Samsung Galaxy Fit, Kecil Tapi Kaya Fitur

GadgetSquad.id – Samsung merupakan perusahaan teknologi besar asal Korea Selatan yang dikenal dengan banyak inovasi baru terhadap perangkat elektronik. Namun, Samsung tak hanya fokus mengembangkan perangkat smartphone saja. Saat ini, Samsung berinovasi mengembangkan perangkat dalam bentuk smartwatch maupun smartband. Salah satu produk smartband yang diluncurkan oleh samsung adalah Galaxy Fit. Walaupun serupa dengan jam tangan pada umumnya yang berfungsi untuk mengetahui waktu, Galaxy Fit ini merupakan smartband yang memiliki segudang keunggulan.

Smartband Galaxy Fit tampil dengan bodi yang ramping dan bobot yang ringan. Dilengkapi dengan beberapa sensor yang mampu mengukur kalori yang terbakar saat berolahraga, banyak langkah saat berjalan, kondisi detak jantung maupun aktivitas olahraga lainnya saat ini sudah banyak ditemui. Bahkan juga bisa mendeteksi tingkat stres seseorang.

Smartband Galaxy Fit ini tentunya harus terhubung dengan smartphone agar dapat diakses secara luas dan harus mengunduh aplikasi khusus yang telah disediakan oleh Samsung. Fitur apa lagi yang menarik dari smartband Samsung Galaxy Fit? Berikut beberapa keunggulannya.

Baca Juga: Penasaran Berkurang, Spesifikasi Lengkap Kamera Samsung Galaxy A52 Terungkap!!

Desain

Smartband Samsung Galaxy Fit memiliki bentuk yang unik. Desain layar sengaja dibuat sedikit melengkung guna menyesuaikan anatomi pergelangan tangan sehingga nyaman saat digunakan. Mengusung tali berbahan karet untuk menyangga pergelangan tangan serta dengan layar AMOLED yang membuat layar terlihat cerah dan penuh warna. Lebar layar smartband ini sekitar 0,95 inci dengan resolusi 120×240 dan memiliki dimensi 18,3 x 45,1 x 11,2 mm.

Didukung Dengan Fitur Keren Dari Smartband Samsung Galaxy Fit

Smartband Samsung Galaxy Fit punya aplikasi penunjang kesehatan yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah Stopwatch, Timer, Heart Rate, Steps, Exercise, dan Sleep Time. Fitur Heart Rate Monitor ini akan mendeteksi detak jantungmu melalui sebuah sensor yang terletak di bagian bawah.

Fitur tambahan lain yaitu notifikasi pesan, stress tracking dan pengukur kualitas minum air. Notifikasi pesan ini berfungsi memberikan notifikasi pesan dan telepon baru, bahkan mampu mengirim pesan teks. Stress Tracking merupakan fitur yang membantu menilai seberapa tinggi tingkat stres. Sensor detak jantung dan juga memberikan solusi latihan pernapasan untuk membantumu lebih rileks. Pengaturannya bisa dilakukan melalui aplikasi Samsung Health.

Fitur lainnya yang dimiliki adalah pengukur kualitas minum air hingga kafein. Fitur ini biasanya hanya berupa peringatan agar kamu minum air secara teratur. Smartband ini sudah dibekali dengan fitur NFC. Namun, fitur NFC ini bukan untuk melakukan pembayaran digital. NFC ini hanya berfungsi untuk mengisi daya ketika baterainya sudah lemah. Tidak hanya itu, perangkat ini memiliki fitur tahan air yang terbukti ampuh mencegah masuknya air ke dalam perangkat ini.

Smartband Samsung Galaxy Fit Menggunakan Sistem Operasi FreeRTOS

Smartband ini hadir dengan prosesor MCU Cortex M33F 96MHz dan sistem operasi FreeRTOS. Smartband Samsung Galaxy Fit juga memiliki media penyimpanan dengan kapsitas RAM 2 GB dan memori internal sebesar 32 MB. Walaupun perangkat yang menggunakan Android Wear sudah begitu banyak dan mendapatkan dukungan penuh dari Google, Samsung tetap memutuskan untuk menggunakan sistem operasi sendiri yakni FreeRTOS.

Kualitas Baterai dan Konektor Bluetooth

Bicara soal baterai, smartband Samsung Galaxy Fit dibekali dengan baterai 120 mAh. Ketahanan baterainya termasuk irit. Smartband ini juga mampu bertahan selama satu minggu penuh, dengan kondisi terus kamu pakai bahkan saat tidur. Satu hal yang menarik dari Samsung Galaxy Fit adalah smartband ini mampu menampilkan pesan secara penuh. Berbeda dengan smartband lainnya, Samsung Galaxy Fit memiliki keunikan tersendiri dalam mengisi daya yakni menggunakan fitur NFC. Cara mengisi daya smartband ini adalah dengan menempelkan gear ke charger dock, maka Samsung Galaxy Fit akan terisi. Untuk terhubung dengan smartphone, Samsung Galaxy Fit mengandalkan koneksi dari Bluetooth v5.0.

Agar bisa berjalan pada perangkat Android lainnya, Samsung sudah menyiapkan sebuah aplikasi bernama Galaxy Wearable yang bisa didownload melalui Google Play Store ataupun Apple App Store.

Melalui aplikasi Galaxy Wearable, pengguna dapat melakukan pairing dengan mudah. Pengguna juga bisa melakukan berbagai kostumisasi untuk perangkat Galaxy Fit, seperti mengganti tema, mengganti layout dari tampilan aplikasi, dan memilih aplikasi apa saja ingin disikronkan dengan smartphone.

Bagaimana, tertarik membelinya?