika sedang sangat membutuhkannya, kita bisa dengan cepat mengisinya kembali.

Untuk media penyimpanannya, ASUS telah meningkatkannya sehingga memiliki dua buah storage yang terdiri dari SSD dan HDD. Kapasitas storaga bertipe Solid State Drive sebesar 128GB, menjamin kinerja booting dan bukan tutup aplikasi berjalan sangat smooth dan juga cepat. Sementara untuk HDD, kapasitas 1TB sudah sangat mampu dimanfaatkan oleh pengguna untuk menyimpan berbagai file dan dokumen penting di dalamnya.

Selain itu, ASUS VivoBook Flip TP410UR mempunya dedicated graphic card dari Nvidia yakni GT 930MX dengan video memori 2GB. Adapula versi VGA yang hanya menggunakan Intel HD grafik. Kabar baiknya itu membuat harganya menjadi lebih terjangkau dibanding yang menyematkan komponen Nvidia GT 930MX didalamnya. Kebetulan  yang penulis uji adalah versi GPU yang hanya menggunakan Intel HD Graphic 620.

Baca juga : Laptop ASUS ZenBook UX430 Punya Bodi Ramping, Kinerjanya?

Ketika dicoba untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus, performa laptop ini untuk multitasking terbilang baik. Jarang sekali didapatkan kondisi lag atau tersendat. Misalnya saat membuka dan mengolah dokumen sambil internetan, dan memutar video secara bersamaan. Terlebih lagi laptop ini juga tidak terasa panas berlebih saat digunakan sembari dipangku.

Untuk mengetahui gambaran kinerja dari laptop ini, berikut beberapa hasil pengukuran dari uji bechmark :