Review OPPO Reno6 : Ponsel Produktif Dengan Fitur Konten Kreatif

OPPO Reno6

Oppo kembali menambah anggota keluarga Reno series dengan meluncurkan Reno6 di Indonesia. Tidak hanya memiliki desain yang cantik dan performa yang mumpuni, tapi ponsel teranyar ini memiliki fitur yang sangat lengkap, termasuk fitur kamera dan video untuk menghasilkan konten-konten yang menarik. 

Penasaran dengan ponsel yang satu ini ? Nah kali ini saya ingin mengajak anda untuk mengenal OPPO Reno6 lebih dekat lagi, simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Desain Ramping dan Stylish

Secara desain, Reno6 hadir dengan desain yang mirip generasi pendahulunya yakni, Reno5 series. Ponsel ini juga masih membawa teknologi pewarnaan Reno Glow, tapi dengan sederet tambahan yang mumpuni. Oppo kini meningkatkan teknik pewarnaan pada perangkat Reno6 dengan lima lapisan Diamond Spectrum yang mampu menghasilkan jutaan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda.

Menyoal warna, Reno6 juga tampil elegan dengan dua varian warna yakni, Stellar Black dan Aurora seperti unit yang kami review. Pada lapisan permukaan bodi bagian belakang, keduanya sama-sama dibalut dengan finishing matte yang membuat ponsel ini tidak mudah kotor dan meninggalkan bekas sidik jari.

Tapi sejatinya, secara dimensi OPPO Reno6 dibuat sedikit lebih tebal dengan 7,8mm dan bobot 173 gram yang lebih berat 2 gram dari generasi sebelumnya. Sedangkan untuk menambah kenyamanan bagi penggunanya, di bagian samping bodi belakang Oppo Reno6 menggunakan desain 3D Curved yang berbentuk persegi melengkung secara halus di setiap sisinya dan terasa sangat kompak. Selama pemakaian, kami sangat nyaman menggunakan ponsel ini dalam waktu yang lama, bahkan saat dimasukkan ke dalam saku celana.

Layar Punch Hole AMOLED 90 Hz

Pindah ke bagian layarnya, menurut kami OPPO Reno6 memiliki ukuran yang terbilang ideal yang mengusung bezel tipis di tepian layarnya. Hadir dengan 6,4 inci jenis panel AMOLED (screen-to-body 91,7%) yang secara kualitasnya memiliki tampilan yang terang dan kaya warna. Selain itu, layar nya memiliki resolusi Full HD+ (2400 x 1080) dengan refresh rate 90 Hz dan Touch Sampling Rate sampai dengan 180 Hz di Game Mode.

Bagi pengguna yang gemar menonton film streaming, OPPO Reno6 menyediakan sederet fitur yang membuat mata menjadi betah berlama-lama menatap layar. Layar Reno6 didukung dengan sertifikasi SGS Eye Care Display yang memastikan kenyamanan dan kesehatan mata untuk penggunaan dengan durasi yang lama, dan sertifikasi Netflix dan Amazon Video HD Streaming.

Di bagian kiri atas layar, terdapat punch hole untuk penempatan kamera selfie dengan resolusi 44 MP. Sedangkan untuk keamanannya, OPPO Reno6 menyematkan teknologi pemindai sidik jari di bawah layar dengan sensor yang cukup responsif dan akurat.

Fitur

Sebelum jauh membahas mengenai performa ponsel ini, ada tiga fitur yang cukup menarik di Reno6 yakni, Anti-Peeping, Air Gesture dan O Relax. Ketiga fitur ini tentunya menawarkan fungsi yang berbeda-beda yang sangat membantu dan memudahkan aktivitas di keseharian saya.

Anti-peeping

Bisa dibilang, smartphone adalah identitas pengguna saat ini. Karena didalam smartphone banyak sekali informasi pribadi yang tersimpan. Terkait dengan hal tersebut, keamanan pada sebuah smartphone haruslah sangat aman. Pada Reno6, OPPO menyediakan fitur Anti-peeping untuk notifikasi yang bisa secara otomatis menyembunyikan detail pesan pada pop-up layar.

Saat fitur ini diaktifkan, konten pemberitahuan berupa pop-up notification akan disembunyikan untuk mencegah orang lain memata-matai layar. Tidak hanya aman, tapi fitur Anti-peeping memberikan kenyamanan saat saya membuka layar di tempat ramai tanpa rasa khawatir.

