Review realme Buds Air 2 Neo : TWS Mewah Harga Ramah

GadgetSquad.ID – Sebelum memulai eksplorasi, izinkan GadgetSquad sedikit bertanya. Apa kira-kira aksesoris hp sedang tren saat ini? GadgetSquad yakin jika True Wireless Stereo (TWS) earphone, bakal berada di deretan terdepan dalam daftar aksesoris hp paling tren saat ini.

Dalam perjalannya, TWS kini tak hanya diproduksi pabrikan aksesoris, vendor hp sekarang pun berlomba merilis produk audio kekinian tersebut. Bahkan bisa dikatakan, hampir semua vendor hp sekarang memiliki TWS andalannya sendiri, seperti yang dilakukan realme. Yup sukses di bisnis hp, membuat realme juga merambah bisnis AIoT.

Untuk memenangkan pertarungan, tak salah rasanya realme menjadikan produk TWS sebagai salah satu senjata andalan agar sukses di bisnis AIoT. Sejauh ini sudah cukup banyak TWS realme yang edar di Indonesia. Satu yang terbaru adalah realme Buds Air 2 Neo. Bagaimana dentuman audio realme Buds Air 2 Neo? Berikut ulasanya.

Desain
Seperti pepatah “dari mata turun ke hati” hal serupa juga berlaku saat GadgetSquad melihat tampilan realme Buds Air 2 Neo. Konsep desain realme Buds Air 2 Neo, sejatinya terbilang umum. Namun proses finising yang berkelas, membuat mata ini bisa langsung terpana saat melihat TWS ini untuk kali pertama.

Paket penjualan realme Buds Air 2 Neo hadir dalam boks kuning realme. Seakan ingin langsung memberi tahu keindahan tampilan desain TWS-nya, saat kotak penjualan dibuka, kamu akan langsung melihat earphone TWS yang terpisah dari tempat pengisian daya. Dalam eksplorasi kali ini, unit yang diuji berwarna grey (abu-abu).

Casing pengisian daya punya desain cangkang kerang yang kokoh, lengkap dengan penutup magnet. Bodi tempat pengisi daya, berlapis material matte yangf mebuatnya, tida mudah terlihat kotor oleh sidik jari. Kasing ini memiliki branding realme di bagian atas, indikator LED di bagian depan, serta port USB-C di bagian belakang.

Bobot kasing terbilang ringanm serta portabel untuk dibawa ke dalam saku. Sedangkan untuk earphone-nya, mengusung detail mencolok warna-warni di bagian luarnya dengan desain cermin berkilauan. Area kemilau tersebut sekaligus berfungsi sebagai wilayah kontrol sentuh Buds Air 2 Neo.

Rancang bangun earphone TWS ini terbilang kecil, dengan bodi yang menyesuaikan struktur telinga. Karenanya, realme Buds Air 2 Neo sangat nyaman saat tersemat di telinga. Selain itu, telinga juga tak sakit kala menggunakan TWS ini dalam waktu lama.

realme Buds Air 2 Neo juga memiliki tingkat keamanan terhadap air, karena memiliki sertifikasi tahan air IPX5. Itu artinya saat berolahraga ditemani realme Buds Air 2 Neo, kamu tidak perlu takut TWS ini rusak lantaran keringat, serta percikan cairan yang tidak disengaja lainnya.

Fitur dan performa
Untuk menggoda penikmat musik, realme Buds Air 2 Neo dilengkapi dengan driver bass boost 10mm Liquid Crystal Polymer (LCP), plus bersama dengan algoritma Bass Boost +. Apa artinya? Itu artinya TWS ini hadir dengan kualitas audio yang begitu menjanjikan.

Bukan sekedar gimik, saat diuji teknologi andalan realme Buds Air 2 Neo tersebut, mampu memberi pengalaman audio yang memanjakan gendang telinga. Tak hanya kencang, kualitas detail suara bass begitu berkarakter. Menariknya, suara bass yang kuat dan kaya tidak mengorbankan aspek audio lainnya, termasuk mid dan treble.

Saat diuji lebih jauh, TWS ini juga mampu menghadirkan kualitas audio luar biasa, terutama dalam hal pemisahan vokal dan latar belakang serta panggung suara. GadgetSquad menguji TWS ini dengan mendengarkan audio bertempo cepat, eletronik dance musik, hingga musik rock era Metalica sampai Rage Against The Machine.

