Review realme Narzo 30A : Hape Gaming 1 Jutaan Paling “Mematikan”

GadgetSquad.ID – Sejatinya setiap vendor bebas mengklaim hape gaming buatannya, menjadi produk yang mematikan. Bahkan ada lo vendor yang memberi embel-embel “killer” disetiap hape buatannya. Padahal tanpa slogan bombastis, banyak kok pabrikan yang bisa sukses di Indonesia.

Tenggok saja realme, tanpa harus membawa slogan “killer”, kualitas hape racikan pabrikan asal Cina ini tetap “mematikan”. Nah, melanjutkan invasinya di Indonesia, realme memboyong jagoan barunya dari planet Narzo.

Yup, produk yang dimaksud adalah realme Narzo 30A. Mengusung slogan “Power Up The Game”, Narzo 30A menjadi hape pertama realme yang rilis di Indonesia pada tahun 2021 ini. Seberapa “mematikan” performa realme Narzo 30A dalam bersaing dengan kompetitornya? Berikut ulasanya!!

Desain
DNA realme yang belakangan ini, rajin merilis hape dengan tampilan desain bodi belakang nan berkarakter, menurut GadgetSquad kembali hadir di seri Narzo 30A. Bodi belakang Narzo 30, menggoda dengan “Diagonal Stripe Design”.

Sentuhan garis-garis diagonal dibodi belakang, mampu menciptakan ruang visual yang seolah bergelombang dan apik, alhasil membuat realme Narzo 30A mudah dikenali. Imbasnya setiap pengguna Narzo 30 bakal akan mudah mencuri perhatian, lantaran beraktivitas dengan hape keren nan berkarakter.

Ketika digenggam, rancang bangun dari realme Narzo 30A terbilang pas, tidak terlalu besar. Asiknya material bodi belakang yang kesat, membuat Narzo 30A tak mudah tergelincir dari genggaman saat beraktivitas. realme Narzo 30A sendiri, hadir dalam pilihan Laser Blue dan Laser Black.

Selama mengeksplor desain, menurut GadgetSquad sedikit kendala hanya dari segi bobot realme Narzo yang mencapai 207 gram. Hanya saja masalah bobot, kembali keselera masing-masing. Terlepas soal bobot, bisa dikatakan tampilan desain Narzo 30A sudah terbilang paripurna, layak menjadi senjata perdana realme di tahun 2021 ini.

Layar
Masih soal eksterior, kali ini giliran layar yang coba GadgetSquad ulik. Dari segi ukuran, layar dengan garis tengah 6,5 inci sudah lebih dari cukup untuk memanjakan konsumen. Display Narzo 30A sendiri, mengadopsi konsep Mini-drop Fullscreen dengan rasio bodi-ke-layar 88.7%.

Dengan konsep dan rasio yang diusung, tak ayal layar realme Narzo 30, nampak semakin lega. Ketika di eksplor lebih lanjut, layar Narzo 30A memiliki tingkat resposivitas yang terbilang tinggi. Tampilan di layar juga terbilang tajam dan natural, lantaran resolusinya sudah Full HD+.

Untuk masalah keamanan, layar Narzo 30A sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 3. Asiknya lagi, tampilan antar muka Narzo 30A yang mengadopsi realme UI berbasis Android, membuat hape ini semakin mudah untuk dieksplorasi. Perlu dicatat, pembaruan realme UI 2.0 yang lebih halus dan minimalis akan segera hadir.

Pengalaman GadgetSquad saat mengeskplor sisi eksterior mulai dari desain hingga layar terbilang memuaskan. Apakah situasi serupa akan kembali GadgetSquad rasakan? Kuy kita lanjutkan eksplorasinya.

Kamera
Tipis-tipis cuy, sekarang GadgetSquad coba ulik sektor kamera Narzo 30A. Fitur yang satu ini tidak boleh main-main dikembangkan, pasalnya konsumen di belahan dunia manapun termasuk di Indonesia, baik tua apalagi anak muda senang beraksi di depan maupun di belakang lensa kamera.

Berbicara menu imaging, realme narzo 30A dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13MP dengan lensa aperture besar f/2.2. Kameranya sendiri sudah memiliki teknologi AI, hal ini tentu semakin memudahkan kamu dalam menghasil foto berkualitas, sesuai dengan tren masa kini.