Air Gesture

Fitur selanjutnya yang cukup menarik adalah Air Gesture, Meski kamera depannya hanya satu, tapi OPPO tetap memberikan dukungan Air Gesture di Reno6. Dimana pengguna bisa melakukan scrolling layar atau mengangkat telepon hanya dengan gestur tangan. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat saat tangan kotor atau basah, saya tetap bisa menggerakkan layar tanpa menyentuh layar ponsel.

O Relax

Selain produktivitas yang unggul, OPPO ingin penggunanya bisa menikmati hidup yang lebih nyaman bersama Reno6. O Relax adalah aplikasi bawaan yang berisi serangkaian suara yang menenangkan. Fitur yang menurut saya tergolong unik ini, dirancang khusus untuk pengguna yang memiliki aktivitas dengan tingkat stress tinggi.

Melalui fitur O Relax ini, pengguna bisa merasa lebih tenang dan santai dengan menampilkan The Sounds of the Cities, White Noise Customization, dan mini game penghilang stress

Performa Kencang Dengan Qualcomm Snapdragon 720G

Dapur pacu OPPO Reno6 didukung dengan prosesor kelas menengah dari Qualcomm yaitu Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8nm yang memiliki delapan core. Seperti diketahui, kode G di prosesor ini mengindikasikan chipset ini fokus pada kebutuhan gaming yang dibekali berbagai fitur Elite Gaming dari Qualcomm. Salah satunya adalah sudah mendukung HDR gaming, yang bisa menghadirkan grafis halus ketika digunakan saat bermain gim.

OPPO Reno6 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka ColorOS 11.1 yang mampu memberikan kelancaran, efisiensi yang baik dan juga menawarkan privasi yang lebih aman untuk penggunaan yang lebih nyaman dengan segudang fitur kustomisasi yang tersimpan rapi.

Sedangkan untuk mendukung penggunaan secara multitasking, Reno6 dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 8GB dan storage sebesar 128GB berteknologi UFS 2.1 yang bisa diperluas dengan slot microSD. Menariknya, dengan hadirnya fitur RAM expansion memungkinkan untuk menambah memori dengan pilihan RAM sebesar 2 GB, 3 GB, atau 5 GB. Walau kapasitas RAM bawaan hanya 8 GB, tapi dengan adanya RAM virtual ini bisa memperlancar multitasking yang dilakukan di smartphone.

Dalam pengujian ranking AnTuTu Benchmark OPPO Reno6, smartphone mid-range ini memiliki performa yang cukup baik melalui hasil uji yang ada. Sebagai varian Reno series terbaru, smartphone ini memiliki perolehan skor benchmark lebih dari 300 ribu poin.

Performa Gaming

Untuk menguji performa nya, ada dua gim yang saya coba mainkan yaitu, PUBG Mobile dan Genshin Impact. Kedua gim ini cukup populer dan memerlukan spesifikasi yang tinggi agar dapat berjalan dengan optimal.

PUBG Mobile

Performa gaming Oppo Reno6 di gim PUBG Mobile cukup baik. Ponsel ini dapat berjalan pada kualitas HD dengan lancar dan tanpa lag. Sedangkan pada kualitas Balance dan Ultra, Reno6 dapat menjalankan PUBG Mobile dengan frame rates yang sangat smooth dan memanjakan mata.

Genshin Impact

Gim yang mengusung genre Role-Playing Game ini (RPG) sering menjadi tolak ukur performa gaming. OPPO Reno6 sendiri mampu menjalankan Genshin Impact pada settingan Medium tanpa kendala. Dibeberapa bagian grafik ramai pun, gim masih playable dan sangat lancar untuk dimainkan. Tekstur dan detail gambar yang dihasilkan memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik. Overall, selama memainkan dua gim ini dalam waktu sekitar satu jam lamanya, saya merasa cukup nyaman dan tidak menemukan kendala yang berarti.

Suhunya pun terbilang masih aman, dengan adanya sistem pendingin khusus yakni, Multi Cooling-System yang merupakan paduan aluminium dengan konduktivitas termal tinggi sehingga OPPO Reno6 memiliki kapasitas pembuangan panas 21,9 persen lebih efisien.

