Review realme C2: Raja Baru Smartphone Kelas Entry Level

0

GadgetSquad.id – Meneruskan kesuksesan dari produk pendahulunya, realme C1 pada tahun lalu, realme kembali membuat gebrakan besar. Sebagai generasi penerus dari Rajanya Smartphone Entry-Level, realme C2 kini mengambil segmen sebagai Jagoan Para Pemula. Sebagai smartphone yang ditargetkan sebagai pengguna pemula sudah tentu hp ini dibanderol dengan harga yang sangat murah. Tapi bagaimana kemampuan dan kualitasnya? Berikut adalah review lengkapnya.

realme c2

Desain Diamond Cutting

Agak berbeda dengan pendahulunya yang dibalut dengan lapisan glossy tanpa pattern pada bagian belakang, kini realme terinspirasi oleh Young Zen style dengan menggunakan sudut layar membulat serta desain potongan berlian yang ikonik dari realme memberikan penampilan yang elegan.

Pola ini dilapisi pula dengan lapisan matte yang agak mengkilap, keuntungannya adalah tidak licin ditangan dan tidak mudah meninggalkan sidik jari saat memegangnya. Smartphone ini akan tersedia dalam dua warna pilihan, yakni Diamond Black dan Diamond Blue.

Menggunakan potongan laser, setiap potongan berliannya memberikan efek yang berbeda saat dilihat dari sudut tertentu. Apalagi bodi belakangnya ini sudah melalui pengecatan 3 lapis dan diberikan partikel mutiara yang berkilau yang memberikan perubahan efek dari alam, seperti langit, malam berbintang atau air yang mengalir.

Pada bagian belakang kamu akan menemukan dua kamera dengan lampu LED flash dan logo realme pada bagian bawah yang ditempatkan secara vertikal. Pada Posisi sebelah kiri ada tombol volume dan slot SIM tray.

SIM tray ini tersedia 3 slot yang terdiri dai 2 slot sim card dan 1 slot memory card. Kemudian disisi kanan tersedia tombol power, lalu disisi bawah ada lubang speaker dan MicroUSB dan lubang jack 3.5 mm.

Baca juga: realme 3 Pro Terbaru Segera Mendarat di Indonesia, Bawa Iqbaal Ramadhan dan  Syifa Hadju

Layar Berponi Dewdrop

realme C2 memiliki layar yang sangat luas, yakni berukuran 6.1-inci dengan poni kecil diatasnya (dewdrop notch). Layar ini memiliki rasio layar ke bodi mencapai 89.35%. Dengan tampilan layar imersif yang nyaris tanpa bezel, memberikan tampilan yang lebih lebar sehingga nyaman digunakan untuk main game dan menikmati konten multimedia, seperti menonton video.

Meski dibanderol dengan harga murah, realme masih melapisi layarnya dengan lapisan Corning Gorilla Glass. Hal ini guna memproteksi layar dari goresan-goresan halus. Layar dilengkapi dengan material APCF untuk meningkatkan kecerahan layar walaupun dibawah sinar matahari.

Selain itu berkat lapisan anti-reflective coating, layarnya mampu meningkatkan kecerahan layar hingga 35% dan sudut pandang layar juga menjadi lebih luas.

realme c2 (1)

Kapasitas Baterai Besar

Meski memiliki bodi yang terbilang tipis, di dalam hp sudah dibenamkan kapasitas baterai 4.000 mAH. Dengan kapasitas yang dimilikinnya ini, baterai realme C2 sanggup bertahan seharian tanpa perlu di-charge. Dengan baterai berkapasitas ultra-besar ini realme juga yang telah dibenamkan teknologi penghematan daya.

Baca juga: Samsung Galaxy A20 vs realme 3: Adu Hp Terbaru Harga Murah

realme c2 (4)

Performa Mantap

Dibekali dengan prosesor octa-core chipset MediaTek MTK6762R processor, hp ini memiliki kecepatan CPU maksimal hingga 2.0GHz, konsumsi daya yang rendah dan masa pakai baterai yang lama. Dengan konfigurasi prosesor Cortex A53 mampu menciptakan performa yang smooth di segala sekenario dengan konsumsi daya yang efisien

Prosesor tersebut didukung pula dengan memori RAM 2GB dengan memori internal 16 GB. jika memori internalnya kurang, pengguna bisa menambahkan memori untuk menyimpan data melalui slot memorri eksternal MicroSD yang dapat dimasukan hingga 256GB.

Sejatinya realme C2 sendiri memiliki 2 pilihan kapasitas penyimpanan, yakni RAM 2GB+16GB dan 3GB+32GB sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang menjamin penggunaan dan pengoperasian yang lancar tanpa nge-lag.

Baca juga: Rilis di India, Harga realme 3 Pro Hanya 2 jutaan!!

realme c2 (2)

Dual Camera

Dibekali dua kamera belakang dan teknologi AI, realme C2 menggunakan resolusi 13MP dan 2MP Dual Camera dengan lensa 5P. Dengan kamera ini maka pengguna akan lebih mudah mendapatkan hasil foto bokeh dengan efek blur yang natural seperti kamera profesional. Didalamnya pengguna bisa menggunakan beberapa fitur, seperti, Mode Portrait, HDR an AI Beauty Selfies.

Kamera ini tidak hanya mampu menghasilkan foto yang baik, akan tetapi juga mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi yang baik pula, yakni dengan resolusi 1080P. Untuk perekaman video penggunanya juga bisa meghasilkan video Slo-mo pada kecepatan 80fps resolusi 480p.

Kamera pada realme juga memiliki kelebihan pada fitur Chroma Boost Mode. Dengan fitur ini kamera realme C2 yang dibekali fitur teknologi AI mampu mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, dan memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Baca juga: realme 3 Jadi Hp Paling Laku di Lazada, Bagaimana di Tokopedia dan Shopee?

realme c2 (3)

Lalu bagaimana dengan kamera selfienya, penggunanya tidak perlu khawatir, karena realme sudah siapkan kamera depan 5 megapiksel . Dengan kamera yang dimilikinya ini realme C2 mampu menghasilkan foto selfie berkualitas baik.

Kamera bisa menterjemahkan wajah dan mengenali wajah jenis kelamin, usia dan warna kulit secara akurat untuk menemukan efek kecantikan yang paling sesuai sebagai dasar untuk penyesuaian lebih lanjut.

Spesifikasi realme C2 :

Realme C2 Parameter
Dimensi
Panjang 154.3mm
Lebar 73.7mm
Ketebalan 8.5mm
Berat 166 gram
Basic Parameters
Warna Diamond blue, Diamond black
Sistem Operasi ColorOS 6.0, based on Android 9.0
Chipset MediaTek MTK6762R
CPU Octa-Core 2.0Ghz
RAM 2GB,3GB
Penyimpanan 16GB, 32GB (Support microSD card up to 256 GB)
Baterai 4.000mAh