Review realme Smart TV : Cocok Jadi Smart TV Pertama Kamu!!!

GadgetSquad.ID – “Jago memberi kejutan”, kalimat tersebut layak disematkan kepada realme. Yup, pandemi Covid-19 nampaknya membuat realme semakin agresif, memberikan kejutan kepada konsumen di Tanah Air. Masih segar dalam ingatan bagaimana realme memberi kejutan, setelah secara tidak terduga merilis realme C12 beberapa waktu lalu.

Kini realme kembali memberi kejutan, tapi kali ini bukan smartphone yang diboyong ke Indonesia. Seakan terilhami situasi pandemi yang membuat banyak pihak harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, realme kali ini membawa perangkat AIoT dari kategori terbaru, AIoT untuk Home yaitu realme Smart TV.

realme Smart TV sendiri merupakan tahap baru dari strategi AIoT realme 1+4+N, sebagai bagian dari 4 sub-kategori (Smart TV, Smart Earphone, Smart Watch and Smart Speaker). realme Smart TV digadang akan menghadirkan pengalaman hiburan menyenangkan, walau kamu harus banyak beraktivitas di rumah di tengah pandemi Covid-19.

Sedahsyat apa hiburan yang bakal tersaji dari layar realme Smart TV? Tanpa banyak basa-basi, simak ulasannya berikut ini!!

Desain
Seperti ungkapan “pandangan pertama selalu menggoda”, GadgetSquad cukup terpana dengan tampilan realme Smart TV. Sepintas tampilannya memang tak ubahnya perangkat TV pada umumnya, namun saat dieksplor lebih detail realme mampu merakit TV pintarnya dengan desain yang elegan.

Desain elegan tersebut sudah bisa terlihat dari sektor bezel. realme Smart TV membawa desain premium bezel-less setipis 8,7mm. Lapisan panel yang menutupi realme Smart TV dari ujung ke ujung, berpadu bezel super tipis bisa menghadirkan pengalaman imersif saat menonton TV.

Tak hanya itu, tampilan elegan realme Smart TV seakan memberikan aura tersendiri, yang membuat suasana rumah semakin nampak glamour, ketika TV pintar ini di letakan di ruang tamu.

Layar
Perlu dicatat realme Smart TV, mencoba bersaing dengan mengusung slogan “Real Picture. Real Sound.” Tidak hanya sekedar slogan, pabrikan smartphone Favoritnya Anak Muda mewujudkan dengan menghadirkan teknologi layar berkelas di realme Smart TV.

realme Smart TV mendarat ke Indonesia dengan 2 ukuran yang populer, yaitu 32 inci (80cm) dan 43 inci (108cm).

Besaran resolusinya 1366*768 untuk ukuran 32 inci dan 1920*1080 untuk ukuran 43 inci. Layarnya menggunakan panel LED dan sudah dipersenjatai teknologi Chroma Boost Picture Engine.

Di dalam teknologi kamera realme smartphone, Chroma Boost membantu pengguna memotret gambar yang baik hanya dengan satu klik. Hal ini pun GadgetSquad rasakan ketika mengaktifkan Chroma Boost Picture Engine di realme Smart TV.

Saat Chroma Boost Picture Engine aktif, realme Smart TV mampu menghadirkan kecerahan ultra tinggi 400+, teknologi tersebut membuat mata crew GadgetSquad tetap nyaman saat menonton di siang hari, yang notabene cahaya matahari melimpah.

Tak cukup sampai disitu, tampilan gambar juga nampak lebih cerah berkat dukungan 16,7 juta warna. Layar realme Smart TV memiliki sudut visual hingga 178°, alhasil konten masih dapat terlihat jelas.

realme Smart TV sendiri memiliki 7 mode tampilan: Standard, Vivid, Sport, Movie, Game, Energy Saving, User. Kamu dapat memilih mode berbeda ketika menonton konten multimedia untuk menikmati pengalaman menonton terbaik.
Audio

Secara visual, GadgetSquad sudah terpuaskan dengan tampilan dan kinerja dari layar realme Smart TV. Bagaimana dengan audionya yang nota bene juga menjadi komponen penting, dalam menikmati hiburan yang tersaji pada sebuah TV.

