Review realme Buds Air 2 : TWS Murah, Mewah, Kualitas Wah!!

GadgetSquad.ID – True wireless earphones (TWS), perangkat yang satu ini dalam perjalannya, bisa dikatakan menjadi aksesoris hape paling populer saat ini. Begitu populernya aksesoris tersebut, gak heran hampir semua vendor hape kini ikut merilis TWS.

Menariknya, banyak vendor yang terbilang serius dalam mengembangkan TWS andalannya, satu diantaranya adalah realme. Yup, tidak sekedar mengikuti tren, TWS yang kembangkan realme, menurut GadgetSquad memang memiliki kualitas mumupuni di kelasnya.

Keseriusan realme dalam mengembangkan TWS selaras dengan strategi 1+4+N. Dimana realme kini tidak hanya serius memproduksi hp, tapi juga melebarkan bisnisnya ke produk AIoT. Perangkat TWS berlabel realme Buds Air 2, menjadi bukti anyar keseriusan realme bertarung di ranah AIoT. Tanpa banyak basa-basi ini di dia reviewnya!!

Desain
Menjadi suksesor realme Buds Air generasi pertama, realme Buds Air 2 menggoda dengan fitur yang lebih up to date. Perubahan itu pun sudah GadgetSquad rasakan saat mengeksplor desain realme Buds Air 2.

Berbeda dengan Buds Air pertama yang didesain open-air seperti AirPods, realme Buds Air 2 kini menganut desain in-ear monitoring alias IEM. Konsep desain yang dirancang berdasarkan bentuk kanal telinga manusia, terbilang sangat memanjakan.

Ketika realme Buds Air 2 disematkan, perangkat ini begitu pas di telinga, mudah digunakan, dan yang terpenting TWS ini nyaman dipakai seharian menjadi tandem crew GadgetSquad. Dalam kotak penjualannya sendiri, disediakan tiga ukuran eartip untuk menyesuaikan dengan berbagai dimensi telinga.

Selain konsep desain, hal lain yang membuat realme Buds Air 2 nyaman digunakan, tidak lepas dari dimensi rancang bangunnya. Berat realme Buds Air 2 hanya 4,1 gram, atau lebih ringan dari selembar kertas ukuran A4.

Secara umum tampilan realme Buds Air 2, sudah sangat kekinian serta begitu fashionable. Hal ini sesuai dengan harapan anak muda masa kini, dimana mereka menginginkan earbuds yang dapat melengkapi penampilan mereka secara keseluruhan, layaknya topi, pakaian, sepatu, dan bahkan aksesori seperti anting.

realme Buds Air 2 sendiri, mengadopsi desain lapisan dua warna, yakni pilihan hitam & biru dan silver & putih. Kombinasi warna-warna stylish ini membawa gaya street style yang begitu menarik perhatian.

Fitur unggulan
Masih terkait dengan desain, realme Buds Air 2 mendukung IPX5 water resistant, atau tahan air terhadap cipratan, hujan, dan keringat pada skenario penggunaan sehari-hari (tidak berlaku pada charging case). Hal ini tentu memberi rasa aman, bagi kamu yang ingin melakukan aktivitas outdoor, seraya ditemani realme Buds Air 2.

realme Buds Air 2 mendukung Active Noise Cancellation (ANC), sebuah fungsi yang umumnya hanya terdapat di earbuds dan headphones flagship. realme Buds Air 2, kabarnya merupakan TWS pertama yang memiliki, fitur Active Noise Cancellation dengan harga di bawah 600K.

Keunggulan lain yang ditawarkan, yakni Mikrofon ganda yang bisa meredam bising. Dengan ANC hingga 25dB, TWS ini bisa memonitor kebisingan dari luar melalui mikrofon penerima, kemudian mengirimkan suara anti-bising untuk menghilangkannya, sehingga kamu bisa menikmati musik sambil bekerja tanpa terganggu.

realme Buds Air 2 juga hadir dengan teknologi “Transparency Mode”. Yup, walaupun hadir dengan desain in-ear, berkat Mode Transparan ini, pengguna dapat tetap berbicara dengan orang lain tanpa melepas realme Buds Air 2.

Selama diuji, teknologi ANC maupun kemampuan meredam bising di TWS ini bekeja sangat baik. Teknologi Transparency Mode juga sangat fungsional, fitur tersebut membuat GadgetSquad nyaman selama menguji realme Buds Air 2, tapi tetap bisa mengontrol kondisi di sekitar.

realme menggunakan sebuah cip baru berlabel R2. Cip tersebut dibuat khusus untuk Buds Air 2. Dibandingkan generasi sebelumnya, cip baru ini lebih efisien daya hingga 80%, serta dapat mengurangi delay hingga 35%. Efek cip baru ini, sangat terasa saat GadgetSquad memanfaatkan TWS ini untuk bermaim gim. Audionya gak delay bro!!

Audio
Namanya juga TWS, sudah pasti kualitas audio menjadi salah satu daya jual andalan realme Buds Air 2. Menurut GadgetSquad audio, realme Buds Air 2 menjadi bukti nyata, jika pabrikan asal Cina ini, memang tidak main-main dalam mengembangkan TWS. Masa sih?

Tidak ada yang pas rasanya, ketika mengembangkan perangkat audio sebuah vendor berkolaborasi langsung dengan musisi. Hal inilah yang dilakukan realme. Demi mendapat kualitas audio mumpuni, dalam mengembangkan Buds Air 2, realme rela menggandeng The Chainsmokers yang dikenal sebagai musisi EDM level internasional.