Demi memudahkan gairah muda, yang biasanya senang bereksperimen demi menghasilkan foto artistik. realme Narzo 30A sudah dilengkapi tiga filter cermat yakni Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

moda malam

Untuk memaksimalkan ketiga filter tersebut begitu mudah, tinggal akses kamera, pilih filter sesuai kebutuhan, atur komposisi lalu jepret. Viola, ketiga filter dengan karakter nan unik itu, bisa langsung meningkatkan hasil bidikan kamu ke level berikutnya.

chroma boost aktif
normal

Di bagian depan, terdapat kamera selfie berdefinisi tinggi 8MP dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya untuk membuat hasil jepretan benar-benar menonjol. realme narzo 30A juga menyertakan Chroma Boost, yang menghasilkan foto yang lebih berwarna, hidup dan menarik.

bokeh

Tidak ketinggalan, di realme Narzo 30A juga tersedia filter malam. Hape ini juga terbilang mumpuni ketika digeber membuat konten video. Baik kamera depan maupun belakang realme Narzo 30A kamu bisa membuat video konten dengan kualitas 1080P/30fps. Terdapat juga fasilitas slow motion video recording 720P/120fps.

Jago Gaming
Keluarga realme Narzo, selama ini dikenal “gacor” ketika menjadi tandem mengisi keseharian bermain gim mobile favorit. Apakah ketangguhan tersebut kembali bisa kamu rasakan di seri Narzo 30A? Hadir dengan slogan “Power Up The Game”, realme Narzo 30A dipastikan siap memanjakan kamu saat bermain gim.

Untuk memanjakan kamu ketika menuntaskan misi, realme Narzo 30A sudah dipersenjatai dapur pacu yang bertenaga di kelasnya. Adapun dapur pacu Narzo 30A, dikomando prosesor Helio G85 racikan MendiaTek. Helio G85 sendiri dikembangkan, untuk hape yang dirancang memiliki kualitas gaming di atas rata-rata, seperti halnya Narzo 30A.

Prosesor ini memiliki fitur octa-core dengan clock hingga 2.0GHz dan dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang kuat untuk menghadirkan pengalaman bermain yang luar biasa. Sebagai prosesor untuk gaming, Helio G85 meraih skor 200.000+ di AnTuTu Benchmark, memberikan daya yang cukup untuk pengalaman gaming yang mulus.

Agar aktivitas gaming semakin mulus, dapur pacu realme Narzo juga sudah ditanamkan memori RAM 4GB, plus slot eksternal microSD. Bagaimana dengan hasilnya? Jika boleh meminjam istilah zaman now, performa Narzo 30A saat digeber main gim secara maraton “No Play Play” cuy!!

Daya Tahan
Masih terkait dengan slogan “Power Up The Game”. Slogan tersebut mengambarkan jika realme Narzo 30A, juga memiliki keunggulan dari segi daya tahan. Yup, demi menambah rasa nyaman kamu nge-game, pihak realme dengan cerdik mempersenjatai Narzo 30A dengan kapasitas baterai jumbo.

Dari data yang didapat, realme Narzo 30A dibenamkan baterai berkapasitas jumbo, yakni mencapai 6000 mAh. Menurut pengujian realme Lab, realme narzo 30A dapat bertahan selama 46 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

Menariknya lagi baterai tersebut sudah dibekali berbagai fitur tambahan, yang membuat daya tahan realme bisa aktif lebih lama lagi. Salah satunya mode “Super Power Saving Mode”. Dalam mode ini, kamu dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif, sehingga bisa untuk memperpanjang usia baterai lebih lama.

Pada saat yang sama, Super Power Saving Mode juka akan membuat, Narzo 30a menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif. Selama pengujian, harus GadgetSquad akui, baterai realme Narzo benar-benar awet. Digeber main gim online PUGM selama satu jam penuh, baterai realme Narzo 30A hanya berkurang sekitar 5 persen.

Mantabnya lagi, kamu tak perlu menunggu waktu terlalu lama saat mengisi baterai realme Narzo 30A, pasalnya teknologi baterai di hape ini sudah mendukung pengisian cepat 18 watt. Satu lagi yang perlu di catat, dalam keadaan darurat hape ini juga bisa beralih fungsi menjadi power bank.

Kesimpulan
Di lego pada kisaran 1 jutaan, realme Narzo 30A bisa dikatakan menjadi jawaban bagi kamu yang ingin mencari hape gaming murah meriah, tetapi kualitas tidak murahan. Amunisi yang diusung hape gaming Narzo 30A mulai dari layar berkualitas, dapur pacu dengan prosesor khusus gaming Helio G85, hingga baterai jumbo berkapasitas 6000 mAh, mampu memberika rasa nyaman saat bermain gim dalam waktu lama.

Tak hanya itu, sisi eksterior juga menjadi nilai plus dari hape gaming murah meriah ala realme ini. Tampilan desain realme Narzo 30A yang unik dan berkarakter, bisa menambah rasa percaya diri setiap penggunanya, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Merujuk dari hasil eksplorasi, rasanya pantas jika realme Narzo 30A didapuk sebagai “Best Value Gaming Smartphone in Rp 1 million.”