Review Lengkap : Lenovo Vibe K5 Plus, Juga Jagokan Virtual Reality

2016-08-10_172129Mediatren.com – Setelah seri Lenovo Vibe K5 Plus, Lenovo merilis smartphone terbarunya yang juga mendukung teknologi Virtual Reality (VR), yaitu Lenovo Vibe K5 Plus.

 

Secara desain, Lenovo Vibe K5 Plus terlihat berbeda jauh dari Vibe K4 Note. Desainnya mengalami banyak perubahan dari pendahulunya. Dibentuk dengan komposisi yang lebih mewah, Lenovo Vibe K5 punya desain ergomonis melengkung di keempat ujung sudutnya. Di sekeliling sisi ddepan juga dipercantik dengan list logam chrome. Di mana bagian depannya dilapisi bahan glossy. Di sektor belakang menggunakan casing matte yang cukup berkualitas dan terlihat lebih elegan.

 

Seperti pada smartphone android kebanyakan, Lenovo Vibe K5 Plus dibekali dengan tombol power dan volume disebelah kanan, port microUSB disebelah bawah dan port dibagian atas bodi. Lenovo juga menyematkan tombol sentuh (back, recent dan back) dibawah layar. Sama dengan Vibe K4 Note, desain Vibe K5 Plus jugabl tidak menggunakan konsep unibodi, jadi pengguna dapat membuka casing belakang, namun pengguna tidak dapat membuka baterai.

 

Lenovo Vibe K5 Plus  punya bodi yang ringan dan ergonomis, dengan dimensi lebih kecil dibandingkan Vibe K4 Note. Ini membuat Vibe K5 Note lebih nyaman saat digunakan baik dengan satu atau kedua tangan.  Digenggam maupun dimasukan kedalam saku kemeja ataupun saku celana juga nyaman dan nggak ada masalah, karena bentuknya juga tipis. Secara keseluruhan desain Vibe K5 Plus  selain elegan juga terbilang kokoh.

 

Kualitas layar sangat baik dalam kondisi dalam ruangan, maupun diluar ruang. Selain jernih, dengan reproduksi warna juga lebih natural. Kemampuan layar juga sangat responsif, membuat semua perintah pengguna dapat dijalankan dengan lancar. Main game atau menonton video juga dapat dinikmati dengan baik. ponsel ini sudah mampu menampilkan layar Full yang dinamis dengan sudut pandang lebar, serta optimasi warna dan teknologi high-contrast untuk semakin meningkatkan kualitas visual, sehingga mampu menyajikan suatu pengalaman hiburan sempurna untuk streaming dan menonton video.

Screenshot_2016-07-25-08-35-52

Untuk kemampuan kinerja, Lenovo telah membenamkan prosesor Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz. Plus dukungan RAM sebesar 2 GB. Kapasitas RAM ini lebih kecil dibandingkan K4 Note yang berkapasitas RAM 3 GB.

 

Namun kinerja Vibe K5 Plus tetap mumpuni dalam menjalankan aplikasi dan game berat. Dengan hardware yang dimilikinya Lenovo Vibe K4 Note juga memiliki performa yang juga terbukti mendukung VR.  saat beberapa game VR yang kami mainkan juga dapat dijalankan dengan sempurna tanpa ada masalah.

 

Memiliki ruang penyimpan sebesar yang sama dengan Vibe K4 Note, yaitu 16GB, Vibe K5 Plus ternyata tidak dibekali dengan slot memori eksternal jenis micro SD. Untuk daya tahan hidupnya, Lenovo Vibe K5 Plus dibenamkan baterai dengan kapasitas lebih kecil dibandingkan Vibe K4 Note. Baterai di Vibe K5 Plus berkapasitas 2.750 mAh, sedangkan Vibe K4 Note berkapasitas  3300mAh. Meski begitu, baterai ini maka Lenovo Vibe K5 Plus sudah dapat mengakomodasi kebutuhan harian dalam pemakaian normal.

 

Tidak seperti  Vibe K4 Note, di Vibe K5 Plus  tidak dilengkapi dengan panel sidik jari.

