Review Nokia 8: Hp Flagship Paling Terjangkau

review nokia 8
Review Nokia 8: Hp Flagship Paling Terjangkau

Belum lama Nokia 8 resmi diluncurkan di Indonesia. Hp andalan terbaru dari Nokia ini dibanderol dengan harga yang terbilang murah dikelasnya, yakni Rp6,5 juta. Membawa berbagai fitur dengan spesifikasi yang mumpuni. Hp ini membawa beberapa fitur khas yang  tidak dimiliki Hp lainnya. Dan kali ini kami akan melakukan review Nokia 8.

Smartphone penerus dari Nokia berbasis Android ini memang lama ditunggu kehadirannya di Indonesia. pasalnya smartphone ini merupakan smartphone flagship yang dibekali dengan prosesor yang terbaik bagaimana kemampuan semua fitur-fiturnya? Ini dia reviewnya

Desain

Secara desain Nokia 8 bezel yang lebih tipis. Saking tipisnya layar jadi kelihatan luas dan tanpa nampak frame di sisi kanan dan kiri tidak begitu kentara. Yang masih terlihat tebal hanya frame yang berada diatas dan bawah layar.

Nokia 8 dibalut dengan aluminium unibody dengan finishing glossy pada bagian belakan, sehingga memudahkan pengguna untuk bercermin. Desain ini sangat cocok banget buat kaun hawa yang suka ngaca. Namun sayangnya dengan lapisan ini, malah mudah menginggalkan sidik jadi.

Lapisan glossy pada Nokia 8 ini memang terbilang istimewa. Mereka melapisi lapisan belakang ini memerlukan dengan 40 tahap proses permesinan, anodisasi dan pemolesan untuk mencapainya menjadi sangat glossy.

Dengan built quality yang bagus membuat Nokia 8 terasa kokoh saat dipegang. Sayangnya tidak diperuntukan untuk kemampuan ketahanan terhadap debu dan air. Membawa sertifiikasi Ingress Protection 54 (IP54), hp ini hanya dibekali daya tahan splash-proof, yang artinya hanya tahan terhadap cipratan saja.

Baca Juga: 3 Fitur Nokia 8 yang Gak Ada di Hp Lain

Layar

Nokia 8 dibekali layar IPS 5,3 inci yang dinamis dengan resolusi QHD (2560 x 1440). Hp ini diklaim mampu menghasilkan kecerahan 700 nits. Selain itu untuk daya tahan terhadap goresan, hp ini masih dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Namun tidak seperti hp kebanyakan saat ini yang kekinian, aspek rasio layar yang dibawa Nokia 8 16:9, bukan 18:9 seperti kebanyakan hp berlayar penuh yang masuk saat ini. dengan rasio tersebut, maka hp ini juga hanya memiliki screen-to-body ratio sekitar 69.4%.

Ukuran dan resolusi layar ini Nokia 8 menghasilkan kerapatan piksel yang cukup tinggi, yakni sekitar 554 ppi. Kombinasi ini membuat tampilan gambar di layar terlihat jernih dan apik. Cocok untuk menonton konten video beresolusi tinggi, atau bermain game.

Saat digunakan dibawah bawah terik matahari layar kurang begitu terang, jadi pengguna harus melakukan pengaturan brightness layar secara manual atau mengaktifkan mode Adaptive brightness.

Namun begitu, Nokia 8 sudah juga dibekali fitur Always-on display, jadi hp ini isa tampilkan informasi tanggal, jam termasuk notifikasi penting lainnya dengan background layar berwarna hitam. Nokia 8 juga menyertakan mode Night Light, yang pada dasarnya sama seperti Blue Light Filter, untuk memberikan kenyamanan pada mata saat lama-menatap layar.

Pure Android

Hp Nokia berbasis Android memang tidak dibekali dengan interface tambahan seperti layaknya, hp merek ternama lainnya. Nokia 8 hadir dengan basis pure Android. Secara default hp ini sistem operasi Android 7.1.1 Nougat.

Namun begitu, Nokia sudah menjanjika pada hp ni sudah siap diupdate ke versi Android 8.0 Oreo. Dan betul saja, saat dinyalakan pertama kalinya, pengguna akan mendapatkan update ini.

Menggunakan sistem operasi Pure Android membuat kinerja Nokia 8 menjadi lebih ringan, karena tidak banyak bootware yang aktif. Namun sayang, untuk mendapatkan aplikasi lain pengguna harus menginstallnya melalui Google Play.

Dengan menggunakan OS pure Android, HMD mengklaim Nokia 8 akan jauh lebih aman dan nyaman digunakan ketimbang smartphone yang memiliki kustom OS.

Soal keamanan ponsel, Nokia 8 sudah dibekali dnegan fingerprint yang responsif dalam mengenali sidik jari pengguna, juga disediakan opsi standar seperti Pattern, PIN dan Password. Sayangnya Nokia belum memasukan face unlock yang belakangan mulai banyak ada di hp jaman sekarang.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 8 di Indonesia

Hardware

Salah satu keunggulan dari Nokia 8 adalah prosesornya yang sudah menggunakan chipset sekelas flagship. Gunakan chipset Qualcomm Snapdragon SoC 835 dipasangkan dengan GPU Adreno 540, membuatnya sangat mumpuni untuk mengerjakan semua proses.