Selain itu, agar bermain gim semakin nyaman OPPO Reno6 dilengkapi dengan sederet fitur untuk mendukung optimasi daya yang lebih baik.

Game Space:

  • Game Focus Mode, fitur ini memungkinkan untuk memblokir atau menonaktifkan semua gangguan termasuk notifikasi chat atau telepon masuk saat bermain gim.
  • Performance Mode, terdapat tiga opsi yang bisa dipilih yakni Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode. Pada Competition Mode membuat seluruh resource memori hp untuk performa gaming yang lebih maksimal.
  • Bullet Screen Message, notifikasi dari instant messaging akan tampil di layar sebagai overlay di dalam gim. Hal ini memungkinkan pengguna bisa melihat isi pesan tanpa harus keluar dari permainan.
  • Quick Start Up, pada fitur mampu mengidentifikasi gim favorit yang paling sering dimainkan dan membuatnya tetap aktif pada latar belakang. Alhasil jika pengguna ingin kembali memainkan gim itu, secara otomatis perangkat akan membuat jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda gim dalam satu kali klik. Dengan demikian hal Ini diklaim bisa menghemat waktu saat ingin bermain gim.

Kamera Ciamik Dengan Banyak Fitur

Masuk ke bagian kameranya yang merupakan salah satu nilai jual utama dari ponsel ini. OPPO Reno6 dibekali quad-camera dengan sensor utama 64MP Main Camera F/1.7, lensa ultra-wide 8MP 119° F/2.2, lensa makro (4cm) 2MP F/2.4, dan lensa mono 2MP Mono F2.4. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, di bagian depan terdapat kamera dengan resolusi sebesar 44MP F/2.4 yang dilengkapi dengan algoritma penginderaan cerdas AI. Menurut saya, dengan konfigurasi kamera ini memungkinkan untuk memotret dengan apik di berbagai skenario pemotretan.

Pengujian pertama saya lakukan pada kamera utama. Performa auto exposure (AE) untuk kamera ini bisa dibilang sangat dapat diandalkan, terlihat tekstur bangunan masjid dan dahan dari pepohonan masih terlihat akurat meski berjarak jauh. Detail juga dapat dipaparkan dengan baik, terbukti dari garis-garis conblock pada area halaman masjid.

Beralih pada kamera lebar, warna yang disajikan terlihat akurat. Warna biru dari kolam renang dan warna daun hijau kekuningan dengan jarak yang cukup jauh terlihat baik. Area pada langit juga memiliki tekstur awan yang cukup jelas. Meskipun tidak memiliki detail setinggi kamera utama, menurut saya kamera ini memiliki performa yang sangat baik untuk ukuran lensa lebar.

Memotret menggunakan Mode HDR pada Reno6 cukup memberikan hasil yang baik. Ketika mencoba memotret subjek yang cukup terik, warna seluruh daun dan rumput terlihat sangat jelas, dengan tekstur objek dan bagian batang pohon yang jelas terlihat pula. Bahkan, pilar-pilar di bagian belakang pun masih sangat terlihat jelas. Secara keseluruhan, pada mode ini mampu menghasilkan kualitas foto dengan performa exposure yang baik.

 

Zoom 2x

Saat saya coba memotret menggunakan zoom 2x hasilnya tetap bagus. Performa warna tetap terjaga dengan detail gambar seperti saya memotret menggunakan lensa lebar. 

Begitupun saat saya naikan pembesaran menjadi zoom 5x, hasilnya cukup mengesankan. Detail garis gedung dan daun dari pepohonan pun tidak pecah. Jika dibandingkan dengan zoom 2x, warna yang dihasilkan nyaris tidak terlihat penurunan warna.

Hasil dari fotografi makro Reno6 memiliki detail cukup baik. Ini dikarenakan serangga berukuran  kecil yang hinggap di atas daun sangat jelas terlihat pada setiap bagian sayapnya. Titik fokus objek juga dapat dilakukan hingga jarak 4 cm.

Night Mode Off
Night Mode On

Dalam kondisi minim cahaya, OPPO Reno6 bisa memberikan hasil yang memukau saat saya menjajal menggunakan mode malam atau night mode. Pertama saya memotret tanpa menggunakan Mode malam dengan keadaan sebenarnya gelap gulita. Setelah Mengaktifkan Mode malam, detail dedaunan di atas air bisa terlihat jelas, dengan tekstur dan keseluruhan warna yang cukup terjaga.