Untuk meningkatkan kualitas suara dan pengalaman, realme bersama The Chainsmokers mengembangkan sebuah diafragma karbon seperti berlian, yang biasanya hanya ditemukan di earbuds atau headphone kelas flagship dengan rentang harga 2 juta hingga 20 juta rupiah.

Tak hanya itu, realme bekerjasama dengan The Chainsmokers juga meluncurkan Bass Boost+, solusi peningkatan bass yang terbaru. Fitur ini dapat sepenuhnya memanfaatkan kekuatan foil dinamis dan diafragma DLC yang besar, memberikan pengalaman kekuatan bass seperti mendengarkan musik secara langsung (live).

Hal lain yang perlu di catat, realme Buds Air 2 mendukung audio AAC berkualitas tinggi, yang merupakan algoritme pengkodean rasio kompresi tinggi untuk ketepatan musik dan pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

Hasilnya? Mantab cuy, GadgetSquad dapat merasakan audio kualitas tinggi dengan detail suara yang pas di gendang telinga. Tak berlebihan rasanya jika realme Buds Air 2, memilih slogan “Noise Off, realme On” dalam menggambarkan kualitas audio yang diusung.

Konektivitas
realme buds Air 2 sudah mendukung Bluetooth 5.2 yang bisa memberikan koneksi stabil, walau mengalami interfensi multi-device. Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, pengguna dapat tetap mendengarkan musik walau sedang berjauhan dengan smartphone yang terkoneksi.

Dua earphone dapat mentransmisikan suara secara bersamaan, secara efektif mengurangi latensi dan lag. Proses sinkronisasinya juga sangat mudah, pasalnya TWS ini memiliki sederet menu pintar. Seperti kemampuan terkoneksi secara otomatis ke smartphone pengguna ketika case dibuka.

Google Fast Pair juga membantu pengguna untuk mengatur koneksi saat pemasangan pertama kali. Terdapat juga “Smart wear detection” akan mendeteksi kondisi penggunaan earbuds secara real time. Fitur ini dapat mengetahui saat earbuds berada di dalam telinga dan akan memberhentikan musik secara otomatis saat dilepas.

Untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik, ketika pengguna melepas satu earbud, maka earbud yang lain akan berganti ke mode Transparan secara otomatis. Selama pengujian, realme Buds Air 2 juga mendukung “Intelligent Touch Controls”.

Dimana dengan double tap: Play/pause, menjawab/menutup telepon, triple tap: Next track, tahan 2 detik pada satu earbud: mengalihkan telepon dan tahan 2 detik pada kedua earbuds: beralih antara ANC dan mode transparan.

Untuk hasil yang lebih maksimal, pastikan kamu terlebih dulu menggunduh realme Link App versi baru. Melalui realme Link App kamu bisa lebih mengeksplorasi lagi, komposisi audio sesuai dengan selera.

Terdapat dua mode di realme Link App  Dynamic dan Bright. Dynamic menyeimbangkan bass, treble, dan mid-sounds, sedangkan Bright meningkatkan suara manusia. Mode Bright cocok digunakan untuk mendengarkan podcast dan audiobook.

Baterai
Baterai di realme Buds Air 2, memiliki peningkatan signifikan dibandingkan generasi pertama. Dukungan chip realme R2 membuat TWS ini, mampu menggendong baterai besar dengan komsumsi daya lebih irit. realme Buds Air 2 diklaim, dapat digunakan hingga total 25 jam penggunaan.

Dimana dengan satu kali pengisian daya, TWS ini dapat digunakan hingga 5 jam, atau dua jam lebih lama daripada sebelumnya. Kapasitas baterai pada earbuds dan pod pengisiannya, jika digabungkan telah meningkat dari 17 jam menjadi 25 jam.

Ini artinya, pengguna dapat mendengarkan musik seharian. Dalam prosesnya dengan penggunaan normal, realme Buds Air 2 memang benar bisa aktif seharian. realme Buds Air 2 juga sudah mendukung pengisian daya cepat. Dalam 10 menit pengisian, realme Buds Air 2 dapat digunakan selama 120 menit.

Kesimpulan
Selama menguji Buds Air 2, GadgetSquad dapat merasakan bagaimana totalitas realme dalam mengembangkan sebuah perangkat, termasuk TWS. Bahkan demi hasil yang terbaik, selain memberi teknologi berkelas, realme pun tak ragu berkolaborasi dengan pihak yang berkompeten di bidangnya, dalam hal ini musisi sekelas The Chainsmokers.

Dan seperti pepatah “usaha tidak mengkhianati hasil” kerja keras realme dalam mengembangkan Buds Air 2, tidak sia-sia. Kualitas realme Buds Air 2 memang jempolan. Menariknya lagi, realme buds Air 2 diposisikan sebagai, TWS dengan Active Noise Cancellation yang Paling Direkomendasikan dengan Harga Di Bawah 600K.

Yup, itu artinya semua kunggulan TWS kelas flagship yang dimiliki realme buds Air 2, bisa kamu dapat dengan harga yang bersahabat.

Kuy, kapan lagi bisa mendapatkan TWS mumpuni hasil kolaborasi The Chainsmokers, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Semua hanya bisa kamu dapatkan di realme Buds Air 2!!!
realme Buds Air 2 bisa didapatkan di JD http://bit.ly/realme-buds-air-2-jd dan situs resmi realme http://bit.ly/realme-buds-air-2.