Teknologi lain yang membuat TWS ini semakin percaya diri bertarung dengan kompetitor, yakni keberadaan fitur Active Noise Cancellation (ANC). Fitur ANC diklaim dapat mengurangi kebisingan sekitar 25dB. Ada Mode Transparansi yang memungkinkan pengguna mendengar obrolan di sekitar mereka tanpa mengeluarkan earbud

Fitur ANC sendiri, bisanya tertanam TWS kelas flagship, sementara realme Buds Air 2 Neo datang dari kelas menengah yang bertarung di level harga 500 ribuan. Tak hanya itu, realme Buds Air 2 Neo juga dipersenjatai fitur environmental noise cancellation (ENC).

Kebalikan dari ANC, teknologi ENC justru membuat TWS ini bisa, melakukan pengaturan mikrofon ganda untuk membungkam kebisingan di sekitar. Sehingga kamu tetap bisa fokus meneri panggilan lebih jelas, walau situasi disekitar sedang banyak noise.

Teknologi lain yang GadgetSquad jumpai kala menguklik TWS ini, adalah fasilitas kontrol sentuh. Saat diuji, walau sesekali kurang responsif, tapi secara keselurahan perfornya tetap memuaskan. Yang mengesankan lagi dari Buds Air 2 Neo adalah, hadirnya chip R2 yang membuat konektivitas tetap stabil, tanpa boros penggunaan daya.

Latensi juga merupakan titik kuat TWS anyar ini. Selama GadgetSquad menghabiskan waktu ditemani realme Buds Air 2 Neo, tidak ada satu pun kelambatan dan penundaan suara dalam streaming Netflix, Spotify, hingga bermain game.

Pengoperasian
Seperti perangkat TWS kebanyakan, Buds Air 2 Neo bisa terkoneksi dengan teknologi bluetooth. Buds Air 2 Neo sendiri memiliki dukungan Bluetooth 5.2. Proses koneksinya pun begitu mudah, cukup membuka penutupnya, sejurus kemudian lampu indikator akan menunjukkan warna hijau, Buds Air 2 Neo pun siap untuk di-Pairing.

Tak boleh ketinggalan untuk hasil lebih maksimal, kamu sebaiknya menginstal aplikasi realme link. Bagaimana jika kamu tidak menggunakan hp realme? Jangan takut bro,
aplikasi realme link bisa dinikmati berbagai hape Android lain selain realme.

Kustomisasi bisa dilakukan di Buds Air 2 Neo ini lewat aplikasi realme Link. Berbagai hal bisa dilakukan, misalnya mengatur fungsi touch control yang berfungsi untuk menyalakan/mematikan mode ANC, Gaming Mode, pengaturan control EQ, dan lebih banyak lagi.

Baterai
realme mengklaim jika TWS andalanya ini, bisa aktif dalam waktu yang lama. Baterai di Buds Air 2 Neo mampu standby 25 jam dengan ANC nonaktif. Ketika teknologi ANC aktif, Buds Air 2 Neo bisa menjadi tandem kamu selama 20 jam.

Nah, ketika TWS ini jika dilepas dari cangkangnya dapat dipakai selama 5 jam terus menerus dengan ANC aktif, dan 7 jam jika ANC nonaktif. realme juga mengatakan earbud dapat terisi penuh dalam 2 jam dengan kasing melalui port USB Type-C. Kasing juga mendukung pengisian cepat, 10 menit dapat menghasilkan hingga 3 jam waktu standby.

Kesimpulan
Dilego 500 ribuan, sejatinya realme Buds Air 2 Neo membidik segmen kelas menengah, tapi saat diuji GadgetSquad terkesimak dengan fitur serta kualitas performanya. Bahkan menurut GadgetSquad dengan amunisi yang diusung, kualitas realme Buds Air 2 Neo gak kalah jauh, jika harus head to head dengan TWS premium di level 1 jutaan,

Bayangkan saja hanya dengan modal 500 ribuan, kamu bisa mendapatkan TWS kekinian berdesain keren, lengkap dengan fitur premiun seperti ANC hingga ENC, dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan realme Buds Air 2 Neo jadi bukti nyata, jika sebuah produk keren dengan kualitas mumpuni, bisa kami miliki tanpa harus menguras kantong.