Review Realme 3 – Desain Mewah, Fitur Melimpah, Harga Murah

0

GadgetSquad.idRealme kembali meluncurkan seri Hp terbaru di pasaran Indonesia. Setelah di awal tahun ini sempat merilis seri Realme C1 2019, kini dihadirkan seri terbaru Realme 3. “Apa yang menarik?” Mungkin itu yang menjadi pertanyaan  pertama yang muncul. Yang sebenarnya sudah agak terjawab ketika membaca judul artikel ini. Tapi apakah memang kenyataannya Realme 3 terbaru ini sesuai dengan judul di atas? Simak reviewnya  berikut ini :

realme 3

Tampil Menawan Bodi Nyaman

Realme 3 mencoba menampilkan daya tarik dari pandangan pertama. Yaitu dengan mengusung desain tampilan yang terlihat menawan. Ini terlihat dari bodi Realme 3 yang memiliki tampilan dengan efek warna gradasi. Realme 3 hadir dalam dua pilihan warna gradasi, yaitu Dynamic Black dan Radiant Blue. Efek warna gradasi pada bodi Hp ini terlihat menawan ketika terkena cahaya. Apalagi jika Hp ini sedikit diputar ke berbagai arah, maka akan terlihat efek gradasi yang elegan dari sudut berbeda.

Baca juga : Compare Hp Sejutaan Tapi Gak Murahan : Realme C1 (2019) vs Xiaomi Redmi 6

Tidak hanya tampilannya, Realme juga mencoba tampil beda dengan mengusung desain unibodi. Realme mengklaim ini untuk memperoleh pengalaman penggunaan Hp yang lebih nyaman dalam genggaman. Realme 3 menggunakan konsep unibodi yang menghilangkan bingkai tengah, dengan demikian pengguna akan memperoleh genggaman dan tampilan yang lebih baik.

Selain itu, penggunaan teknologi injection molding pada proses pembuatan produk memungkinkan dihasilkannya desain yang nyaman. Garis samping bodi yang nyaris tak terlihat membuat keseluruhan bodi Hp ini terlihat lebih halus, lebih ringan, dan lebih tipis. Dan benar adanya ketika dicoba menggenggam Realme 3 memang terasa nyaman di tangan.

realme 3 (2)

Layar Luas Bikin Puas

Selain bodi yang nyaman digenggam, Realme 3 juga memberikan daya tarik dari tampilan layarnya. Hp terbaru ini mengusung layar berukuran 6,22 inci, yang membuat  tampilan yang muncul di layar pun terlihat luas. Ini tidak lepas dari desain layar yang memiliki rasio screen-to-body sebesar 88,3% sehingga menghasilkan tampilan luas . Ditambah bezel layar yang hanya berukuran 2,05 mm.

Layar Realme 3 didesain dengan adanya bagian notch berdesain drewdrop atau mirip tetesan air. Pada notch yang berukuran kecil ini tersemat kamera depan, sensor cahaya, sensor jarak dan speaker. Desain notch kecil membuat tampilan layar tidak terganggu, sehingga bisa puas ketika menikmati berbagai konten (foto, video, dll) di layar Hp ini. Untuk tampilan dalamnya, Realme 3 didukung oleh sistem ColorOS 6.0 terbaru berbasiskan OS Android Pie. Dengan tampilan ini, dapat menjelajahi berbagai aplikasi dan menu lebih mudah dan efisien.

realme 3 (23)

Kamera Berfitur Pintar

Kamera masih menjadi fitur yang dijagokan Realme 3. Hal ini bukannya tanpa alasan. Karena Hp terbaru ini dilengkapi kamera yang bisa diandalkan. Realme 3 menyematkan dual camera di bodi belakang, yang terdiri dari kamera utama 13MP + kamera sekunder 2MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12um. Kombinasi aperture f / 1.8 dan lensa 5P memberikan hasil terbaik pada resolusi, cakupan warna, presentasi warna, dan berbagai komponen penyusun gambar yang lainnya.

Dual camera ini juga sudah dilengkapi teknologi AI scenes recognition. Berkat fitur ini pengguna dapat mengenali 16 kondisi objek foto independen dan 100 kombinasi kondisi objek foto untuk secara otomatis memilih setingan pencahayaan terbaik untuk rentang dinamis dan rasio kontras yang lebih baik, serta mode pemotretan yang tepat. Sehingga akan dihasilkan hasil foto yang terlihat tajam dan memuaskan.

Tidak hanya itu, kamera di Realme ini juga menyediana mode Slow-motion. Realme 3 mendukung pengambilan video slow-motion dengan standar gerak 90fps / 720P untuk memperlambat momen objek video agar lebih menyenangkan.

realme 3 (1)

Foto Lowlight Pasti Di-Like

Tidak hanya itu, fitur lain yang menjadi andalan dari kamera di Realme 3 yaitu Nightscape. Dengan bantuan teknologi Artificial Intelligent (AI), sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.

Cara kerja fitur Nightscape dalam menghasilkan hasil foto yang terlihat tajam dan terang meski di kondisi low light, antara lain dengan cara meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrim. Fitur Nightscape secara lebih baik mengontrol kinerja eksposur bagian yang disorot untuk menyajikan detail pada hasil foto. Selain itu fitur ini juga meningkatkan bagian yang redup untuk menampilkan detail yang lebih baik. Berbarengan dengan itu, Nightscape secara efektif mencegah noise untuk membuat foto lebih bersih.