Jika kamu penyuka foto bokeh, fitur Bokeh Flare Portrait ini layak dicoba. Pada fitur ini bisa membantu pengambilan foto portrait dengan latar belakang blur sehingga tampak terlihat profesional.

Seperti hasil foto di atas. objeknya merupakan salah satu tim Gadget Squad yang memegang kamera mirrorless. Fokus gambar, ada pada bagian tangan yang memegang kamera, bagian ini terlihat cukup nyata hingga tulisan pada lensa kamera terbaca jelas, bahkan kerutan tangan pun terasa. Bagian fokus dan background gambar juga rapih, terlihat dari alur fokus ke blur background. Warna hijau daun di bagian background, termasuk garis dari sinar matahari di sisi kanan gambar menambah estetik hasil tangkapan gambar.

Salah satu yang paling dikenal dari HP Oppo adalah fitur kameranya. Perangkat ini menawarkan kamera depan yang canggih untuk mengambil foto selfie. Kamera depan OPPO Reno6 memiliki sensor dengan resolusi 44 MP dengan fitur andalan AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait. Untuk kebutuhan foto selfie hampir pada seluruh kondisi cahaya, ponsel ini memberikan kualitas yang baik. 

Normal
AI Color Portrait
Bokeh Flare Portratit
Night Mode On

Ultra-clear 108MP

Selain itu, OPPO Reno6 hadir dengan peningkatan signifikan pada algoritma OPPO Image-clear Engine. Pengoptimalan tingkat sistem ini memungkinkan pengguna mengambil bidikan jelas pada subjek bergerak atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil tajam. OPPO Reno6 didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan hasil yang tajam, memberikan pengguna banyak kemudahan saat melakukan penyuntingan.

Flash Snapshot

Dengan fitur ini pengguna juga bisa memanfaatkan Image Clear Engine (ICE) yang merupakan teknologi eksklusif OPPO. Fitur ini akan memfokuskan objek secara otomatis dan cepat sejak pengguna menyalakan kamera, memastikan foto snapshot cepat selalu jernih dan stabil.

Video 

Tidak hanya mentok menghasilkan foto berkualitas saja, Oppo Reno6 juga sangat bisa diandalkan, saat digunakan membuat konten video. Ponsel ini mampu merekam video hingga resolusi 4k 30fps dengan fitur pendukung seperti, fitur ultra steady, video bokeh kamera depan dan belakang, lengkap dengan efek color AI Portrait yang membuat video lebih keren dan dramatis.

Untuk pengguna yang suka membuat konten video vlog, pada Reno6 bisa mengandalkan fitur dual-view video yang bisa merekam video dari kedua point of view kamera secara bersamaan. Ketika diaktifkan, layar akan terbagi menjadi dua bagian untuk menampilkan hasil tangkapan kamera dari sisi depan dan kamera belakang. Dengan hadirnya fitur ini, tentunya akan semakin mudah bagi pengguna untuk memproduksi konten untuk media sosial.

Tidak hanya itu, berbicara soal fitur nya sendiri memang sudah cukup lengkap untuk menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas. Beberapa fitur andalannya lainnya seperti video sinematik Bokeh Flare, video portrait dengan AI Highlight Video, Portrait Beautification Video, dan fitur editing AI Pallet.

Bokeh Flare Portrait Video

Dengan fitur ini kamu bisa merekam video profesional di mana lampu latar yang semarak diubah menjadi lingkaran cahaya bokeh yang sangat indah. Fitur ini mengusung konsep yang hampir mirip dengan Night Flare Portrait yang terdapat di generasi sebelumnya. Bedanya, kini Bokeh Flare Portrait yang terdapat di Reno6 tidak hanya bisa digunakan untuk foto, tetapi juga untuk merekam video. Dengan menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Pemotretan dan pemrosesan gambar dapat diselesaikan hanya dalam waktu 10 ms, memungkinkan pratinjau Potret Bokeh Flare Video secara real-time. Bokeh Flare Portrait Video di Reno6 dapat secara otomatis mengoptimalkan latar belakang dengan titik cahaya bokeh sekaligus mencerahkan subjek potret, sehingga pengguna bisa mendapatkan efek potret tingkat profesional hanya dengan satu klik saja.