Screenshot_2016-07-25-08-36-38

Untuk fitur koneksi Smartphone inibsudah bisa mengakses 4G, sehingga sudah mampu menangkap koneksi internet cepat yang sudah tersedia di Indonesia. Sehingga berselancar di dunia maya pun menjadi sangat nyaman dan tidak ada masalah.

 

TheaterMax

Jika Lenovo Vibe K4 Note memiliki bentang layar 5,5 inch, layar Lenovo Vibe K5 Plus berukuran lebih kecil, yaitu 5 inch. Tapi ketajamannya juga sudah (1920×1080 piksel Full HD.

 

Menggunakan layar jenis IPS membuat ponsel ini mamiliki ketajaman tampilan yang bagus. Ditujukan untuk mengakomodir pengalaman virtual reality, Vibe K5 Plus juga hadir dengan teknologi TheaterMax. Sayangnya tidak seperti Vibe K4 Note, layar Vibe K5 Plus tidak dilapisi material dengan Corning Gorilla Glass 3.

 

Mengadopsi sistem operasi Android 5.1 Lollipop, lenovo masih mambenamkan antarmuka Vibe UI diatasnya. Secara garis besar, tampilan masih mirip dengan pendahulunya. Perubahan hanya nampak pada gambar ikon dan beberapa tampilan pada menu dan font yang digunakan.

 

Kamera

Vibe K5 Plus mengusung kamera utama berkualitas 13 MPix, sama dengan kamera pada Vibe K4 Plus. Kamera ini dilengkapi kemampuan phase detection autofocus, f2.2 aperture dan dual LED flash. Pada kamera ini juga tersedia teknologi fokus cepat, sehingga bisa membantu memperoleh fokus optimal dalam waktu yang singkat. Pada kamera depan Vibe K5 Plusjuga memiliki kamera selfie 5MP fixed-focused.

 

Saat digunakan untuk merekam video, kamera Lenovo Vibe K5 Plus juga memiliki kemampuan yang cukup baik karena sudah mendukung perekaman hingga berkualitas 1080p. Antarmukanya relatif standar hanya menyugukan tiga mode yaitu Normal, Panorama, dan Effects.

 

Virtual Reality

Memiliki keungulan sebagai peragkat yang sudah mendukung perangkat Virtual reality, Lenovo Vibe K5 Plus juga memiliki teknologi TheaterMax didalamnya. Dengan teknologi ini membuat ponsel ini menjadi ponsel pertama yang sudah membenamkan teknologi VR pada paket penjualannya. Untuk bisa menikmati teknologi virtual reality tentu saja akan membutuhkan headset khusus. Nah, ponsel pintar Lenovo yang satu ini sudah dibekali dengan perangkat VR bernama Ant VR.

 

Dari segi desain, Ant VR dibalut dengan material plastik, terasa ringan dan memberikan kenyamanan saat akan menggunakannya. Bicara warna, Ant VR hadir dengan balutan warna hitam dop dan dilengkapi dengan strap kiri-kanan. Saya pun bisa menyetel tingkat keketatan strap dengan cara mengendurkannya baik di sisi kanan maupun kiri.

 

Multimedia

Jika pada Vibe K4 Note disematkan dual speaker pada bagian atas dan bawah bodi depan smartphone, dual speaker di Vibe K5 Plus diposisikan pada bagian bawah kanan kiri bodi belakang.  Speaker stereo ganda ini juga yang didukung oleh Dolby Atmos sehingga meminimalkan kebisingan dan distorsi suara saat memperdengarkan suara, serta secara otomatis menyetel kualitas audio terbaik bagi pendengar.

 

Unggulkan fitur multimedia Lenovo Vibe K5 Plus pun dilengkapi dengan kemampuan sound input dan recording mumpuni, jadi ponsel pintar ini sudah mampu digunakan untuk memproduksi konten digital seperti musik. Dengan Konfigurasi three-mic system dari Lenovo dan Wolfson® audio codec yang canggih secara efektif menyaring noise di sekitar dan meningkatkan kualitas suara secara maksimal selama recording.

 

Lenovo menggandeng operator 4G tanah air Smartfren untuk penjualan Lenovo Vibe K5 Plus . Smartphone ini melenggang dengan banderol Rp2.249.000. Selain bonus headset VR besutan ANT VR, pembeli juga akan mendapat bonus data internet 300 MB serta pulsa sebesar Rp50.000.