Untuk memenuhi permintaan pengguna akan efek gambar, warna, dan gaya yang lebih baik, Realme 3 ditambahkan dengan mode Chrome Boost. Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar, dengan detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, dan eksposur yang lebih seimbang. Hasilnya, foto lowlight yang dihasilkan kamera Realme 3 dijamin akan di-like follower kamu di Instagram atau aplikasi sosmed lainnya.

 Baca juga : Review Realme C1- Rajanya Smartphone Entry-Level

Kamera Selfie Berteknologi AI

Buat kamu yang doyan foto selfie, Realme 3 menyematkan kamera depan 13MP dalam kombinasi lensa 5P, dengan aperture diperbesar menjadi f / 2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12um. Kamera selfie ini bisa memotret lebih baik dengan penyetingan eksposur, detail, dan tampilan warna yang lebih baik.

Realme 3 menggunakan algoritma SelfiePro Realme U1 yang secara tepat dapat menentukan detail kualitas kulit, mata, dan rambut melalui 296 titik identifikasi wajah. Apalagi kamera selfie ini juga dilengkapi fitur Mode Group Selfie Beauty. Jenis kelamin yang berbeda memiliki pandangan estetika yang berbeda. Untuk memberikan solusi akan hal itu, Realme 3 menawarkan mode Group Selfie Beauty yang menampilkan algoritma yang secara otomatis mengidentifikasi jenis kelamin.

Kinerja Cepat Daya Hemat

Untuk mendukung kinerjanya, Realme 3 mengandalkan prosesor Mediatek Helio P60 yang dirancang dengan desain pabrikasi 12 nm. Keuntungannya yaitu lebih hemat daya sebesar 15% dibandingkan dengan prosesor 14nm sebelumnya dan dapat menyaingi performa prosesor 10nm.

Prosesor Mediatek Helio P60 mengusung struktur 8-inti (Octacore) dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan kecepatan clock P60 hingga 2.0GHz. Realme 3 dilengkapi dengan ARM Mali-G72 MP3 GPU pada 800MHz / 900MHz untuk menjamin kinerja yang lancar.

Prosesor di Realme 3 ini juga dilengkapi dengan sistem CorePilot 4.0 yang berfungsi untuk manajemen penggunaan aplikasi dan memungkinkan adanya alokasi sumber daya yang lebih baik. Melalui kontrol suhu otomatis, pemantauan penggunaan, dan adanya Energy Awareness Scheduling (EAS +), prosesor Mediatek Helio P60 menawarkan manajemen daya yang dioptimalkan untuk mendukung pengalaman penggunaan Realme 3 yang lebih stabil.

Untuk menguji kemampuan kinerja dari Realme 3 yang memiliki RAM 4GB dan memori internal 64 GB ini, kami gunakan aplikasi Antutu Benchmark, dan mendapatkan skor 131.878.

realme 3 (4)

Kinerja Realme 3 secara umum bisa dikatakan memuaskan. Berbagai aplikasi yang dijalankan secara multitasking, bisa berjalan dengan lancar. Termasuk kemampuan grafisnya, yaitu ketika dicoba memainkan game PUBG, bisa dimainkan dengan mulus. Tidak hanya itu, bodi Realme 3 juga tidak cepat panas ketika bermain game PUBG untuk waktu yang cukup lama.

Asyiknya lagi Realme 3 juga sudah dilengkapi fitur Game Space. Fitur ini dapat secara otomatis membantu pengguna menyimpan game. Setiap kali aplikasi game baru diinstal, Game Space akan menyimpan aplikasi tersebut secara otomatis dan pada saat yang sama, fungsi optimisasi game yang relevan akan dihidupkan, sehingga memudahkan manajemen aplikasi game yang ada untuk pengguna . Fitur ini menyediakan fungsi optimasi game, seperti mode kinerja, mode jangan-ganggu, hingga kunci kecerahan.

realme 3 (5)

Baterai Tahan Lama

Keunggulan kinerja Realme 3 juga didukung dengan ketersediaan baterai berkapasitas besar, yaitu 4.230mAh. Dengan kapasitas yang besar ini, membuat masa pakai Realme 3 bisa lebih lama dan sekaligus hemat daya.

Apalagi Realme 3 juga sudah didukung fitur CABC (Content Adaptive Backlight Control). Fitur ini dapat secara dinamis menyesuaikan rasio kontras pada setiap konten yang ditampilkan, memastikan gambar terlihat jelas dengan tetap mempertahankan kecerahan rendah, mengurangi arus pada layar dan menghemat daya.

Selain itu berkat fitur ini perbedaan antara Mode Screen Battery Optimization hidup dan mati hampir tidak terlihat dalam penggunaan sehari- hari. Mode Screen Battery Optimization menyediakan Mode Keseimbangan dan Mode Efisiensi Energi Tinggi yang dapat dipilih pengguna untuk memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Harga

Realme 3 yang dijual di pasaran Indonesia, tersedia dalam 3 varian, yaitu :

  • RAM 3GB + Memori 32GB : Rp1.799.000
  • RAM 3GB + Memori 64GB : Rp2.099.000
  • RAM 4GB + Memori 64GB : Rp2.399.000