AI Highlight Video

Selain Bokeh Flare Video Portrait Reno6 memiliki fitur unggulan AI Highlight Video. AI Highlight video berfungsi untuk video lebih jelas di malam hari atau dengan cahaya latar yang kuat, AI Highlight Video pada Reno6 akan secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan membantu membuat video potret yang lebih jelas, lebih cerah, dan lebih hidup.

Saat mengambil video potret di malam hari dengan AI Highlight Video, algoritma Ultra Night Video akan secara otomatis diaktifkan untuk meningkatkan kecerahan dan mengembalikan warna asli. Tekstur video akan terlihat lebih detail, bahkan pada area yang lebih gelap.

Dengan kondisi cahaya latar yang sangat kuat, pengguna tetap dapat merekam video potret super jernih dengan Reno6. Saat merekam dengan cahaya latar kuat, Algoritma Live HDR akan diaktifkan, memungkinkan kamera menangkap bidikan dengan lebih jelas, mempertahankan warna dan detail pada area yang gelap.

Portrait Beautification Video

Pada fitur ini menggabungkan pengenalan hingga 193 titik wajah untuk video, Portrait Beautification Video di Reno6 memberikan efek beautifikasi yang halus dan alami untuk video potret. Fitur ini juga dapat menghilangkan ketidaksempurnaan kulit di wajah sambil mempertahankan fitur alami, mencocokkan warna kulit wajah dengan leher dan lengan, dan mencerahkan mata agar terlihat lebih istimewa.

AI Pallete

AI Palette dapat dengan mudah menyalin gaya potret favorit preferensi pengguna ke dalam koleksi foto hanya dengan satu klik, memberi pengguna kontrol kreatif mutlak untuk setiap foto yang dihasilkan.

Selain itu, untuk mengutak-atik hasil rekaman video juga bisa mengandalkan aplikasi video editor SOLOOP yang secara khusus hadir dan sudah terinstall langsung di ponsel ini. Kini pada aplikasi ini juga hadir dengan Soloop Template, di mana kamu bisa memilih berbagai template video pendek yang menarik untuk di upload di jejaring sosial media seperti, TikTok atau Instagram Reels misalnya.

Baterai

Kapasitas baterai OPPO Reno6 memang tidak terlalu besar, untuk mendukung daya tahan hidupnya ponsel ini dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4310 mAh yang cukup irit daya selama pemakaian. Irit, ya mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan setangguh apa baterai ponsel ini. Salah satu faktornya adalah penggunaan chipset 720G, selain menawarkan performa bertenaga untuk hp kelas menengah juga sangat hemat dalam mengkonsumsi daya baterai.

Tidak hanya itu, dengan adanya fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby akan membantu memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan. Tentunya dengan hal ini, pengguna akan merasa aman ketika mengetahui masa pakai baterai terakhir dapat bertahan hingga menemukan tempat untuk mengisi daya. Meskipun kondisi baterai hanya tersisa 5 persen, pengguna tetap bisa menelepon, SMS, maupun menggunakan aplikasi navigasi dengan lancar.

Jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari, cukup mendukung aktivitas saya seharian dengan kapasitas yang ditawarkan. Mulai dari telepon, bermain gim, membuka sosial media hingga membuat konten foto atau video. Saya juga coba menjalankan gim PUBG Mobile dengan waktu selama 35 menit, baterai hanya berkurang sekitar 8%. Untuk pengisian daya, Reno6 mendukung fast charging 50W. Fitur fast charging ini memungkinkan baterai ponsel bisa terisi penuh 100 persen dalam waktu kurang dari satu jam atau 45 menit saja.

Kesimpulan

Setelah saya mencoba menggunakan hp ini selama dua minggu lamanya, Reno6 memiliki banyak berbagai keunggulan dan fitur-fitur menarik yang saya suka dan benar-benar bisa diaplikasikan di keseharian. Apalagi, hp ini juga mampu menghasilkan konten foto ataupun video berkualitas tinggi dan menarik dengan segudang fitur mumpuni. Dibanderol dengan harga Rp. 5.199.000, Reno6 sangat worth it dan bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang sedang mencari hp dikelas menengah.