Dari segi teknologi audio, dua pasang speaker diletakkan di bawah realme Smart TV. Setiap pasangnya terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter. Ukuran tiap pasang speaker mencapai 183.3*46.8*45.2mm untuk TV 43” (108cm) dan 120*47*42.5mm untuk 32” (80cm).

Tepi Full-range speaker-nya menggunakan karet dan kertas komposit bentuk kerucut, desain struktur speaker yang digerakkan cincin dinamis dapat sepenuhnya memperluas frekuensi bass, menonjolkan suara secara alami.

Tweeter-nya menggunakan lapisan sutera dan struktur desain piezoelectric drive, dapat sepenuhnya memperluas dari frekuensi tinggi. Berkat tweeter dan speaker full-range canggih, realme Smart TV dapat secara presisi menghasilkan suara dari 148Hz hingga 20,000 Hz.

Tidak hanya itu, berdasarkan klaim dari pihak realme, total daya dari ke-empat speakers mencapai 24W. Jika semua speaker tersebut bekerja dengan baik, sudah pasti audio realme Smart TV jauh lebih bertenaga dibanding para kompetitor di level yang sama.

Saat diuji, GadgetSquad sangat menikmati audio yang disemburkan dari corong speaker realme Smart TV. Serunya, audio di realme Smart TV juga memberi kejutan lain, lantaran sudah dilengkapi solusi Dolby Audio MS12B. Adanya teknologi tersebut, membuat TV pintar ini mampu menghasilkan suara yang lebih menarik dan hidup.

Selama pengujian, bisa dikatakan slogan Real Picture. Real Sound. yang disematkan realme kepada TV pintar terbarunya ini, bukan sekedar embel-embel belaka.

Platfrom dan Dapur Pacu
Seperti smart TV kebanyakan, realme Smart TV berkerja dengan platfrom Android. Di TV pintar ala realme ini kamu akan mendapatkan sebuah TV cerdas dengan platform Android 9.0. Layaknya perangkat berbasis Android, untuk memudahkan penggunaannya realme Smart TV pun terintegrasi Google Assistant.

Kamu dapat menggunakan Google Assistant untuk mengendalikan Android TV menggunakan suara, menyesuaikan pengalaman sesuai selera dan mengakses berbagai konten Google Play Store & YouTube.

Layaknya sebuah TV pintar yang salah satu misinya untuk memberi hiburan, realme Smart TV juga memungkinkan kamu memutar konten dari platform streaming populer seperti Netflix dan YouTube. Selain itu, video, musik, film dan program dari platform pihak ketiga lainnya dapat diunduh di Play Store.

Serunya lagi, realme Smart TV juga sudah terintegrasi dengan Chromecast, sehingga dapat menyinkronkan video, film dan acara TV dan konten lainnya di smartphone untuk kemudian menonton di realme Smart TV.

Berbicara dapur pacu, realme Smart TV dilengkapi dengan prosesor kuat dari MediaTek dengan arsitektur 4-inti 64-bit dari MediaTek, ARM Cortex A53 1.1GHz CPU, dan Mali-470 MP3 GPU baru.

realme Smart TV juga mendukung HDR10 video decoding, yang jarang ditemukan di kisaran harganya serta sudah mendukung HLG format lain untuk kualitas gambar berkualitas tinggi.

realme Smart TV memiliki memori ROM 8GB, RAM 1G dengan clock speed sebesar 2133MHz, lebih cepat dari normal yaitu 1600MHz RAM yang digunakan oleh TV lain.

Dengan dukungan prosesor dan RAM yang mumpuni, tidak heran selama pengujian realme Smart TV dapat menjalankan program acara keseharian dengan stabil, mulus dan cepat, serta menghadirkan jaminan kualitas gambar yang baik.