Hp ini masih didukung dengan kapasitas sebesar RAM 4GB, dengan begitu pengguna bisa membuka banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu dengan lancar tanpa ada masalah.

Untuk menyimpan data Nokia menyediakan media penyimpanan internal 64GB. Jika kurang, Nokia 8 masih menyediakan kartu microSD hingga kapasitas 256GB. Namun, untuk bisa menggunakan slot kartu microSD, kamu hanya bisa menggunakan satu kartu SIM operator saja.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, performa Nokia 8 ini terbilang mumpuni. Pada review Nokia 8 ini kami lakukan mengetesan dengan aplikasi antutu benchmarrk. Dengan aplikasi ini Nokia 8 mampu mendapatkan score 200 ribu-an. TIdak hanya itu, hp ini bahkan sanggup dipaksa untuk bermain game berat.

Baterai

Nokia 8 sendiri menggunakan konsep tersebut dengan solusi energi rendah dengan baterai tahan lama dan bobot yang ringan. Untuk mendukung performa hardware, Nokia 8 masih dibekali baterai lithium berkapasitas 3090 mAh. kinerja baterai pada review Nokia 8 patut diacungi jempol. Untuk penggunaan normal, baterai hp ini bisa bertahan hingga lebih dari 1 hari penuh.

Pengguna juga tidk perlu menunggu lama dalam mengisi daya baterai, karena baterai Nokia 8 memiliki dukungan fast charging berbasis berbasiskan Quick Charge 3.0. Tidak hanya itu, didalamnya juga tersedia mode penghemat baterai.

Baca Juga: Pakai Snapdragon 835, Harga Nokia 8 di Indonesia Rp 6 Juta

Kamera

Jika Hp lain masih menggembar-gemborkan fitur Selfie, Nokia 8 memperkenalkan fitur Bothie. Fitur ini memanfaatkan kemampuan kamera Dual-Sight. Bahkan bisa dibilang fitur ini merupakan fitur pertama di dunia.

Fitur  Bothie memungkinkan pengguna melakukan live streaming secara native dan real-time ke feed sosial media seperti Facebook dan YouTube.  Kemampuan Dual-Sight akan mengaktifkan kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk menghadirkan dua tampilan dalam satu layar. Baik itu untuk foto maupun video. Kemampuan live stream dual-sight ini memberi pengalaman yang lebih seru terutama dalam beraktifitas di media sosial.

Bothie ini bisa memotret atau merekam video menggunakan kamera depan dan belakangs sekaligus. Jadi, kamu bisa megambil obyek foto di depan dan belakang kamu dalam satu frame.

Review Nokia 8: Hp Flagship Paling Terjangkau
Review Nokia 8: Hp Flagship Paling Terjangkau

Carls Zeiss Optic

Nokia sudah lama menggunakan lensa kamera buatan Carls Zeiss pada seri Hp terdahulu. Nah, kamera yang ada di Nokia 8 ternyata kembali menggunakan lensa Carls Zeiss.

Bersama ZEISS optics Nokia 8 coba mengembangkan pengalaman yang optimal untuk fitur kameranya. Sebagaimana diketahui bersama produsen optik ZEISS memang cukup ternama untuk membuat lensa kamera. Dengan lensa kamera ini maka fitur kamera Nokia 8 menjadi lebih mumpuni dan menghasilkan foto yang cukup tajam.

Nokia menyediakan kamera belakang ganda, dengan ZEISS optics resolusi 13MP (Colour + OIS) dan 13MP (Mono), 1.12um dengan aperture f/2.0. Kamera ini juga didukung fitur seperti PDAF (phase detection autofocus), IR range finder dan dual tone flash.

Lensa besutan Carl Zeiss milik Nokia 8 ini sudah didukung Phase Detection & Laser Autofocus serta teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Dengan kamera ini, Nokia 8 sanggup menghasilkan kualitas foto yang baik, dengan tingkat saturasi dan tone warna yang pas serta natural.

Selain hadir dengan interface kamera yang cukup mudah dioperasikan, kamera Nokia 8 juga dibekali beragam fitur dan mode tambahan yang cukup beragam. Mulai dari Panorama, Manual, HDR, Time-lapse hingga slow motion. Untuk mode jepret di kondisi minim cahaya (low-light), kamera Nokia 8 juga masuh terbilang bagus.

OZO Audio

Nokia 8 membawa fitur  OZO Audio yang sanggup menggabungkan tiga mikrofon dengan algoritma akustik eksklusif dari Nokia. Kemampuan fitur ini mampu menangkap audio dengan suara surround spasial 360° yang mendalam.

Biasanya, untuk merekam audio spasial 360 derajat membutuhkan peralatan khusus yang cukup mahal. Namun dengan adanya teknologi OZO Audio, Nokia 8 bisa melakukan hal yang sama. Smartphone yang dilengkapi dengan teknologi OZO audio ini dapat menangkap audio secara 3D.

Pengguna pun bisa berbagi file video 4K yang di dalamnya ada OZO Audio ke perangkat lain manapun. Ini karena dukungan codec binaural yang memungkinkan pemutaran kualitas tinggi bahkan pada perangkat tanpa OZO Audio. Dengan fitur ini, Nokia 8 memiliki inovasi pada fiturnya yang belum dimiliki oleh smartphone yang ada di pasar saat ini.