Remote dan Konektivitas
Saat mengeksplor realme Smart TV, termasuk menikmati hiburan tanpa batas mulai dari streaming musik, video, hingga film di platform online seperti Netflix, GadgetSquad kembali dibuat nyaman lantaran perangkat ini sudah dibekali remote control yang prima.

Remote control dari realme Smart TV mengadopsi desain ergonomis, melalui pengukuran yang presisi dan pegangannya dirancang khusus untuk lekukan telapak tangan.

Secara keseluruhan remote control realme Smart TV menggunakan bahan polimer komposit untuk mengurangi berat dan menghaluskan permukaan sehingga sentuhan tetap natural.

Remote control ini juga dilengkapi dengan tiga tombol YouTube, Netflix, Prime Video sehingga dapat langsung mengaksesnya dengan mudah. Kamu juga dapat mengaktifkan Google Assistant dengan hot key.

Selain hot key, untuk memanggil Google Assistant kamu juga dapat menekan tombol cepat (quick button) karena remote control ini sudah dilengkapi dengan mikrofon. Terkait konektivitas, realme Smart TV mendukung seperti 2.4GHz WiFi dan infrared, Bluetooth 5.0 multiple koneksi nirkabel.

Kamu dapat menghubungkan sebuah perangkat Bluetooth device, seperti Bluetooth speaker untuk mendengar lagu, konsol Bluetooth untuk bermain game dan mikrofon Bluetooth untuk bernyanyi.

Sedangkan untuk konektivitas melalui kabel, realme Smart TV hadir dengan 3 lubang HDMI, 2 lubang USB, SPDIF (poros tembaga serat optik, antarmuka transmisi audio) dan DVB-T2 (Digital TV interface), Ethernet (network port).

Standar Kualitas dan Garansi
realme Smart TV telah melewati tes kualitas yang ketat, termasuk tes di temperatur rendah -20 ℃, tes jatuh dari ketinggian 760mm, tes tekan tombol sebanyak 5000 kali, tes nyala-mati sebanyak 5500 kali dan lainnya.

realme Smart TV juga lolos standar test internasional ISTA. PCB di realme Smart TV mengintegrasikan modul daya, Bluetooth, Wi-Fi, prosesor dan komponen lainnya. Desain yang terintegrasi dan mungil membuat penyusunan kabel lebih sederhana dan mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan keandalan.

Kesimpulan
Selama mengeksplor realme Smart TV, GadgetSquad merasakan vendor yang satu ini memang tidak main-main dalam memproduksi sebuah perangkat. Keberhasilan realme memproduksi smartphone berkualitas, menurut GadgedSquad berlanjut di perangkat AIoT besutan vendor Tiongkok ini.

realme Smart TV jadi bukti paling anyar, bagaimana GadgetSquad dibuat nyaman menikmati berbagai hiburan yang tersaji dari layar sebuah TV pintar. realme Smart TV dari kategori Home ini, mampu menghipnotis ruang tamu keluarga menjadi lebih menyenangkan dengan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan.

Dukungan menonton Netflix yang sudah dihadirkan juga semakin menambah daya tarik realme Smart TV, ditambah setiap pembelian realme Smart TV akan mendapatkan satu bulan gratis Vidio Premier Platinum Subscription hingga Desember 2020.

Merujuk eksplorasi yang GagdetSquad lakukan, realme Smart TV yang hadir dengan slogan Real Picture. Real Sound. ini layak jadi salah satu kandidat utama bagi kamu yang pertama kali, ingin memiliki Smart TV. Ditambah banderolan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah TV pintar sangat menggoda untuk dimiliki.
realme akan mulai menjual realme Smart TV pada gelaran Flash Sale di Lazada dan realme.com/id mulai tanggal 25 Agustus di tautan berikut http://bit.ly/realme-SmartTV. realme Smart TV juga akan tersedia di realme Store dan gerai Erafone mulai tanggal 26 Agustus 2020.